Open Jam 08.00 s/d 16.00. Sabtu - Minggu Libur
0857-7368-6069
0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Bagaimana Hukum Membaca Al Quran Saat Haid

Ditulis Oleh Wish Dr Boyke produk wish produk asli dan resmi dr boyke dian nugraha

Bagi seorang muslim, membaca Al Quran merupakan hal yang harus dilakukan setiap harinya. Dengan membaca Al Quran, hati bisa lebih tenang dan dapat mengamalkan semua isi didalamnya. Karena Al-Quran merupakan panduan hidup umat muslim.

Tetapi bagi wanita ada halangan membaca Al Quran, misalnya saat haid. Saat haid atau menstruasi, wanita dilarang untuk membaca Al Quran. Larangan hukum membaca Al Quran saat haid, hanya berlaku bila ia memegang kitab Al-Quran secara langsung. Tetapi anda tetap bisa membaca atau menghafalkannya dari Al Quran digital dan lainnya, untuk lebih jelasnya kita akan membahas semuanya di artikel ini.

Hukum Membaca Al Quran Saat Haid

Bagaimana Hukum Membaca Al Quran Saat Haid Menstruasi

Sebagian besar ulama sepakat bahwa wanita yang haid tidak diperbolehkan menyentuh mushaf. Hal ini dijelaskan dalam Al-Quran Surah Al Waqiah: 79, Allah SWT berfirman :

لَا يَمَسُّهُ إِلَّا الْمُطَهَّرُونَ

Yang artinya: “Al Quran itu tidak disentuh kecuali oleh orang yang suci”

Dari ayat diatas, disimpulkan bahwa wanita yang haid tidak boleh memegang Al Quran. Karena kondisi wanita haid masih belum suci dari hadats. Menurut tafsir Ibnu katsir 8/32, menjelaskan bahwa al quran tidak boleh disentuh kecuali oleh orang yang suci dari hadast dan janabat.

Lalu bagaimana hukum membaca Al Quran tanpa memegang Mushaf?

Inilah yang sempat menjadi perdebatan banyak ulama.

Ada beberapa ulama yang berpendapat bahwa wanita haid tetap tidak boleh membaca Al-Quran. Mereka berpedoman pada hadist Ali bin Abi Talib yang menyatakan bahwa Rasulullah Saw mengajarkan Al Quran dan tidak ada yang melarangnya dari Al Quran kecuali Janabat ( HR Abu Daud Tirmizi, An-Nasa’I, Ibnu Majah).

Dari hadist itulah, para ulama berpendapat bahwa wanita haid dilarang untuk membaca al Quran. Entah menyentuh atau tidak menyentuh Mushaf.

Pendapat kedua mengatakan bahwa hukum membaca Al-Quran saat haid diperbolehkan selama tidak menyentuh mushaf atau Al Quran langsung. Pendapat ini dikatakan oleh Ibnu Taimiyah, Imam Malik dan Asy Syaukani. Pernyataan mereka antara lain:

  • Hukum membaca Al Quran bagi wanita haid adalah boleh. Karena tidak ada dalil yang mengatakan bahwa wanita haid dilarang untuk membaca al quran. Para wanita di zaman Rasulullah saw pun tidak ada dalil yang melarang untuk membaca al quran.
  • Melarang wanita haid membaca al quran, akan mengurangi pahala mereka. Selain itu bisa menghilangkan hafalan yang sudah dilakukan
  • Menyamakan wanita haid dengan orang yang junub tidaklah sesuai. Karena orang junub bisa menyucikan dirinya segera mungkin, berbeda dengan wanita haid yang butuh waktu beberapa hari.

Hukum Membaca Al Quran Saat Haid Dari Gadget atau HP

Hukum Membaca Al Quran Saat Haid Dari Gadget atau HP

Lalu bagaimana hukum membaca al quran di gagdet saat haid?

Jika anda mengikuti pendapat yang pertama berarti dilarang untuk membaca Al Quran sama sekali. Entah itu di gagdet, HP atau di Al Quran langsung. Tetapi bila anda mengikuti pendapat kedua, anda bisa mengikuti pendapat dari Syaikh Abdurrahman bin Nashir Al Barrak Ini:

“ Secara zahir Al-Quran yang terdapat di gagdet berbeda dengan mushaf Al Quran. Al Quran yang terdapat di gagdet tidak berupa tulisan yang bisa langsung dibaca, tetapi berupa tampilan tertentu yang terdiri dari huruf Al Quran dan bisa dihapus. Oleh karena itu wanita haid diperbolehkan untuk membaca Al Quran di gagdet, hp atau kaset rekaman Al Quran”

Solusi Bagi Wanita Membaca Al Quran Saat Haid

Dari penjelasan diatas, tentunya anda sudah paham apa itu hukum membaca Al Quran bagi wanita haid. Anda bisa mengikuti pendapat yang mana. Tidak ada yang salah atau benar, karena memang belum ada hadist atau ayat yang melarang langsung. Berikut ini beberapa solusi membaca al quran bagi wanita haid.

  • Membaca Mushaf Tetapi tidak menyentuhnya langsung

Dari pendapat kedua, anda diperbolehkan membaca Al Quran tanpa menyentuh mushaf langsung. Sesuai hadist HR. Al Hakim, kita tidak boleh menyentuh Al Quran kecuali dalam keadaan suci. Suci disini berarti suci dari hadats besar dan hadats kecil.

Sedangkan haid termasuk hadats besar. Jadi kesimpulannya, anda tetap bisa membaca Al Quran tapi tidak boleh menyentuhnya langsung. Kalaupun harus menyentuhnya gunakan pembatas, seperti sarung tangan atau kain.

  • Membaca Al Quran Terjemahan

Hukum membaca Al Quran saat haid memang masih simpang siur, ada banyak sekali pendapat. Mushaf merupakan Al-Quran yang seluruh isinya ayat Al Quran tanpa terjemahan. Sedangkan Al Quran yang terdapat terjemahan tidak termasuk mushaf.

Dari pendapat ulama, wanita haid diperbolehkan membaca Al-Quran tetapi tidak boleh menyentuh mushafnya. Sedangkan al quran terjemahan bukanlah mushaf. Oleh karena itu anda tetap bisa menyentuh dan membacanya.

Pendapat dengan Al Quran terjemahan ini memang banyak sekali. Imam Nawawi Rahimahullah mengatakan “ Jika kitab tafsir memiliki lebih banyak kajian tafsir dibandingkan ayat Al Quran berarti kitab tafsir tersebut tidak mengapa disentuh karena bukalah mushaf”.

  • Membaca Al Quran di Gadget atau HP

Kecanggihan teknologi membuatnya semuanya lebih mudah. Termasuk dalam membaca Al Quran, karena kini banyak aplikasi Al-Quran yang bisa anda gunakan. Sudah dilengkapi dengan terjemahan dan juga cara membacanya. Untuk jenis ini, tidak dikatakan mushaf sehingga anda tetap diperbolehkan membacanya.

Dari penjelasan diatas tentunya anda bisa menentukan sendiri, apakah membaca Al-Quran saat haid diperbolehkan atau tidak. Ada banyak sekali pendapat mengenai hal ini. tetapi sebagian besar ulama memperbolehkan membaca Al-Quran.

Asalkan tidak menyentuh mushaf langsung. Sehingga wanita haid tetap bisa mendapatkan pahala dan menghafal Al Quran. Apalagi saat bulan ramadhan, yang menyuruh kita untuk mengumpulkan pahala sebanyak mungkin, salah satunya dengan memperbanyak melantunkan ayat-ayat Al Quran.

Jika bulan ramadhan wanita haid tidak diperbolehkan membaca Al Quran. Tentu tidak ada pahala yang bisa didapatkan. Wanita haid juga tidak bisa menghafal Al Quran. Tetapi hal ini tergantung dengan kepercayaan yang anda yakini.

Karena banyak orang yang tidak yakin untuk membaca Al Quran saat haid. Entah itu membaca tanpa memegangnya langsung, membaca di al quran terjemahan atau membaca di gadget. Karena mereka berpikir, haid hanya membutuhkan waktu beberapa hari saja. di lain hari masih bisa membaca Al Quran dan mengumpulkan pahala sebanyak mungkin.

Allah Tidak Mempersulit Wanita Haid Membaca Al Quran

Allah Tidak Mempersulit Wanita Haid Membaca Al Quran

Jadi tinggal pendapat mana yang anda yakini. Semuanya memang belum ada kejelasan yang pasti, karena tidak hadist yang menjelaskan secara langsung pelarangan ini. Semuanya hanya berdasarkan tafsiran yang dilakukan oleh para ulama. Tentunya setiap ulama melakukan penafsiran ayat atau hadist yang berbeda-beda.

Percayalah dengan apa yang anda yakinkan, apakah membaca Al-Quran tanpa memegang mushaf atau tidak membaca sama sekali. Jika tidak membaca sama sekali tentunya ada kerugian yang anda dapatkan. Anda tetap bisa membaca Al Quran dengan menghafalkannya atau membaca melalui gadget. Sekian kajian tentang hukum membaca Al Quran saat haid. Semoga bisa memberikan infromasi yang bermanfaat.

Baca Juga:

pelanggan testimoni produkwish dr boyke

Tag:

hukum membaca ala quran saat haid

Langganan Artikel Via Email Tips Dr Boyke

Daftarkan Email Anda Untuk Mendapatkan Tips Kesehatan Terbaru dan Terupdate Secara Gratis Dari Wish Dr Boyke

  • Siapa sih wanita yang tidak ingin tampil cantik? Semua wanita tentu ingin tampil cantik dan menarik. Bahkan untuk mencapai target kecantikan yang diinginkan banyak wanita yang rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli... more
  • Jika anda sedang mendapatkan masalah pada kulit seperti flek hitam dan ingin menghilangkannya dari wajah anda secepatnya namun belum tahu bagaimana caranya maka sangat tepat sekali jika anda membaca ulasan pada kali ini yang... more
  • Semua pria pasti sudah tahu terutama bagi anda yang saat ini sudah berstatus suami, bahwasanya untuk membangkitkan libido seks wanita lebih sulit dibandingkan pria. Kalau pria, disentuh sedikit anunya saja sudah terangsang... more
  • Tak sedikit permasalahan yang ditemui pada permukaan wajah, dan kerutan di wajah adalah salah satunya. Munculnya garis-garis kerutan tersebut bermacam-macam ada yang di beberapa titik kecil hingga besar sekalipun. Kerutan di... more
  • AILOS adalah obat kuat untuk lelaki yang terbukti ampuh mengatasi gangguan seksual yaitu disfungsi ereksi atau impotensi (lemah syahwat). Gangguan seksual ini tergolong lebih parah dibanding ejakulasi dini sebab ketika pria... more
Best Seller
Rp 200.000
Best Seller
Rp 230.000
Best Seller
Rp 200.000
Limited
Rp 320.000
Best Seller
Rp 160.000
Limited
Rp 170.000

Hubungi Kami

0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
0857-7368-6069

Rekening Bank

2450620672 a/n Novi Tuimtihanah
1630001826174 a/n Novi Tuimtihanah
385401012177536 a/n Novi Tuimtihanah

Cara Pemesanan

Cara Pemesanan Produk Wish dr Boyke & Co

Temukan Kami di

Cara Order Produk Wish Dr Boyke & Co