Open Jam 08.00 s/d 16.00. Sabtu - Minggu Libur
0857-7368-6069
0857-7368-6069
0857-7368-6069
D214B027
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Normalkah Bila Haid Keluar Darah Hitam

produk wish produk asli dan resmi dr boyke dian nugraha

Haid Keluar Darah Hitam – Darah haid yang keluar saat masa haid pada wanita, tentu memiliki warna yang berbeda-beda. Dengan anda mengetahui warna haid, maka anda juga bisa mewaspadai dan mengantisipasi bila terjadi hal yang tidak wajar nantinya. Namun ada pula dikatakan bahwa wanita hanya memiliki 1 pola warna darah haid dan tidak akan mengalami perubahan. Berikut kita simak apa maksud dari warna haid dan apa indikasinya bila warna haid gelap atau malah lebih terang. Apakah aman atau terdapat suatu penyakit yang ditandai oleh warna haid tersebut.

Mengenal Warna Haid Pada Wanita Coklat Merah Hitam Abu Abu

Mengenal Warna Haid Pada Wanita

Warna darah haid bermacam-macam mulai dari warna terang, kecoklatan dan bahkan sampai hitam. Berikut warna haid apa saja yang bisa terjadi :

  1. Merah terang, merupakan darah normal yang keluar dari dalam tubuh dan cenderung ringan dan teratur.
  2. Merah gelap, merupakan warna darah yang lebih lama disimpan di dalam rahim dan baru keluar, misalnya pada saat anda bangun tidur. Atau warna yang keluar setelah masa 2 hari haid.
  3. Kecoklatan, merupakan darah yang sudah cukup lama tersimpan di dalam rahim dan bisa terjadi pada masa haid akan berakhir dan aliran darah sudah tidak terlalu deras lagi. Wanita yang mengalami siklus haid tidak teratur juga bisa memiliki darah haid seperti ini.
  4. Orange, merupakan warna yang muncul karena adanya campuran darah dengan cairan serviks. Hal ini juga bisa mengindikasikan adanya infeksi.

Penyebab Haid Keluar Darah Hitam Pekat Dan Menggumpal

Kenapa Darah Haid Berwarna Hitam

Bila warna haid hitam atau abu-abu, ini juga bisa mengindikasikan adanya infeksi dan sebaiknya periksakan lebih lanjut ke dokter untuk penanganan yang lebih tepat. Untuk haid keluar darah hitam sebenarnya bisa dikatakan normal selama tidak ada masalah atau gangguan lainnya. Warna gelap saat haid bisa dikarenakan darah yang lebih tua yang dikeluarkan dari tubuh. selain warna darah, konsistensi lama haid juga perlu diperhatikan dan anda bisa melihat tanda tersebut apakah bermasalah atau tidak.

Baca Juga : Mengatasi Haid Yang Berlebihan

Banyak wanita yang mengalami haid dengan darah yang menggumpal dari waktu ke waktu. Gumpalan bisa berwarna terang atau gelap dan terjadi pada hari pendarahan yang deras. Aliran darah yang menggumpal ini bisa terlihat lebih padat dan tebal dari biasanya. Hal lainnya yang menyebabkan haid berwarna gelap atau haid keluar darah hitam adalah adanya perubahan hormone dalam tubuh. Tubuh anda tergantung oleh keseimbangan hormone progesterone dan esterogen. Hormone inilah yang akan mengatur produksi dan juga peluruhan dinding rahim.

Bila keseimbangan terganggu, maka bisa mempengaruhi baik siklus haid maupun darah yang dikeluarkan saat haid. Ketebalan dinding rahim saat luruh juga dapat mempengaruhi warna darah haid dan jumlah pendarahan yang terjadi. Perubahan hormone bisa dikarenakan beberapa hal seperti menopause, perubahan berat badan secara drastis, efek samping obat dan uterus yang membesar. Jika rahim mengalami pelebaran haid akan membutuhkan waktu untuk mengumpulkan dan menggumpal sehingga mengakibatkan warna darah haid keluar darah hitam.

Baca Juga : Penyebab Haid Keluar Gumpalan Darah

Jadi bila anda mengalami haid dengan warna darah yang keluar berwarna gelap atau hitam dengan tidak ada gangguan lainnya ini masih berada di masa normal selama masih memenuhi haid yang terjadi pada jangka waktu 21-35 hari dengan durasi 3-7 hari. Namun, bila disertai keluhan lain dan mengganggu sebaiknya anda untuk segera periksa ke dokter dengan keluhan haid keluar darah hitam dan disertai sakit.

Tag:

darah haid berwarna hitam dan menggumpal,haid keluar gumpalan darah hitam,ciri ciri wanita telat datangbulan,keluar darah bercampur gumpalan darah saat sedang haid,keluar darah hitam dan gumpalan darah saat hamil 2 bulan,keluar darah kaya head tapi warna darah hitam truus perut bengkak knpa?,Kenapa kalo haid ada gumpalan darah hitam,menstruasi yang keluar gumpalan darah warna gelap,pendarahan di vagina keluar darah menggumpal nyeri sekitar rahim gejala apa,penyebab celana dalam bercak hitam,penyebab haid menggumpal,kalo haid darah hitam,hamil mudah ada gumpalan darah keluar,darah haid berwarna merah maroon,darah haid hitam,darah haid menggumpal dan,darah haid yg menggumpal,darah lebih gelap di sekitar jerawat,darah menstruasi berwarna hitam dan kental,di celana dalam ada bercak coklat saat itu juga saya telat haid,haid darah hitam menggumpal apa sebabnya?,perut sakit dan keluar darah kehitaman dan menggumpal

Langganan Artikel Via Email Tips Dr Boyke

Daftarkan Email Anda Untuk Mendapatkan Tips Kesehatan Terbaru Setiap Hari Secara Gratis, Dari ProdukWish.com

Terima kasih sudah membaca artikel berjudul Normalkah Bila Haid Keluar Darah Hitam dan Anda bisa menemukan artikel Mengenai Normalkah Bila Haid Keluar Darah Hitam ini dengan url http://produkwish.com/blog/normalkah-bila-haid-keluar-darah-hitam. Jangan lupa share ke teman-teman ya.
Best Seller
Rp 170.000
Habis
Rp 220.000
habis
Best Seller
Rp 200.000
Habis
Rp 190.000
habis
Habis
Rp 215.000
habis
Limited
Rp 180.000