Open Jam 08.00 s/d 16.00. Sabtu - Minggu Libur
0857-7368-6069
0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Seperti Apa Bentuk Vagina Yang Sehat dan Normal

Ditulis Oleh Wish Dr Boyke produk wish produk asli dan resmi dr boyke dian nugraha

Jika anda seorang wanita, mungkin pernah terpikirkan pertanyaan seperti ini “bagaimana ya bentuk vagina yang sehat dan normal”. Mungkin anda ingin bertanya tapi malu dan bingung harus bertanya kepada siapa dan kemana.

Bahkan sangat jarang juga seorang wanita mengetahui seperti apa bentuk vaginanya sendiri. Seperti halnya manusia, vagina juga memiliki sifat yang individualistis. Vagina setiap wanita tidak akan sama persis dengan wanita lainnya. Jadi jangan pernah membandingkan diri anda, dengan wanita lain, karena yang terlihat seperti vagina normal bagi orang lain, belum tentu buat anda. Anda merupakan individu yang unik. Begitu juga dengan vagina anda.

Sebagian besar kemungkinan kondisi vagina anda dalam keadaan baik. Namun, sekedar untuk pengetahuan, dan inilah panduan untuk melihat keunikan ukuran serta bentuk vagina serta agar mengetahui beberapa tanda-tanda yang mungkin salah atau tidak seharusnya ada di vagina, sehingga anda bisa mewaspadainya.

Pentingnya Pemeriksaan Vagina Sendiri

Gambar Bentuk Vagina Yang Sehat dan Normal

Melakukan pemeriksaan vagina sendiri merupakan cara bagi seorang perempuan untuk melihat bentuk vagina dan vulvanya. Pemeriksaan sendiri ini bisa membantu anda untuk lebih memahami tubuh anda sendiri, dan untuk mengetahui apakah ada masalah atau tidak yang mungkin butuh perlakukan secara medis.

Cara melakukan pemeriksaan vagina sendiri tidak bisa dilakukan tiap waktu, namun disarankan memilih waktu yang terbaik, yaitu tepat di tengah-tengah masa dua siklus haid anda. Untuk melakukan pemeriksaan vagina sendiri, bebarapa hal yang perlu disiapkan yaitu:

  1. Sebuah senter yang berukuran kecil
  2. Sebuah cermin yang ada gagangnya dan dapat anda pegang.
  3. Sebuah spekulum atau bisa juga cukup dengan menggunakan tangan anda
  4. Hindari mengoleskan krim ke vagina sebelum pemeriksaan.

Cara melakukan pemeriksaan vagina sendiri, pastikan anda cuci tangan terlebih dahulu dan lepaskan celana. Kemudian duduk misalnya di kursi, di tempat tidur atau cukup dilantai dan topang punggung anda menggunakan bantal.

Lalu tekuk luntut anda sampai kedua telapak kaki anda berada di sebelah bokong. Bersandarlah agak sedikit ke belakang, kemudian lebarkan kedua lutut anda sampai daerah organ kewanitaan anda bisa terlihat.

Genggamlah atau topang cermin dan pastikan posisi cermin tepat di depan miss v anda, sesuaikan arah cahaya senter sehingga anda bisa melihatnya sampai ke dalam.

Seperti Apa Bentuk Vagina Yang Sehat dan Normal

Sumber gambar: Encyclopaedia Britannica, Inc.

Sumber gambar: Encyclopaedia Britannica, Inc.

  1. Vulva

Vulva adalah organ genital wanita yang posisinya berada dibagian luar dari vagina, yang bisa dilihat dengan mudah. Bagian vulva meliputi mons pubis atau punuk kemaluan, labia majora atau bibir bagian luar, labia minora atau bibir bagian dalam, klitoris dan bukaan eksternal.

Kita mungkin sering mengira vulva adalah vagina, padahal itu berbeda. Vagina atau disebut juga jalur lahir panjangnya sekitar 8 cm, posisinya terletak di dalam tubuh. Hanya bagian bukaan vagina atau introitus saja yang bisa dilihat dari luar.

Vulva seorang wanita normalnya berwarna kemerahan (ada yang berwarna merah muda dan cerah ada juga yang kecokelatan) serta mempunyai lipatan atau kerutan. Vulva pada wanita bisa memiliki keriput, dan hal tersebut adalah sesuatu yang normal. Keriput yang terjadi pada vulva, sebenarnya tanda elastisitas, jadi jangan mengganggap anda sudah tua dan tidak normal.

Vulva yang tidak normal yaitu apabila sering merasakan nyeri di vulva atau terdapat benjolan menyerupai kutil vagina yang biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri yang ditularkan saat berhubungan intim.

  1. Labia

Labia merupakan bagian genital yang paling gampang dilihat dari vulva wanita, kelopak penutup ini berbentuk seperti terbelah dua yang berada di bagian mons pubis. Kelopak ini disebut juga labia majora atau orang lebih sering menyebutnya “bibir vagina”. Apabila anda membuka kelopak tersebut, akan tampak lagi kelopak yang lebih kecil berada didalamnya, ini yang dinamakan labia minora.

Warna labia terkadang bisa menyerupai dengan warna kulit tubuh anda, bisa lebih gelap dan juga lebih terang. Serta ukuran atau bentuk labia terkadang tidak sama, bisa sisa satunya lebih panjang dari sisi satunya dan hal tersebut adalah normal.

Labia yang tidak sehat yaitu apabila terjadi perubahan warna dan terdapat bercak warna putih yang pertanda ada penyakit, umumnya hal tersebut terjadi pada wanita saat usia menopause. Terkadang muncul juga rasa gatal, rasa panas bahkan terjadi pendarahan dari kulit vulva, hal tersebut menandakan ada masalah dengan organ kewanitaan anda.

  1. Klitoris

Klitoris posisinya dibagian atas, tepatnya diujung pertemuan labia minora. Disekitar klitoris terdapat lembaran kulit yang menutupi sebagian klitoris, yang itu disebut tudung klitoris. Sebagian orang yang belum mengetahui klitoris, beranggapan bahwa klitoris adalah seperti tombol yang lunak berwarna merah, padahal sebenarnya sebagian besar sekitar 3/4 nya adanya didalam tubuh.

Memang secara umum, klitoris juga terlihat dari luar namun hanya berukuran sekitar 0,5cm sampai 1,3cm saja. Apabila klitoris anda memiliki ukuran lebih besar dari standar itu, tidak perlu khawatir, itu masih tergolong normal.

Klitoris yang tidak normal yaitu jika merasakan rasa sakit atau perih disekitar area klitoris, selain itu terkadang muncul rasa gatal yang menandakan ada infeksi jamur pada klitoris anda.

  1. Cairan Vagina

Banyak yang beranggapan bahwa keputihan merupakan hal yang tak normal, padahal sebenarnya cairan yang keluar dari vagina merupakan hal yang terjadi secara alami dan bagian dari proses pembersihan secara otomatis sebagai tanda vagina dalam kondisi sehat.

Namun hal tersebut bisa dikatakan normal apabila keputihan atau cairan vagina yang keluar berwarna terang, berbentuk cair, tidak berbau busuk, tidak berwarna seperti kuning, hijau dan tidak mengandung darah.

Cairan yang tidak normal yaitu apabila terjadi keputihan keluar cairan berbetuk seperti gumpalan berwarna kuning, ada pula yang kehijauan dan abu-abu. Disertai dengan bau busuk dan rasa gatal. Jika anda mengalami hal tersebut menandakan vagina tidak normal atau tidak sehat, penyebabnya adalah adanya infeksi jamur di vagina anda.

  1. Vagina

Selama ini banyak orang yang mengira bahwa vagina adalah keseluruhan dari organ genital wanita. Padahal sebenarnya yang disebut vagina yaitu sebuah bukaan kecil yang berada dibawah uretra dan dibawah klitoris. Vagina hanya sedikit yang bisa terlihat, apabila anda memasukan jari kedalamnya, anda bisa merasakan berbagai macam lekukan menyerupai bukit atau lembah.

Tepat dibagian belakang vagina disebut leher rahim, bentuknya tampak seperti donat kecil dan  terdapat lubang yang sangat kecil berada tepat di tengah yang disebut ostium.

Perhatikan juga kondisi dinding vagina anda, ciri vagina yang sehat, kondisi dindingnya bisa bervariasi, mulai dari kering hingga terasa sangat basah. Vagina biasanya cenderung selalu kering sebelum seorang wanita mencapai pubertas, saat menyusui, saat akan dan setelah menstruasi dan saat menopause. Dinding vagina akan sering basah saat masa ovulasi, saat sedang hamil dan saat ada rangsangan seksual.

Vagina yang tidak normal yaitu jika ada rasa sakit atau nyeri di vagina anda, baik itu saat berhubungan intim maupun setelah berhubungan badan. Apabila anda mengalami tersebut, sangat disarankan untuk memeriksakan kondisi vagina anda ke dokter.

Baca Juga:

pelanggan testimoni produkwish dr boyke

Tag:

gambar vagina yang sehat

Langganan Artikel Via Email Tips Dr Boyke

Daftarkan Email Anda Untuk Mendapatkan Tips Kesehatan Terbaru dan Terupdate Secara Gratis Dari Wish Dr Boyke

  • Bagaimana cara merapatkan vagina saat berhubungan dan setelah melahirkan, adakah cara yang alami dan aman? Anda tidak perlu khawatir, karena disini anda akan mendapatkan jawaban dari pertanyaan itu. Organ kewanitaan yang... more
  • Berbicara mengenai masalah organ kewanitaan memang selalu menjadi pembahasan yang menarik, baik bagi wanita yang telah menikah maupun perawan. Banyaknya masalah organ intim yang dihadapi oleh kebanyakan wanita, serta... more
  • Setiap wanita selalu menginginkan memiliki bibir yang indah, cantik dan selalu terlihat mempesona. Salah satunya dengan memilih warna lipstik natural, cantik dan anggun, sangatlah penting dalam menyesuaikan penampilan. Dalam... more
  • Cara mengatasi kulit wajah mengelupas pada kulit wajah yang sudah terkelupas tidak begitu sulit. Biasanya Kulit wajah yang terkelupas pasti akan membuat wanita ketakutan dengan rupa wajah mengerikan. Tentunya kulit Wajah... more
  • Mengetahui penyebab dan obat gejala tipes alami akan sangat bermanfaat bagi anda sekalian karena memasuki musim pancaroba ini risiko menderita penyakit tersebut pun meningkat. Tipes merupakan penyakit yang dapat menyerang... more
Best Seller
Rp 200.000
Best Seller
Rp 230.000
Best Seller
Rp 200.000
Limited
Rp 320.000
Best Seller
Rp 160.000
Limited
Rp 170.000

Hubungi Kami

0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
0857-7368-6069

Rekening Bank

2450620672 a/n Novi Tuimtihanah
1630001826174 a/n Novi Tuimtihanah
385401012177536 a/n Novi Tuimtihanah

Cara Pemesanan

Cara Pemesanan Produk Wish dr Boyke & Co

Temukan Kami di

Cara Order Produk Wish Dr Boyke & Co