Open Jam 08.00 s/d 16.00. Sabtu - Minggu Libur
0857-7368-6069
0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Apa Hukum Memotong Kuku Saat Haid? Inilah Penjelasanya

Ditulis Oleh Wish Dr Boyke produk wish produk asli dan resmi dr boyke dian nugraha

Ada banyak sekali mitos dan fakta mengenai larangan bagi wanita haid. Pasti anda juga sudah sering mendengarnya, mulai dari larangan membaca al quran saat haid, memotong kuku waktu haid, menyisir rambut dan masih banyak lainnya.

Ada yang terbukti fakta dan juga hanya mitos saja…

Oleh karena itu kita harus membacanya dengan jelas dan pasti. Memahaminya dengan membaca tafsiran Al Quran atau Hadist. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang hukum memotong kuku saat haid menurut islam dan kesehatan.

Di masyarakat berkembang pemahaman bahwa wanita haid dilarang untuk memotong rambut dan kuku. Hal ini dikarenakan kondisi tubuh wanita haid tidak suci. Bila kuku dan rambut terpisah dari tubuhnya berarti dalam keadaan yang tidak suci juga. Bila dibuang begitu saja, akan memberikan masalah di akhirat nanti.

Lalu apakah hal itu benar?

Jadi bolehkah memotong kuku saat haid? Kita akan membahas semuanya secara lengkap di bawah ini.

Bagaimana Hukum Memotong Kuku Saat Haid

Hukum Memotong Kuku Saat Haid Menurut Islam

Ada beberapa pendapat yang mengatakan ketika hari manusia dibangkitkan, seluruh anggota tubuh akan dikembalikan lagi secara sempurna seperti di dunia. Bila ada anggota tubuh yang dibuang dalam keadaan tidak suci, maka akan dikembalikan dalam kondisi tidak suci pula. Tentunya ini akan menjadi aib bagi pemilik anggota tubuh tersebut?

Tetapi apakah hal itu memang benar adanya?

Masalah memotong kuku atau rambut saat haid, memang selalu menjadi perdebatan banyak ulama. Tetapi tidak ada satu ayat Al Quran atau Hadist yang melarang secara jelas wanita untuk memotong rambut atau kuku saat haid.

Bahkan Rasulullah SAW memerintahkan Aisyah menyisir rambutnya saat haid, padahal rambut juga mudah rontok bila disisir.

Aisyah bercerita bahwa saat ia di Makkah dalam kondisi haid. Ia pun tidak melakukan sai di shaf marwah dan thawaf di kabah. Ia pun mengandukan hal ini kepada Rasulullah saw. Beliau bersabda “ Lepaskanlah ikatan rambutmu, menyisirlah, bertalbiyahlah dengan haji dan tinggalkan umrah”.

Hukum Memotong Kuku Saat Haid Menurut Syekh Ibnu Taimiyah

Hukum Memotong Kuku Saat Haid Menurut dan Kesehatan

Hukum memotong kuku saat haid ini diperjelas dengan pendapat Syekh Ibnu Taimiyah di kita Al-Fatawa al -Kubro yang mengatakan:

“ aku tidak mengetahui adanya dalil syariat yang memakruhkan untuk memotong rambut atau kuku bagi orang yang junub. Bahkan Nabi Saw memerintahkan orang yang masuk islam, hilangkan darimu rambut kekufuran dan berkhitanlah. Belaiu memerintahkan orang yang masuk islam untuk mandi dan tidak memerintahkan agar memotong rambut atau khitannya dilakukan setelah mandi. Maka perkataan beliau menunjukan kebolehan dua perkata (memotong sebelum mandi atau sesudahnya). Dan orang yang haid diperintahkan untuk menyisir rambutnya padahal menyisir dapat membuat rambut rontok.”

Syekh Ibnu Taimiyah juga memberikan pendapat yang hampir sama. Yaitu “sesungguhnya seorang mukmin tidaklah najis”. Oleh karena itu anggota tubuh seorang mukmin tidak dikatakan sebagai najis.

Diharamkan Memotong Kuku Adalah Saat Akan Berkurban

Dalam islam memang ada suatu kondisi kita di larang untuk memotong rambut atau kuku, yaitu saat akan berkurban. Hal ini tidak hanya berlaku bagi wanita tetapi juga bagi pria. Sesuai dengan hadis Rasulullah SAW yang mengatakan “orang yang berkurban dilarang memotong rambut atau kuku terhitung saat memasuki tanggal 1 Zulhijah “ (HR muslim)

Tetapi larangan untuk memotong kuku saat haid tidak ditemukan dalilnya sama sekali. Dari penjelasan ibnu Taimiyah diatas, dijelaskan bahwa tubuh muslim bukan najis. Yang najis hanyalah darahnya saja bukan orangnya.

Begitu pula berlaku bagi pria yang sedang junub. Rasulullah saw mengajurkan wanita untuk selalu menjaga kebersihannya saat haid. Menjaga kebersihan termasuk dari iman, memotong kuku dan rambut tentunya termasuk dalam menjaga kesehatan.

Kuku Mengandung Kuman Justru Wajib Dipotong

Kuku Mengandung Kuman Justru Wajib Dipotong

Kuku yang kotor mengandung kuman dan bakteri yang banyak sekali. Bila masuk ke dalam tubuh bisa menggangu kesehatan. Dengan memotong kuku, kesehatan dan kebersihan kuku bisa terjaga dengan baik.

Muhammad bin Yusuf Al-Ibadhi, seorang ulama besar juga pernah membahas hal ini dibukunya yang berjudul Syarkh An-Nail Wa Syifai Alil. Dalam bukunya beliau mengatakan bahwa orang yang memiliki pemahaman melarang wanita yang haid atau nifas memotong kuku dan rambutnya merupakan tindakan yang keliru dan cenderung bidah.

Menurutnya umat islam dilarang untuk mengharamkan sebuah perkara yang diperbolehkan atau sebaliknya. Jadi kita dilarang untuk mengharamkan suatu hal yang diperbolehkan atau membolehkan suatu hal yang dilarang.

Hal itu pernah diterangkan oleh Rasulullah SAW, beliau mengatakan “ sesunguhnya yang paling besar dosa dan kejahatannya dari kaum muslimin adalah orang yang bertanya tentang hal yang tidak diharamkan, lantas hal tersebut menjadi diharamkan karena pertanyaan tadi.” (HR Bukhari).

Hal ini juga berlaku bagi larangan memotong kuku atau rambut untuk wanita yang sedang haid. Dari penjelasan diatas tentunya anda semakin tahu tentang hukum memotong kuku saat haid.

Memang ada banyak sekali pendapat tentang hal ini, bahkan masih banyak ulama yang mengatakan larangan memotong kuku dan rambut saat haid. Mereka masih menggunakan dasar bahwa semua anggota tubuh yang dibuang dalam keadaan tidak suci, akan kembali dalam keadaan tidak suci juga.

Tetapi yang jelas tidak ada satu dalil pun yang menerangkan secara gamblang mengenai perkara ini. sedangkan sebuah larangan harus kita patuhi, bila sudah ada dalil yang mengatakanya dengan jelas. Misalnya untuk kewajiban menyucikan diri setelah hadast atau junub.

Memotong Kuku Saat Haid Adalah Diperbolehkan

Memotong Kuku Saat Haid Adalah Diperbolehkan Juga Memotong Rambut

Saat ini masih banyak wanita yang percaya bahwa memotong kuku dan rambut tidak diperbolehkan. Bila ada rambut atau kuku yang tidak sengaja terpotong, harus dicuci bersih atau dicucikan. Ada juga yang tidak memotong kuku sama sekali saat haid. Sebenarnya hal itu tidaklah salah, karena memang belum ada penjelasan yang pasti.

Tetapi banyak ulama yang berpendapat bahwa memotong kuku atau rambut saat haid tidak masalah atau diperbolehkan. Karena kita dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan badan. Dengan memotong kuku tentunya kita sudah menjaga kebersihan diri. Mencegah berbagai jenis penyakit masuk ke tubuh. Apalagi tangan termasuk anggota tubuh yang kita selalu gunakan setiap harinya.

Perkara ini memang tergantung dengan kepercayaan anda. Carilah literasi sebanyak mungkin, untuk menguatkan pendapat diatas. Karena saat ini ada banyak sekali buku yang membahas tentang hal tersebut. Anda bisa bayangkan apa yang terjadi dengan kuku dan rambut kita bila dalam seminggu tidak dibersihkan atau disisir. Tentunya akan mendatangkan banyak kuman penyakit. Jadi pendapat tentang larangan memotong kuku atau menyisir rambut saat haid, tidaklah bisa dipercaya kebenarannya.

Apalagi sudah banyak ulama yang memperbolehkan hal itu. Seperti penjelasan sebelumnya, jangan melarang suatu hal yang diperbolehkan atau sebaliknya. Karena hal itu tidak dibenarkan dan dijelaskan di dalam hadist Rasulullah saw. Jadi mulai sekarang tidak perlu takut untuk memotong kuku atau rambut saat haid. Bila anda belum yakin, anda bisa mencucinya terlebih dahulu. Demikian infromasi yang bisa kami jelaskan tentang hukum memotong kuku saat haid. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

pelanggan testimoni produkwish dr boyke

Langganan Artikel Via Email Tips Dr Boyke

Daftarkan Email Anda Untuk Mendapatkan Tips Kesehatan Terbaru dan Terupdate Secara Gratis Dari Wish Dr Boyke

  • Artikel tentang kecantikan bagi para pencinta perawatan wajah dan juga seluruh tubuh, akan banyak mencari data tentang trend dan juga cara merawatnya. Biasanya bisa melakukan dengan mencari secara langsung melalui teman,... more
  • Tanda bahaya kehamilan trimester 3 sebenarnya tidaklah berbeda jauh seperti saat trimester ke 1 dan trimester 2. Tanda-tanda yang kerap terjadi saat hamil tua ini harus anda ketahui, agar anda bisa mengantisipasi sebelum... more
  • Bagi anda yang memiliki kulit berminyak namun merasa bingung pada saat hendak memilih produk toner untuk kulit berminyak, maka cobalah untuk membuat toner buatan anda sendiri untuk menjadikan kulit Anda sehat, cantik dan tak... more
  • Manfaat buah naga untuk ibu hamil memang sudah terbukti keampuhannya. Pada awalnya buah naga merupakan tumbuhan yang diduga berasal dari Amerika. Tetapi ternyata buah naga ini sudah dikenal oleh masyarakat Asia sejak zaman... more
  • Apakah setelah melahirkan vagina longgar dan bagaimana cara mengatasi vagina yang longgar setelah melahirkan?  Pertanyaan tersebur kerapkali muncul dari benak seorang ibu pasca melahirkan buah hatinya, dan hal tersebut... more
Best Seller
Rp 200.000
Best Seller
Rp 230.000
Best Seller
Rp 200.000
Limited
Rp 320.000
Best Seller
Rp 160.000
Limited
Rp 170.000

Hubungi Kami

0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
0857-7368-6069

Rekening Bank

2450620672 a/n Novi Tuimtihanah
1630001826174 a/n Novi Tuimtihanah
385401012177536 a/n Novi Tuimtihanah

Cara Pemesanan

Cara Pemesanan Produk Wish dr Boyke & Co

Temukan Kami di

Cara Order Produk Wish Dr Boyke & Co