Open Jam 08.00 s/d 16.00. Sabtu - Minggu Libur
0857-7368-6069
0857-7368-6069
0857-7368-6069
D214B027
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Penyebab Haid Datang Sebelum Waktunya

produk wish produk asli dan resmi dr boyke dian nugraha

Masa subur seorang wanita umumnya 28 hari, dalam beberapa sumber menyebutkan periode menstruasi antara 21-30 hari, namun bukan berarti yang melebihi atau kurang dari tanggal tersebut tidak “subur”. Banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi haid sebelum waktunya. Haid datang lebih awal pada wanita bisa jadi wanita tersebut mengalami polimenorea. Polimenorea adalah suatu gangguan pada siklus menstruasi wanita, dimana siklus menstruasi kurang dari 21 hari. Polimenorea dapat terjadi akibat adanya gangguan pada keseimbangan hormonal atau penyakit polikistik ovarium.

Penyebab timbulnya menstruasi yang lebih sering ini tentunya akan menimbulkan kekhawatiran pada wanita yang mengalaminya. Polimenorea dapat terjadi akibat adanya ketidakseimbangan sistem hormonal pada aksis hipotalamus-hipofisis-ovarium. Ketidak seimbangan hormon tersebut dapat mengakibatkan gangguan pada proses ovulasi (pelepasan sel telur) atau memendeknya waktu yang dibutuhkan untuk berlangsungnya suatu siklus menstruasi normal sehingga didapatkan haid sebelum waktunya.

Penyebab Kenapa Haid Sebelum Waktunya Apakah Tanda Hamil

Pada umumnya, polimenorea bersifat sementara dan dapat sembuh dengan sendirinya. Penderita polimenorea harus segera dibawa ke dokter jika polimenorea berlangsung terus menerus. Polimenorea yang berlangsung terus menerus dapat menimbulkan gangguan hemodinamik tubuh akibat darah yang keluar terus menerus. Disamping itu, polimenorea dapat juga akan menimbulkan keluhan berupa gangguan kesuburan karena gangguan hormonal pada polimenorea mengakibatkan gangguan ovulasi (proses pelepasan sel telur). Wanita dengan gangguan ovulasi seringkali mengalami kesulitan untuk mendapatkan keturunan.

Pengaruh fisik dan Psikis

Jika menstruasi datang terlalu cepat, perhatikanlah apa yang dialami dalam bulan tersebut. Untuk kondisi fisik, apakah bulan ini sedang banyak pekerjaan atau banyak bepergian atau deadline? jika iya, hal itu sangat memungkinkan terjadi karena tubuh akan menjadi lelah dan mudah capek dan sedikit banyaknya mempengaruhi siklus menstruasi. Untuk kondisi psikis, hal itu sangat mempengaruhi. Faktor pikiran dan banyak masalah dan ketegangan sangat mempengaruhi siklus menstruasi yang bisa haid sebelum waktunya atau malah mundur terlalu lama.

Baca Juga : Telat Haid 5 Hari Apakah Tanda Hamil

Pengaruh Hormonal

Yang namanya wanita sangat dipengaruhi dengan hormon progesteron dan esterogen. Mungkin dialah yang menjadi kambing hitam untuk sifat moody, marah dan malesnya wanita saat PMS (Premenstrual Syndrome). Fluktuasi hormonal dalam siklus menstruasi tidak merupakan sebuah siklus yang statis namun dinamis. Haid sebelum waktunya karena pada saat tanggal yang biasa kita jadikan sebagai patokan “hari dapet” kadar hormon progesteron justru turun lebih cepat dari hari biasanya. Sama halnya dengan mengapa menstruasinya terlalu lama? karena kadar hormon progesteron masih dalam titik yang tinggi sehingga perlu beberapa hari lagi untuk mencapai kadar progesteron turun.

Pengaruh Lainnya

Pada umumnya wanita akan dapat memiliki berbagai masalah seputar menstruasi tidak lancar atau terlalu cepat. Hal tersebut harus diwaspadai karena itu dapat terjadi abnormalitas pada siklusnya. Faktor pengaruh lain yang menimbulkan ketidak teraturnya diantaranya terlalu gemuk menyebabkan hormon mengubah siklus menstruasi atau bahkan menghentikannya secara total. Kebanyakan wanita kembali mengalami siklus menstruasi yang normal setelah berat badannya turun. Perubahan pola hidup juga akan mempengaruhi bagaimana tubuh bekerja. Hal ini umumnya terjadi pada karyawan yang sering mengalami perpindahan jam kerja siang ke malam dan sebaliknya. Faktor ini menyebabkan tamu bulanan menjadi tidak teratur (bisa datang terlambat bisa juga haid sebelum waktunya). Bisa juga ini merupakan tanda awal dari kehamilan, namun untuk memastikannya bisa menggunakan tes sendiri atau bisa ke dokter.

Tag:

haid sebelum waktunya,haid datang lebih awal tanda kehamilan,mens sebelum waktunya,mengeluarkan darah sebelum haid,menstruasi sebelum tanggal nya,menstruasi sebelum tanggalnya,adakah tanda tanda kehamilan menstruasi lebih cepat dari waktunya,penyebab haid belum,penyebab haid datang lebih awal,penyebab menstruasi datang belum waktu nya,penyebab menstruasi tidak pada waktu nya,tanda menstruasi sebelum harinya,tanda tanda haid datang lebih awal,kenapa waktunya belum haid sudah keluar darah,kenapa haid bisa datang lebih awal,Kenapa datang bulan sebelum,apa penyebab haid datang tidak,apa stres bisa bikin mens lebih cepet sbelum waktunya,apakaj jadinya jika belok waktu nya hed tapi sudah keluar darah,belum waktu nya haid ko udah keluar,haid datang lebih awal apakah hamil,haid datang lebih awal apakah tanda hamil,haid dtg 2 hari sblm tgl haid biasanya,Keluar darah banyak,keluar darah banyak sebelum waktunya haid kenapa ya?,keluar darah sebelum waktunya haid,Wanita keluar darah sebelum mens

Langganan Artikel Via Email Tips Dr Boyke

Daftarkan Email Anda Untuk Mendapatkan Tips Kesehatan Terbaru Setiap Hari Secara Gratis, Dari ProdukWish.com

Terima kasih sudah membaca artikel berjudul Penyebab Haid Datang Sebelum Waktunya dan Anda bisa menemukan artikel Mengenai Penyebab Haid Datang Sebelum Waktunya ini dengan url http://produkwish.com/blog/penyebab-haid-datang-sebelum-waktunya. Jangan lupa share ke teman-teman ya.
Best Seller
Rp 170.000
Habis
Rp 220.000
habis
Best Seller
Rp 200.000
Habis
Rp 190.000
habis
Habis
Rp 215.000
habis
Limited
Rp 180.000