Open Jam 08.00 s/d 16.00. Sabtu - Minggu Libur
0857-7368-6069
0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Berapa Lama Masa Nifas Setelah Melahirkan Normal atau Caesar?

Ditulis Oleh Wish Dr Boyke produk wish produk asli dan resmi dr boyke dian nugraha

Berapa lama masa nifas setelah melahirkan secara normal, setelah operasi sesar, setelah kuret dan setelah keguguran dalam islam? Beberapa pertanyaaan tersebut memang harus diketahui oleh para wanita, terutama wanita yang beragama islam, karena setelah masa nifas menurut islam harus kembali melaksanakan ibadah yang diwajibakan seperti sholat dan puasa.

Nifas sebenarnya hampir sama dengan haid yaitu keluarnya darah dari rahim. Tetapi nifas hanya dialami oleh wanita yang melahirkan. Dalam dunia medis, nifas dikenal dengan nama peurperium yaitu periode waktu di mana organ reproduksi wanita kembali seperti semula setelah proses persalinan selesai. Kondisi ini ditandai dengan munculnya sekret, darah atau cairan dari jalan lahir atau Lochia. Jangka nifas lebih lama dibandingkan haid, sekitar 40 harian. Lalu sebenarnya berapa lama masa nifas melahirkan? Kita akan bahas secara lengkap dibawah ini.

Samakah Lama Masa Nifas Melahirkan Normal dengan Operasi Caesar?

Samakah Lama Masa Nifas Melahirkan Normal dengan Operasi Caesar

Banyak wanita yang bertanya, apakah lama masa nifas melahirkan caesar sama dengan melahirkan normal? Apalagi melahirkan caesar tidak melalui jalur lahir, tetapi dilakukan pembedahan. Masa nifas wanita yang melahirkan sesar sama dengan ibu yang melahirkan secara normal yaitu selama 40 hari.

Tetapi untuk proses penyembuhannya berbeda, karena caesar dilakukan pembedahan di bagian perut. Dari dinding perut, otot perut dan dinding rahim akan mengalami pembedahan secara bertahap. Selain itu bagian perut juga akan dilakukan penjahitan. Ini akan mempengaruhi masa penyembuhan wanita yang melahirkan secara caesar.

Untuk wanita yang melahirkan normal proses penyembuhannya lebih cepat. Sedangkan wanita yang melahirkan caesar membutuhkan waktu penyembuhannya yang lebih lama. Sekitar 2-3 bulan, jadi bila anda melahirkan caesar dan masih keluar flek darah selama 3 bulan. Itu bukanlah darah nifas dan masih dianggap normal. Tetapi bila lebih dari itu, lebih baik untuk memeriksakan ke dokter kandungan.

Kontraksi Uterus Pasca Melahirkan dan Selama Masa Nifas

Kontraksi Uterus Pasca Melahirkan dan Selama Masa Nifas

Kontraksi uterus pasca melahirkan sangat penting. Oleh karena itu saat melahirkan dokter atau bidan akan memberikan pijatan di sekitar uterus atau memberikan Pitocin (Oxytocin Sintesis) sehingga uterus mengalami kontraksi dengan baik. Tetapi bila ibu langsung menyusui setelah melahirkan, bisa memicu menghasilkan Oxytocin alami, sehingga uterus akan berkontraksi secara alami. Bila ibu merasakan kram saat menyusui bayi, itu merupakan hal normal.

Bila ibu tidak mengalami kontraksi, maka bisa mengalami pendarahan pasca melahirkan. Saat plasenta berpisah dari uterus, ada beberapa pembuluh darah terputus dan mengeluarkan darah. Saat plasenta sudah keluar dari vagina, uterus akan tetap berkontraksi dan membuat pembuluh darah tertutup dan pendarahan semakin berkurang. Selain itu kontraksi bisa membuat rahim cepat bersih, karena kontraksi mendorong jaringan sisa di plasenta, sel lemak janin, sel dinding rahim dan rambut janin segera keluar dari rahim dan tidak menimbulkan infeksi setelah melahirkan.

Kontraksi pada uterus juga bisa membuat ukuran rahim kembali ke semula. Saat masa kehamilan ukuran rahim wanita akan semakin besar, karena untuk menampung bayi berukuran 3-4 kg. setelah melahirkan, ukuran rahim akan mengecil, hanya sekitar 2 kepala tangan pria dewasa. Dua minggu kemudian, ukuran rahim akan mengecil lagi, sekitar satu kepalan tangan dan akhirnya menjadi sebesar telur ayam. Bentuk terakhir, rahim akan semakin kecil dan tidak bisa diraba di perut.

Berapa Lama Normal Masa Nifas Setelah Melahirkan?

Berapa Lama Normal Masa Nifas Setelah Melahirkan dan Sesar

Lalu berapa lama masa nifas? Di dunia medis, perkiraan masa nifas sekitar 6 minggu atau kurang lebih 42 hari. Ini hampir sama dengan perkiraan lama nifas di agama islam yaitu sekitar 40 hari. Tetapi terkadang ada beberapa wanita yang selesai dalam waktu 1 minggu atau 2 bulan. Kondisi ini masih normal, kecuali lama nifas lebih dari 3 bulan. Untuk wanita melahirkan secara caesar atau normal, memiliki masa nifas yang sama yaitu sekitar 40 hari.

Dalam dunia medis, dikenal dengan istilah Lochia yaitu keluarkan cairan atau sekret dari jalan lahir pada masa nifas. Terjadi proses peluruhan dinding rahim setelah melahirkan dan disertai dengan darah serta bakteri. Proses ini akan terjadi terus menerus, sampai dinding rahim kembali ke bentuk semula. Ada empat tahapan yang terjadi di proses lochia ini yaitu:

  • Lochia Rubra

Tahapan ini terjadi di hari awal pasca melahirkan. Di tahapan ini lochia masih mengandung darah yang banyak dan bercampur dengan sel dinding rahim, jaringan sisa plasenta, rambut janin (lanugo), sel lemak janin dan kotoran janin. Sehingga cairan terlihat merah, seperti darah menstruasi dan disertai dengan gumpalan jaringan sisa. Proses ini biasanya terjadi selama 3 hari.

  • Lochia Sanguelenta

Di tahapan Lochia sanguelenta, cairan yang keluar sudah berwarna merah kehitaman dan jumlahnya tidak begitu banyak. selain itu cairan sedikit berlendir, tidak seperti tahapan lochia rubra yang sedikit mengumpal. Proses ini berlangsung selama 1-2 minggu.

  • Lochia Serosa

Setelah beberapa minggu, cairan yang keluar berubah warna menjadi merah mudah atau kecokletan. Cairan ini mengandung sel darah merah, serpihan jaringan dan sel darah putih. Selain itu mengandung sisa lendir mulut rahim. Jumlah cairan yang keluar pun semakin sedikit dibandingkan hari sebelumnya. Tahapan ini berlangsung selama 2 minggu sampai 1 bulan setelah melahirkan, tergantung kondisi masing-masing.

  • Lochia Alba

Untuk tahapan terakhir ini, cairan yang keluar sudah berwarna putih. Terkadang berwarna putih kekuningan, karena tahapan ini cairannya mengandung banyak sel darah putih dan sedikit sel darah merah. Selain itu mengandung kolesterol, serpihan jaringan pelapis dinding rahim, lendir dan lemak. Tahapan ini terjadi sekitar tiga minggu sampai enam minggu setelah melahirkan. Proses ini menjadi penanda akhir masa nifas anda.

Berapal Lama Masa Nifas Setelah Kuret dan Keguguran

Berapal Lama Masa Nifas Setelah Kuret dan Keguguran

Masa nifas setelah keguguran dan setelah kuret berapa hari? Menurut islam adalah 40 hari, dengan syarat keguguran atau tindakan kuret yang dilakukan usia kandunganya lebih dari 90 hari atau janin dalam perut sudah membentuk manusia.

Sedangkan masa nifas setelah kuret dan keguguran yang terjadi dibawah 90 hari atau janin belum berbentuk manusia, secara medis umumnya darah nifas yang keluar hanya berlangsung sekitar 1 minggu sampai 3 minggu, tiap wanita berbeda-beda tergantung dari pemulihan rahimnya. Saat masa pemulihan rahim sangat disarankan untuk banyak bergerak, jangan terlalu sering berdiam diri, tujuannya agar rahim cepat kembali pulih.

Penyebab Masa Nifas Berlangsung Lama

Penyebab Masa Nifas Berlangsung Lama dan Tidak Berhenti

Berapa lama masa nifas berakhir secara normal adalah 40 hari, tetapi ada beberapa wanita yang mengalami masa nifas berlangsung lama bahkan ada juga yang kurang 40 hari. Lalu apa penyebabnya?

Menurut sebuah penelitian, 13% wanita mengalami masa nifas yang lebih lama dibandingkan wanita lain. yaitu mencapai 60 hari. jadi bila masa nifas anda sampai 2 bulan itu masih normal, tetapi bila lebih dari 2 bulan tidak berhenti lebih baik segera lakukan pemeriksaan ke dokter. karena mungkin darah yang keluar bukanlah darah nifas, tetapi akibat adanya pendarahan lainnya. seperti:

  • Terdapat sisa jaringan yang tertinggal di dalam rahim
  • Terdapat luka di jalan lahir selama proses persalinan
  • Terjadi infeksi di rahim
  • Kontraksi yang tidak berjalan baik, biasanya terjadinya pada ibu yang anemia
  • Gangguan pembekuan darah

Anda harus waspada bila hal itu terjadi, segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut. Apalagi darah yang keluar selalu banyak terus menerus. tidak berkurang secara pertahap. Karena bila dibiarkan akan terjadi infeksi yang lebih parah. Ditambah daya tahan tubuh menurun dan terjadi infeksi penyakit lainnya.

Seorang ibu hamil harus paham lama masa nifasnya. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Anda juga harus paham pantangan apa saja yang tidak dibolehkan selama masa nifas. Sehingga rahim dan vagina tetap sehat serta terjaga dengan baik. itulah sedikit informasi tentang berapa lama masa nifas. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

pelanggan testimoni produkwish dr boyke

Tag:

KURET SETELAH MELAHIRKAN,berapa lama bisa jalan dr sesar,yhs-fh_lsonsw

Langganan Artikel Via Email Tips Dr Boyke

Daftarkan Email Anda Untuk Mendapatkan Tips Kesehatan Terbaru dan Terupdate Secara Gratis Dari Wish Dr Boyke

Best Seller
Rp 200.000
Best Seller
Rp 230.000
Best Seller
Rp 200.000
Limited
Rp 320.000
Best Seller
Rp 160.000
Limited
Rp 170.000

Hubungi Kami

0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
0857-7368-6069

Rekening Bank

2450620672 a/n Novi Tuimtihanah
1630001826174 a/n Novi Tuimtihanah
385401012177536 a/n Novi Tuimtihanah

Cara Pemesanan

Cara Pemesanan Produk Wish dr Boyke & Co

Temukan Kami di

Cara Order Produk Wish Dr Boyke & Co