Open Jam 08.00 s/d 16.00. Sabtu - Minggu Libur
0857-7368-6069
0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

21 Makanan Penyebab Keputihan Pada Wanita

Ditulis Oleh Wish Dr Boyke produk wish produk asli dan resmi dr boyke dian nugraha

Keputihan merupakan aktivitas sekresi yang terjadi pada organ intim wanita. Masalah keputihan ini sangat sering dialami oleh wanita, dapat dipastikan hampir semua wanita di dunia ini akan mengalami keputihan dan hal tersebut adalah wajar. Kenapa dikatakan wajar?

Sebab di dunia ini tidak ada seorang pun yang bisa terhindar dari penyakit keputihan, karena banyak faktor penyebab yang dianggap kecil tapi ternyata dapat menimbulkan keputihan, salah satunya makanan. Namun bukan berarti kita harus pantang memakan makanan tersebut, selama kita mengkonsumsi tidak berlebih, akan aman-aman saja, dan hanya ada beberapa makanan penyebab keputihan yang akan kami paparkan dibawah.

Namun sebelum melangkah lebih jauh penulis akan memberikan informasi poin penting apa saja yang akan dijelaskan dibawah, diantaranya yaitu:

  1. Jenis Keputihan
  2. Gejala Keputihan
  3. Penyebab Keputihan
  4. Makanan Penyebab Keputihan
  5. Pengobatan Keputihan

Jenis Keputihan Yang Umum

Makanan Penyebab Keputihan Jenis keputihan

Keputihan atau fluor albus dalam dunia medis terdiri dari dua golongan, yaitu jenis keputihan normal atau disebut juga keputihan fisiologis dan keputihan abnormal atau disebut juga keputihan patologis. Jenis keputihan normal adalah keputihan yang umumnya terjadi pada setiap bulan, biasanya keputihan fisiologis ini terjadi saat akan menstruasi atau setelah menstruasi maupun dalam waktu masa subur.

Sedangkan keputihan abnormal adalah jenis keputihan yang disebabkan karena terjadinya infeksi dalam vagina yang terkadang disertai rasa gatal pada Miss V dan di area sekitar atau bibir Miss V bagian luar. Keputihan sering terjadi karena adanya bakteri jahat, virus serta parasit. Infeksi yang terjadi bisa menjalar dan dapat menimbulkan peradangan pada saluran kencing wanita, yang akibatnya bisa memicu rasa perih saat membuang air kecil.

Gejala Keputihan Pada Wanita

Makanan Penyebab Keputihan 1

Biasanya  gejala keputihan dapat dilihat jika terjadi perubahan cairan pada Miss V, contohnya berubah menjadi kental, bau atau warnanya berubah. Selain itu terkadang disertai juga gejala seperti rasa gatal, nyeri pada kewanitaan, terjadi pendarahan setelah berhubungan intim, banyak mengeluarkan darah saat haid dan terasa nyeri pada saat buang air kecil.

Secara umum, gejala keputihan dapat dibedakan dari penyebabnya. Keputihan yang tidak berbau, tidak gatal dan terjadi perubahan warna kemerahan pada luar Miss V biasanya disebabkan oleh jamur kandida.

Sedangkan keputihan yang disertai munculnya cairan keputihan yang biasanya warnanya agak keabu-abuan serta berbau amis, keputihan ini disebabkan oleh bakteri vagionosis.

Kemudian gejala keputihan yang ditandai dengan rasa nyeri di tulang panggul dan disertai rasa sakit saat buang air kecil disebabkan oleh klamidia.

Penyebab Keputihan Pada Wanita

penyebab keputihan yang tidak wajar dari makanan

Keputihan yang terjadi pada wanita umumnya bisa disebabkan dari proses normal dalam tubuh dan juga dari infeksi. Keputihan yang terjadi karena infeksi, penyebab paling sering terjadi adalah karena pengaruh dari mikroorganisme seperti jamur, bakteri vaginosis dan protozoa.

Infeksi yang terjadi pada organ intim wanita bisa disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan pada area Miss V, terjadinya ketidakseimbangan kuman dalam vagina akibat dari obat-obatan ataupun hormon dan akibat dari hubungan seks yang tidak sehat.

21 Makanan Penyebab Keputihan Yang Harus Dihindari

Makanan Penyebab Keputihan Yang Harus Dihindari

Setelah anda mengetahui jenis-jenis keputihan, gejala keputihan dan penyebab keputihan yang umum terjadi, selanjutnya mari kita ketahui kumpulan makanan penyebab keputihan yang sering menjadi pemicu timbulnya keputihan pada wanita.

Berdasarkan berbagai sumber, penulis menemukan banyak sekali makanan yang harus dihindari untuk mencegah datangnya keputihan, berikut dibawah ini lebih lengkapnya.

  1. Makanan yang Manis

Selain dapat menjadi penyebab kegemukan, olahan makanan yang terlalu manis juga dapat menyebabkan proses penyerapan zat karbohidrat di dalam tubuh semakin besar.

Akibat dari penyerapan karbohidrat terlalu besar tersebut menyebabkan bakteri dan jamur yang ada pada Miss V akan cepat berkembangbiak setiap harinya.

Jika tidak segera diatasi, bakteri atau jamur yang ada di area vagina akan menimbulkan sekresi cairan yang tidak normal, yang menyebabkan bau tidak sedap pada vagina.

Sudah tentu bau tidak sedap yang ditimbulkan oleh bakteri dan jamur tersebut akan sangat mengganggu para wanita, terlebih bagi mereka yang sudah memiliki pasangan, pasti akan merasakan tidak nyaman saat hubungan intim.

  1. Buah Nanas

Nanas ini merupakan salah satu buah yang paling banyak dihindari oleh kaum wanita. Selain dapat menjadi penyebab keguguran pada usia kehamilan muda, buah nanas pun bisa memicu terjadinya keputihan yang berlebihan. Karena kandungan zat yang ada pada buah nanas dapat memicu lendir yang ada dalam Miss V menjadi meningkat secara drastis.

  1. Makanan Fermentasi

Makanan yang dilarang saat keputihan ketiga yaitu Maknanan Berfermentasi. Jenis makanan yang difermentasi misalnya tape singkong, tempe dan keju juga dapat menyebabkan keputihan meskipun dampaknya tidak sama pada beberapa wanita lain. Dengan mengkonsumsi tidak berlebihan, keputihan tidak akan muncul secara tiba-tiba.

Akan tetapi jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang difermentasi, apalagi setiap hari dan tidak diselingi dengan mengkonsumsi buah serta sayur yang cukup, dapat dipastikan keputihan bisa muncul secara mendadak.

Makanan Penyebab Keputihan Mentimun Nanas Ketimun

  1. Mentimun

Salah satu sayuran ini banyak juga dihindari oleh para wanita, dengan alasan nanti anunya becek, padahal itu tidak benar, asalkan tidak mengkonsumsi secara berlebihan. Mengkonsumsi mentimun secara berlebihan juga tidak baik, karena dapat meningkatkan produksi hormon estrogen, apabila hormon ini meningkat, cairan yang ada di area kewanitaan juga akan meningkat sehingga akibatnya menimbulkan keputihan.

  1. Jamur

Jamur sangat baik untuk kesehatan, karena memiliki protein nabati yang tinggi, maka tidak heran olahannya banyak digemari banyak orang. Akan tetapi, jika dikonsumsi secara berlebihan sepanjang hari, jamur menimbulkan efek tidak baik pada wanita yaitu menyebabkan keputihan.

Mengkonsumsi jamur secara berlebihan dapat memaksa kelenjar pada Miss V agar memproduksi cairan meskipun anda dalam kondisi normal. Akibatnya, karena cairan terus menurus diproduksi secara berlebih, cairan atau lendir tersebut akan keluar sehingga membuat area pada kewanitaan terus menjadi lengket dan membuat tidak nyaman.

  1. Minuman Bersoda

Minuman yang bersoda biasanya mengandung banyak zat pewarna dan gula sebagai pemanis. Teralu sering meminum minuman yang bersoda tidak bagus untuk kesehatan karena bisa menyebabkan urine mengalami peningkatan dalam memproduksi urea.

Saat urea itu keluar, bakteri serta jamur yang ada dalam Miss V akan berkembang dengan pesat dan menimbulkan keabnormalan. Sehingga pada organ intim wanita akan menimbulkan cairan kental, terkadang berwarna agak kuning dan berbau busuk yang bisa menjadi pertanda keputihan akan datang.

  1. Telur

Telur pun bisa menjadi penyebab keputihan abnormal pada wanita, hal tersebut terjadi karena memiliki zat lemak dan protein yang cukup tinggi. Kedua zat kandungan tersebut memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Akan tetapi jika mengkonsumsi telur secara berlebihan bisa meningkatkan produksi lendir di area kewanitaan.

Seorang wanita disarankan tidak terlalu banyak mengkonsumsi telur, sebaiknya dibatasi dalam satu hari mengkonsumsi telur sekitar 3-4 butir, jangan lebih dari itu, karena bisa menimbulkan keabnormalan yang akibatnya menimbulkan keputihan abnormal.

  1. Bengkoang

Bengkoang merupakan buah yang disukai para wanita, terutama untuk kecantikan. Kandungan bengkuang untuk kecantikan memang bagus, dan biasanya bengkuang lebih banyak diaplikasikan untuk penggunaan bagian luar.

Bengkoang memiliki kadar air yang cukup tinggi dan juga memiliki kadar gula yang cukup banyak, seperti halnya buah nanas dan mentimun, tingginya kadar air serta gula dalam bengkoang dapat memicu produksi lendir secara berlebihan pada area Miss V.

  1. Udang

Mungkin banyak diantara wanita yang tidak mengetahui bahwa udang pun bisa menjadi penyebab keputihan, tapi itu hanya terjadi jika mengkonsumsi udang terlalu banyak. Udang memang bagus untuk memenuhi nutrisi pada tubuh, karena mengandung protein yang tinggi, tapi terlalu berlebihan mengkonsumsinya bisa memicu keputihan abnormal pada wanita. Jadi udang juga termasuk makanan yang harus dihindari saat keputihan.

Makanan Kaleng Penyebab Keputihan Wanita

  1. Makanan Kalengan

Saat ini banyak orang mencari cara cepat untuk mewujudkan sesuatu, termasuk dalam hal urusan perut, karena hal tersebut dirasakan praktis tidak harus repot-repot dalam mengolahnya. Tinggal sedu atau tuang, tunggu beberapa menit, siap deh dimakan, tidak pusing memikirkan bumbu-bumbu, dan lain-lain.

Bagi yang tidak suka repot, makanan kalengan mungkin bisa jadi alternatif, akan tetapi lebih baik tidak mengkonsumsi jenis makanan kalengan setiap hari, disarankan sebaiknya mengolah makanan yang masih segar supaya tidak membuat keputihan makin parah.

  1. Makanan Pedas

Makanan pedas kerapkali menjadi favorit bagi sebagian wanita, apalagi jika makanan tersebut dimakan dengan kuah yang panas. Wah pasti akan terasa nikmat dan sulit untuk menolaknya.

Makanan yang pedas sudah pasti mengandung cabai. Dalam cabai terkandang suatu zat yang dinamakan capsicum, zat ini dapat memicu perkembangan bakteri pada area vagina semakin meningkat sehingga timbul keputihan. Jadi sebaiknya tidak telalu banyak dan sering mengkonsumsi makanan yang pedas.

  1. Manisan

Manisan selalu terlihat menggoda, serasa ingin segera memakannya, rasa asam, manis, kecut, pedas, asin, dan lain-lain benar-benar sangat menggoda dan bikin ketagihan. Akan tetapi perlu anda ketahui, meskipun manisan dibuat dari buah-buah segar, namun makanan ini melewati beberapa tahap agar bisa enak dimakan dan dapat awet hingga beberapa waktu tertentu.

Hal tersebut sudah dipastikan menngunakan bahan pengawet dengan tujuan agar manisan bisa bertahan hingga beberapa bulan kedepan, bahan pengawet yang digunakan itulah yang bisa  memicu timbulnya keputihan

  1. Gorengan

Gorengan salah satu jenis makanan yang disukai masyarakat Indonesia, tapi siapa sangka dibalik harganya yang terjangkau dan rasanya yang gurih serta nikmat ternyata bisa menjadi penyebab keputihan.

Jadi sebaiknya batasilah dalam mengkonsumsi gorengan, selain bisa menyebabkan keputihan, makanan gorengan pun bisa meningkatkan kolestrol pada darah kita, yang akibatnya menimbulkan berbagai macam penyakit salah satunya jantung koroner.

  1. Soft Drink

Rasa haus yang tak tertahankan biasanya mengundang selera untuk meminum minuman yang instan dan menyegarkan. Salah satunya dengan Soft drink, anda pun pasti menyadari bahwa soft drink mengandung banyak pemanis buatan dan zat pewarna. Hal tersebut bisa memicu bakteri berkembang biak lebih aktif pada vagina sehingga menyebabkan keputihan.

  1. Alkohol

Berhati-hatilah mengkonsumsi minuman yang beralkohol selain tidak baik untuk kesehatan, minuman beralkohol pun bisa menyebabkan keputihan pada wanita, sama halnya seperti soda yang kami paparkan sebelumnya dan terkandungnya kadar gula yang tinggi bisa memicu berkembangnya jamur dan bakteri pada vagina.

Buah Kering Makanan Penyebab Keputihan

  1. Buah yang Dikeringkan

Buah-buahan sangat bagus dikonsumsi secara rutin karena banyak kandungan vitamin yang berguna untuk tubuh kita, tapi hal tersebut tidak berlaku untuk buah-buahan yang dikeringkan.

Buah-buahan yang sudah melalui proses pengeringan akan memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga dapat memicu jamur dan bakteri pada area organ intim berkambang dengan cepat.

Apabila bakteri tersebut berkembang dengan pesat sudah pasti akan memicu timbulnya keputihan. Jadi sebaiknya konsumsi buah-buahan yang masih segar dan fresh, karena lebih menyehatkan.

  1. Jagung, Buah Pisang dan Kentang

Beberapa jenis buah-buahan dan sayuran ada yang memiliki zat glikemik yang tinggi, dan zat ini dapat memicu timbulnya keputihan abnormal pada wanita. Contoh buah-buahan dan sayuran yang memiliki zat glemik terlalu tinggi yaitu jagung, buah pisang dan kentang. Jika anda ingin mengkonsumsinya sebaiknya konsumsi secukupnya, tidak terlalu berlebihan.

  1. Saus Tomat

Saos tomat yang sering kita konsumsi dan mudah ditemui disekitar kita, sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak. Jadi saat anda memakan seperti bakso, pizza hut, goring-gorengan dan lain-lain yang bubuhi dengan saus tomat sebaiknya gunakan secukupnya.

Perlu anda ketahui, saos tomat dibuat melalui jalan fermentasi dan sudah pasti menggunakan ragi.

Ragi termasuk bahan fermentasi sangat tidak bagus untuk kesehatan organ intim wanita, sebab bisa memicu berkembangnya bakteri pada area miss v dengan cepat. Apabila bakteri tumbuh dengan cepat sudah pasti keputihan akan anda dapatkan.

  1. Roti

Roti merupakan makanan yang praktis dan sering dijadikan alternatif pengganti nasi, Tapi ternyata terlalu banyak mengkonsumsi roti pun tidak baik karena memicu perkembangan jamur candida pada vagina. Hal tersebut terjadi karena roti dibuat dari proses peragian dan ragi masuk kategori fermentasi. Jadi sebaiknya batasi konsumsi roti, tidak terlalu berlebihan.

  1. Kopi dan Teh

Kopi serta teh bisanya mengandung kafein dan apabila berlebihan mengkonsumsinya bisa mengganggu kinerja kelenjar adrenal, jika tidak dihiraukan akan menyebabkan sistem kekebalan menurun.

Menurunnya sistem kekebalan pada tubuh seorang wanita dapat memicu pertumbuhan jamur candida berkembang biang menjadi pesat sehingga timbul keputihan.

  1. Produk Olahan Susu

Beberapa contoh produk olahan susu contohnya yaitu yogurt, es krim dan keju umumnya terdapat kandungan lemak serta gula yang tinggi, dan selain itu banyak mengandung bahan laktosa yang susah dicerna dalam tubuh.

Mengkonsumsi produk olahan susu secara berlebihan selain bisa membuat berat badan anda meningkat, bisa pula menjadi penyebab keputihan. Jadi sebaiknya konsumsi secukupnya, jangan terlalu banyak.

Cara Pengobatan Keputihan Yang Bisa Anda Lakukan

Bagaimana Jika Keputihan Makin Parah

Dalam melakukan pengobatan keputihan, harus disesuaikan dengan faktor penyebab terjadinya keputihan tersebut.

  • Pengobatan keputihan karena jamur kandida

Jika anda berobat, biasanya dokter memberikan obat jenis anti jamur yang bentuknya gel, cara pemakaiannya dimasukan ke dalam vagina atau ada juga yang memberikan kapsul anti jamur untuk diminum.

  • Pengobatan keputihan karena bakteri vaginosis

Obat keputihan karena bakteri ini bisa menggunakan antibiotik berjenis metronidazol atau jenis klindamisin, yang cara pakainya dimasukan dalam vagina atau ada pula dengan cara diminum.

  • Pengobatan keputihan karena klamidia

Keputihan jenis ini dapat diobati menggunakan antibiotik azitromisin cukup sekali minum saja atau dengan doksisiklin yang diminum selama 7 hari.

Bagaimana Jika Keputihan Makin Parah

Pengobatan Keputihan Dr Boyke Makanan Penyebab Keputihan

Anda juga bisa mencari referensi lain mengenai penyebab keputihan dan cara mengatasinya. Apabila keputihan yang dialami menunjukan gejala seperti tidak biasa, misalnya disertai dengan rasa perih, rasa gatal pada Miss V, berbau seperti busuk, lendir atau cairan berubah warna dan keluar dengan jumlah yang banyak, sebaiknya segera periksakan ke dokter yang spesialis kelamin supaya diberikan pengobatan.

Namun jika enggan untuk menemui dokter disebabkan alasan tertentu, anda bisa mengkonsumsi obat keputihan herbal Femmilove yang dibuat oleh Dr. Boyke Dian Nugraha. Produk dari dokter boyke tersebut sangat ampuh untuk mengatasi masalah keputihan dan masalah lain yang terjadi pada organ kewanitaan anda.

Selain mengkonsumsi obat keputihan herbal, jangan lupa juga imbangi dengan melakukan pola hidup sehat seperti: membasuh kewanitaan dengan air yang bersih, mengkonsumsi makanan yang bergizi serta sehat, rutin berolahraga, selalu merawat dan menjaga kebersihan Miss V dengan cara membasuh vagina menggunakan air hangat sesekali.

Nah, demikian informasi mengenai makanan penyebab keputihan yang bisa penulis sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda ya… Silahkan sharekan jika merasa bermanfaat, agar semua wanita terhindar dari masalah keputihan, terimakasih.

Baca Juga:

pelanggan testimoni produkwish dr boyke

Langganan Artikel Via Email Tips Dr Boyke

Daftarkan Email Anda Untuk Mendapatkan Tips Kesehatan Terbaru dan Terupdate Secara Gratis Dari Wish Dr Boyke

  • Menstruasi memang selalu menjadi topik yang begitu menarik perhatian wanita, baik yang telah menikah maupun belum. Bagi wanita yang telah mengalami masa pubertas atau remaja pastinya akan mengalami proses alamiah berupa... more
  • Miom dan penyembuhannya - Ada beberapa penyakit yang mungkin tidak akan terdeteksi saat masih pada fase awal. Dan salah satu penyakit tersebut ialah penyakit miom. Penyakit yang satu ini mungkin juga dapat digolongkan... more
  • Untuk mendapatkan wanita cantik, anda tidak harus menjadi ganteng, karena sejatinya ada banyak hal yang dapat membuat wanita tertarik pada anda selain wajah. Jadi untuk anda yang merasa berwajah pas-pasan, anda tidak perlu... more
  • Cara menghilangkan keputihan yang gatal dalam 2 hari sebenarnya hampir sama dengan bagaimana cara mengatasi keputihan yang sudah umum. Keputihan sebenarnya bukan termasuk kedalam golongan penyakit atau kelainan, akan tetapi... more
  • Merangsang gairah lelaki untuk melakukan hubungan seksual bisa menjadi solusi untuk anda agar anda mendapatkan kepuasan dalam melakukan seks. Ada beberapa tips untuk merangsang libido pria agar mereka bisa memberikan servis... more
Best Seller
Rp 200.000
Best Seller
Rp 230.000
Best Seller
Rp 200.000
Limited
Rp 320.000
Best Seller
Rp 160.000
Limited
Rp 170.000

Hubungi Kami

0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
0857-7368-6069

Rekening Bank

2450620672 a/n Novi Tuimtihanah
1630001826174 a/n Novi Tuimtihanah
385401012177536 a/n Novi Tuimtihanah

Cara Pemesanan

Cara Pemesanan Produk Wish dr Boyke & Co

Temukan Kami di

Cara Order Produk Wish Dr Boyke & Co