Open Jam 08.00 s/d 16.00. Sabtu - Minggu Libur
0857-7368-6069
0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Apa Penyebab Susah Hamil Padahal Haid Lancar? Ini Penjelasannya…

Ditulis Oleh Wish Dr Boyke produk wish produk asli dan resmi dr boyke dian nugraha

Pernikahan sudah jalan berbulan-bulan lamanya – tapi perut tak kunjung membesar… ke dokter spesialisasi hamil, tapi ditolak karena pernikahan belum jalan satu tahun. Duh, kira-kira kenapa ya penyebab susah hamil padahal haid lancar?

Ini penjelasannya…

Untuk Anda pasangan yang baru menikah, langsung hamil dan memiliki momongan kurang dari satu tahun umur pernikahan memang benar-benar sebuah anugerah. Namanya juga anugerah, pasti datang dari Tuhan. Betul?

Tapi bukan berarti, kalau sekarang Anda belum hamil setelah satu, dua, atau tiga bulan setelah menikah, Tuhan tidak sayang. Bisa jadi, Anda sedang diberi ujian.

Jangan khawatir… mencari apa penyebab susah hamil padahal haid lancar adalah jalan yang benar.

Di artikel ini, penulis akan menjelaskan beberapa kemungkinan, kondisi, dan penyebab susah hamil padahal menstruasi Anda lancar.

Kira-kira kenapa? Ini beberapa penyebab susah hamil yang dapat terjadi:

  1. Kebiasaan hidup tidak sehat (merokok, alkohol, dan konsumsi obat-obatan)
  2. Stres
  3. Organ reproduksi yang bermasalah
  4. Gizi dan nutrisi yang tidak mencukupi
  5. Aktivitas fisik dan keseharian terlalu berat untuk kedua pasangan
  6. Usia
  7. Bercinta hanya pada masa subur
  8. Terlalu sering berhubungan badan.

Dari sembilan (9) kemungkinan penyebab di atas, apakah Anda merasa beberapa memang terjadi dan menjadi penyebab Anda tidak hamil padahal haid lancar? Kalau iya, di dalam artikel ini, Anda bisa menemukan solusinya, loh.

Penyebab Susah Hamil dan Solusinya…

Inilah Penyebab Susah Hamil Padahal Haid Lancar

Pastinya, Anda tidak akan terima ketika ada yang bertanya mengapa tidak kunjung hamil setelah menikah dan dijawab: “diberi momongan adalah rahasia Tuhan, tidak ada manusia yang tahu.” Yap. Pasti kesal.

Memang, bila ditelaah lebih lanjut (dari persepsi agama), kehamilan dan diberi momongan memang rahasia Tuhan. Tapi, bukan berarti Anda hanya pasrah saja menunggu anugerah dari Tuhan.

Tidak ada salahnya untuk berusaha mencari tahu penyebab susah hamil dan solusinya. Lebih lagi, kalau Anda merasa haid lancar-lancar saja dan tidak ada gangguan menstruasi atau gangguan lain yang berat. Namun, bila anda memiliki masalah dengan haid silahkan baca cara mengatasinya disini cara agar cepat haid.

Ini berita baiknya: kalau Anda berusaha semaksimal mungkin mencari tahu penyebabnya, tentu saja solusinya sudah pasti ketemu!

Penyebab susah hamil

Penyebab Susah Hamil dan Solusinya Apa

Pada poin sebelumnya, apa penyebab susah hamil padahal haid lancar sudah penulis bahas – pada poin ini, bahasannya akan lebih menyeluruh dan lengkap. Gunanya? Tentu saja agar Anda dapat memahami secara lugas poin yang disampaikan.

1. Kebiasaan Hidup Tidak Sehat

Perlu Anda ketahui… Bukan hanya istri, suami juga bisa menjadi penyebab tidak kunjung hamil padahal haid lancar. Jadi, antara suami dan istri, harus punya pemahaman lebih lanjut tentang bagaimana hidup yang sehat.

Paling tidak atau setidaknya, zat seperti rokok, minuman beralkohol, dan obat-obatan adalah yang harus dijauhi kalau Anda ingin memiliki momongan. Sejatinya, kehamilan datang ketika orang tua sudah siap. Bagaimana ingin hamil kalau orang tua masih tidak peduli terhadap kesehatannya?

Jangan anggap dan berprinsip, “ah, hidup sehat nanti saja, setelah punya momongan”. Setuju?

Bila Anda tidak setuju, pastikan hidup yang sehat Anda terapkan. Atau setidaknya, jauhi lebih dulu demi mendapati kehamilan. Ingat, suami dan istri harus kerja sama dengan baik – bukan hanya tugas individu semata.

2. Stres

Semakin Anda memikirkan sesuatu, semakin Anda stres dibuatnya. Bahkan, lebih buruknya lagi, ketika Anda menginginkan hamil namun tidak kunjung hamil, yang datang bukanlah kehamilan, melainkan stres.

Jadi, lebih baik untuk tidak memikirkannya?

Bukan begitu… akan lebih baik untuk tetap memikirkannya, namun, tidak fokus dan menjadikannya beban. Memikirkannya boleh saja, namun tidak fokus untuk terus memikirkannya.

Bingung, ya?

Begini… ketika sesuatu menjadi beban, psikologis Anda akan menjadi akibatnya dikarenakan stres timbul. Bagaimana cara menghindari stres? Fokus ke hal yang lain. Fokus kepada hal baik. Bahkan, tidak ada salahnya melakukan afirmasi bahwa Anda sedang hamil dan mengandung.

Tidak ada yang melarang untuk Anda melakukan dekorasi ruangan untuk buah hati, membeli perlengkapan bayi, bahkan menyiapkan keseluruhan untuk kelahiran buah hati di kemudian hari.

Bukankah nanti malah tambah stres?

Kalau Anda masih stres nantinya, berarti Anda tidak mencermati poin pertama yang sudah penulis tulis. Jangan terbebani dengan memikirkan masalahnya, alihkan pikiran Anda dengan fokus ke hal yang lebih baik. Itu maksudnya.

3. Permasalahan Pada Organ Reproduksi

Susah hamil Permasalahan pada organ reproduksi

Kelainan dan masalah pada organ reproduksi menjadi hal teknis yang dapat terjadi pada Anda. Tapi, tidak perlu khawatir. Pada awal kehamilan, Anda bisa melakukan pengecekan perihal masalah ini. Sudah banyak dokter ahli yang bisa menangani dengan teknologi medis yang lebih modern.

Sumbatan pada vagina, kelainan mulut rahim, endometriosis, kelainan ovarium, kelainan saluran telur, dan infeksi pada organ reproduksi menjadi masalah yang dapat timbul.

Solusinya bagaimana?

Segera temui ahli untuk menangani masalah ini. Jangan tunggu-tunggu, bila susah hamil padahal haid lancar terjadi, Anda bisa melakukan pengecekan dan konsultasi untuk penanganan yang lebih dini.

Bila organ reproduksi bermasalah, apa yang harus dilakukan?

Solusi terbaik hanya bisa diberikan oleh dokter ahli yang menangani kasus Anda. Biasanya, treatment yang dilakukan tidak jauh dari pengobatan medis yang diberikan oleh dokter. Jalan alternatif seperti operasi juga tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan.

Apakah operasi akan mengganggu proses kehamilan?

Bisa iya, bisa juga tidak. Anda tidak perlu khawatir tentang hal yang belum terjadi. Jalan terbaik adalah memberikan dokter ahli keleluasaan untuk menangani kasus Anda dan memberikan yang terbaik.

4. Gizi dan Nutrisi yang Tidak Mencukupi

nutrisi dan gizi wajib konsumsi untuk cepat hamil

Makanan bergizi dan punya nutrisi yang mencukupi jadi syarat mutlak untuk Anda yang ingin cepat hamil setelah menikah.

Sudah banyak sekali informasi perihal gizi dan nutrisi harian yang wajib untuk dikonsumsi. Semisal Anda tidak memahami dan tidak mempraktikkannya, berarti masalah susah hamil padahal haid lancar adalah karena kesalahan Anda sendiri.

Tidak maksud menyalahkan… namun, gizi dan nutrisi yang tidak mencukupi memang menjadi akar permasalahan banyak orang. Semisal keadaan ekonomi Anda stabil dan lancar, tidak ada ruginya untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi harian Anda dengan makanan dan minuman yang sehat.

Mengeluarkan bujet lebih?

Tentu saja… Bukankah kehamilan setelah menikah adalah impian besar dan anugerah? Sungguh layak dilakukan.

Apa nutrisi dan gizi wajib konsumsi untuk cepat hamil?

Beberapa makanan agar cepat hamil dan minuman ini sudah wajib hukumnya untuk dikonsumsi agar mendapati masa subur dan tercukupi asupan tubuh agar cepat hamil, antara lain:

  1. Air mineral
  2. Karbbohidrat kompleks – sayuran, biji-bijian, sereal dan pasta, dan buah-buahan
  3. Protein – telur, kacang-kacangan, almond, ikan, daging putih (unggas dan daging ayam)
  4. Lemak baik – ikan salmon
  5. Susu murni.
Nutrisi khusus yang penting untuk wanita agar cepat hamil

Berbeda dari laki-laki, ada beberapa nutrisi yang wajib dikonsumsi untuk wanita yang ingin cepat hamil, antara lain:

  1. Seng (zinc) – sayuran, telur, buah kering, dan bawang merah
  2. Vitamin B6 – ikan tuna, kacang, telur, kentang, dan durian
  3. Vitamin C – kiwi, pepaya, stroberi, markisa, dan mangga
  4. Vitamin E – bayam, brokoli, dan ikan berminyak.

5. Usia

Semisal usia Anda berada di jangka 20 sampai 30 tahun, faktor usia bukan menjadi masalah dan penyebab susah hamil padahal menstruasi lancar. Namun, semisal usia Anda di jangka 30 tahun ke atas, Anda perlu khawatir…

Masa subur Anda bisa terganggu karena usia, terutama untuk wanita yang berusia lebih dari 35 tahun.

Apakah wanita di bawah 35 tahun dapat terhambat kehamilannya?

Tidak sama sekali.

Wanita yang berumur di bawah 35 tahun tergolong masih prima dan seharusnya tidak banyak kendala yang terjadi untuk dapat hamil setelah menikah.

Kalau hal ini terjadi, biasanya apa penyebabnya?

Ada gangguan pada organ intim dan masalah lainnya yang mungkin datang dari pria. Jadi, untuk Anda wanita di bawah 35 tahun, tidak perlu khawatir berkepanjangan, ya.

6. Aktivitas fisik yang terlalu berat

Pada dasarnya aktivitas fisik yang terlalu berat untuk pasangan muda adalah hal yang tidak baik. Namun, bukan berarti Anda harus berdiam diri di rumah ketika sedang mencoba untuk hamil. Tidak beraktivitas fisik, bukan berarti harus diam di rumah.

Untuk suami, aktivitas fisik yang cukup berat (seperti olahraga rutin, gym, dan lainnya) boleh saja dilakukan. Untuk istri, aktivitas yang berat sebaiknya dikurangi lebih dulu. kenapa? Aktivitas fisik yang memberatkan dapat mengganggu siklus ovulasi wanita. Selain itu aktivitas yang telalu berat juga dapat meyebabkan kondisi wanita menjadi mudah lelah dan lemah.

Berarti, tidak boleh berolahraga berat lebih dulu agar cepat hamil?

Sebaiknya, kurangi olahraga berat yang dapat membuat stamina Anda terkuras.

Olahraga bukan hal buruk bila terlalu dipaksakan. Sebaiknya, tetap berolahraga namun dalam kuantitas yang seimbang dan tidak terlalu menguras tenaga. Kenapa? Karena Anda membutuhkan banyak stamina dan tenaga di ranjang. Hehehe.

7. Hanya bercinta saat masa subur

bercinta saat masa subur susah hamil

Berhubungan badan pada masa subur adalah hal baik yang dapat mempercepat untuk hamil ketika haid lancar – namun, bukan berarti Anda tidak bercinta ketika sedang tidak dalam masa ovulasi.

Anjuran dari ahli menganjurkan untuk rutin bercinta setidaknya dua hari sekali sebelum menjelang masa subur. Hal ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan peluang pembuahan (konsepsi).

8. Terlalu sering berhubungan badan

Jangan bingung… tidak ada larangan untuk terlalu sering berhubungan intim. Hanya saja, Anda perlu merencanakan dan tetap fokus untuk mendapati kehamilan.

Berapa kali bercinta untuk dikatakan termasuk ke dalam kategori terlalu sering berhubungan badan?

Kalau Anda melakukannya setiap hari, ada baiknya untuk menahan. Setidaknya, dua kali sehari adalah yang dianjurkan untuk bercinta.

Sulit memang, terlebih lagi, untuk pasangan muda yang masih menggebu-gebu. Namun, kalau Anda memiliki program untuk langsung hamil setelah menikah, ada baiknya menjaga frekuensi berhubungan badan untuk cepat hamil ketika haid lancar.

Informasi tambahan

Banyak penyebab, kemungkinan, dan permasalahan lain yang menjadi penyebab susah hamil padahal haid lancar. Tapi kelima poin di atas sudah lebih dari cukup untuk meyakinkan apa yang terjadi pada Anda dan dapat menjadi penyebab utama mengapa Anda tidak kunjung hamil setelah menikah.

Akankah mengetahui penyebab utama tidak kunjung hamil dapat membantu untuk langsung hamil setelahnya?

Bisa jadi. Pastinya, setiap individu akan berbeda hasilnya – bisa juga tergantung usaha, keyakinan, dan keteguhannya.

Solusi cepat hamil

wanita bisa hamil cepat bila menerapkan saran di atas

Dari pertanyaan: apa penyebab susah hamil padahal haid lancar, dapat disimpulkan dan ditarik garis besarnya, bahwa solusi cepat hamil adalah:

  1. Menjaga gaya hidup yang sehat untuk kedua pasangan menikah
  2. Menghindari stres
  3. Melakukan pengecekan dan konsultasi ke ahli perihal permasalahan di organ reproduksi
  4. Memperhatikan nutrisi dan gizi harian yang masuk
  5. Menghindari aktivitas fisik, olahraga, dan kegiatan harian yang terlalu berat (terutama untuk wanita)
  6. Memperhatikan siklus masa subur wanita
  7. Menjaga rutinitas hubungan badan suami-istri (tidak terlalu sering, namun jangan hanya bercinta pada masa subur).

Kurang dan lebihnya, sekarang Anda sudah mengetahui penyebab susah hamil padahal haid lancar. Apa yang harus dilakukan setelahnya? Ada dua hal yang bisa Anda lakukan.

1) Bila suami belum teredukasi dan menyalahkan tidak kunjung hamil adalah salah Anda (bila Anda wanita), sebaiknya Anda pro-aktif untuk membantu suami memahami bahwa ada beberapa penyebab susah hamil yang berpotensi terjadi pada rumah tangga Anda – pun, Anda bisa memandu suami membaca artikel ini.

2) Bila Anda dan suami sudah paham betul tentang permasalahan ini, Anda dan suami bisa mulai melihat apa yang menjadi masalah Anda dan merumuskan solusinya segera.

Faktor paling penting adalah kerja sama antara istri dan suami – bukan orang lain, bukan dokter, bukan artikel ini.

Bila haid lancar, apakah berarti sang wanita bisa hamil cepat bila menerapkan saran di atas?

Haid yang lancar memang menjadi syarat paling utama untuk cepat hamil. Haid lancar menandakan bahwa masa ovulasi wanita berarti stabil dan terjaga. Dengan begitu, bila suami dan istri dapat bekerja sama untuk mendapatkan kehamilan dengan saran di atas, rasanya tidak akan sulit untuk mendapati kehamilan sesegera mungkin.

Perlukah cek ke dokter ahli?

Dari penulis pribadi, keterlibatan seorang ahli menjadi nilai plus yang sangat membantu untuk Anda yang memiliki kekhawatiran berlebih. Dokter ahli bukan hanya membantu Anda mengidentifikasi secara penuh perihal masalah tidak kunjung hamil padahal haid lancar – keterlibatan dokter ahli juga bisa menjadi pendukung secara biologis dan psikologi yang mantap untuk Anda.

Sebagai informasi tambahan, bila Anda mengunjungi dokter ahli, akan ada beberapa pengecekan, seperti:

  1. LH (hari ke 13 dan 15 siklus mens)
  2. FSH
  3. Progesteron
  4. Prolaktin
  5. DHEA-SO4
  6. Testosteron and SHBG
  7. CT scan atau MRI scanhipofise dan hypothalamus
  8. Biopsi Endometrium
  9. Biopsi Ovarium.

Sembilan daftar di atas adalah pengecekan umum yang terjadi pada masalah haid tidak lancar. Nah, bila haid Anda tetap lancar namun tidak kunjung hamil, pengecekan di atas akan sangat membantu untuk melihat masalah dengan jelas dan menemukan solusinya secara lugas.

Kesimpulan

Beginilah Penyebab Susah Hamil Padahal Haid Lancar

Haid yang lancar adalah hal baik untuk Anda. Dengan siklus haid yang lancar, dapat juga disimpulkan bahwa Anda memiliki ovulasi yang baik, stabil, dan terjaga. Seharusnya, Anda dapat memanfaatkan hal ini untuk mendapati kehamilan sesegera mungkin.

Bila kehamilan belum jua terjadi, bukan salah istri, bukan juga salah suami. Anda berdua hanya perlu melakukan identifikasi sederhana untuk menemukan masalahnya.

Bahasan artikel ini akan dapat membantu Anda untuk mencari tahu masalah dan menemukan apa penyebab susah hamil padahal haid lancar. Semoga artikel ini membantu Anda, ya. Sekali lagi, perlu diingat, yang dibutuhkan adalah kerja sama antara suami dan istri, bukan individu.

Baca Juga:

pelanggan testimoni produkwish dr boyke

Tag:

haid lancar cepat hamil

Langganan Artikel Via Email Tips Dr Boyke

Daftarkan Email Anda Untuk Mendapatkan Tips Kesehatan Terbaru dan Terupdate Secara Gratis Dari Wish Dr Boyke

  • Kecerahan serta kekenyalan kulit wajah Anda. dari sekian banyak produk yang ada, Brightening Moisturizer dari Wish Skin Clinic dr Boyke merupakan salah satu produk yang terbaik. Produk ini dibuat agar kulit tidak kusam dan... more
  • Bagi pasangan yang sudah menikah, kehadiran seorang anak sangat lah menjadi dambaan. Berbagai cara akan ditempuh untuk memiliki momongan dan berbagai informasi diburu seperti cara cepat hamil walau ada kista dan miom ini.... more
  • Ada banyak cara untuk bisa melangsingkan tubuh yang bisa dipilih. Ada yang memilih cara cepat namun beresiko, ada pula yang memilih menjalankan cara yang cukup lama namun hasilnya memuaskan dan aman. Namun kalian pasti ingin... more
  • Degenerasi kulit sangat berkaitan erat dengan pertambahan usia. Dan secara normal, elastisitas kulit akan berkurang seiring dengan semakin meningkatnya usia. Normalnya memang tidak ada cara apapun yang dapat menangkal... more
  • Di kesempatan kali ini, saya akan memberikan cara untuk membuat cara diet anda sendiri dengan makanan sehat. Makanan sehat tidak selalu tentang batasan tips diet cepat dan sehat yang ketat, tetap kurus dengan cara yang tidak... more
Best Seller
Rp 200.000
Best Seller
Rp 230.000
Best Seller
Rp 200.000
Limited
Rp 320.000
Best Seller
Rp 160.000
Limited
Rp 170.000

Hubungi Kami

0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
0857-7368-6069

Rekening Bank

2450620672 a/n Novi Tuimtihanah
1630001826174 a/n Novi Tuimtihanah
385401012177536 a/n Novi Tuimtihanah

Cara Pemesanan

Cara Pemesanan Produk Wish dr Boyke & Co

Temukan Kami di

Cara Order Produk Wish Dr Boyke & Co