Open Jam 08.00 s/d 16.00. Sabtu - Minggu Libur
0857-7368-6069
0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Cara Agar Vagina Tidak Robek Saat Melahirkan

Ditulis Oleh Wish Dr Boyke produk wish produk asli dan resmi dr boyke dian nugraha

Melahirkan secara normal bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan, meskipun sebenarnya ini merupakan kejadian yang alami. Namun terkadang, saat melahirkan secara normal, ada beberapa tindakan yang harus dilakukan guna mempermudah keluarnya bayi dari perut bumil. Misalnya, dilakukan episiotomi atau biasa dikenal dengan menggunting vagina, tapi tindakan ini tidak berlaku pada semua persalinan.

Beberapa wanita yang memilih persalinan normal dan tidak mendapatkan tindakan episiotomi pasti akan mengalami Miss V robek. Hal ini memang sangat umum terjadi saat proses kelahiran secara normal. Tapi tahukah anda, tindakan episiotomi dan vagina robek saat melahirkan sebenarnya bisa dihindari.

Penyebab Vagina Robek Saat Melahirkan Normal

Penyebab Vagina Robek Saat Melahirkan Normal

Vagina robek adalah hal yang umum terjadi. Sebagian besar wanita sekitar 90% pasti akan mengalami Miss V robek saat melahirkan, robekan yang terjadi pun tidak terlalu besar. Saat melahirkan normal, kepala bayi akan turun ke bawah vagina kemudian bergerak menuju perenium, hal ini yang menyebabkan vagina robek. Pereneium adalah daerah antara vagina dan anus pada wanita.

Namun jika saat melahirkan kulit vagina dan perineum meregang dengan cukup, maka kemungkinan besar vagina robek tidak akan terjadi. Begitu juga sebaliknya, apabila tidak cukup meregang, dorongan dari kepala bayi akan membuat Miss V jadi robek. Saat proses persalinan, seorang dokter pun tidak akan sembarangan, jika ada kemungkinan akan terjadi robekan yang besar pada vagina, biasanya dokter akan melakukan tindakan episiotomi.

Namun anda jangan takut akan mengalami kedua hal tersebut, jangan khawatir. Karena anda bisa melakukan tips dibawah ini untuk menghindari resiko terjadinya vagina robek dan tindakan episiotomi.

Bagaimana Supaya Miss V Tidak Robek Saat Melahirkan Normal

Supaya Miss V Tidak Robek Saat Melahirkan Normal

Berikut ini beberapa usaha-usaha yang bisa anda lakukan untuk mengurangi kemungkinan terjadi vagina robek saat melahirkan secara normal.

  1. Mempersiapkan Tubuh Menjelang Persalinan

Agar proses melahirkan secara normal berjalan dengan baik anda harus mempersiapkan dari jauh hari. Persiapan tersebut meliputi persiapan fisik dan juga persiapan mental. Cara yang paling mudah agar tubuh anda siap, yaitu melakukan kegiatan olahraga secara rutin.

Selain dapat membantu menjaga kebuguran tubuh, kegiatan olahraga saat hamil tua dapat melancarkan peredaran darah anda. Efek positifnya yaitu bisa membantu meningkatnya daya elastisitas kulit anda. Olahraga yang bagus dilakukan sebelum persalinan adalah kegel. Kegel ini sangat bermanfaat untuk memperkuat otot-otot panggul bumil, sehingga sangat membantu anda saat proses kelahiran secara normal.

Selain melakukan olahraga, anda juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat agar kebutuhan nutrisi anda tetap terpenuhi. Contoh nutrisi yang bagus untuk anda konsumsi yaitu lemak baik misalnya asam lemak omega 3, makanan berprotein tinggi, vitamin E, vitamin C dan seng. Makanan-makanan jenis tersebut bisa membantu kesehatan kulit dan mebantu otot perineum meregang dengan cukup saat proses melahirkan.

  1. Pijat Perineum

Melakukan pijat pada perineum selama masa kehamilan terutama saat trimester akhir bisa membantu mengurangi resiko vagina robek tidak terjadi. Pijat pada perineum juga bisa mencegah agar tidak terjadi tindakan episiotomi atau menggunting vagina anda.

Pijat perineum ini bukan hanya bisa membantu masalah fisik, dengan rutin melakukannya selama masa kehamilan bisa membuat wanita lebih percaya diri akan kemampuan tubuhnya agar bisa meregang dengan baik dan melahirkan bayi dengan selamat.

  1. Mengatur Posisi Saat Melahirkan

Posisi anda selama proses melahirkan secara normal memberikan pengaruh yang sangat besar akan kemungkinan terjadinya vagina robek. Temukanlah posisi yang paling nyaman selama proses persalinan, anda bisa bebas bergerak saat proses melahirkan agar dapat menemukan posisi yang menurut anda terbaik.

Posisi yang baik dan disarankan untuk mengurangi resiko kemungkinan terjadinya robek pada vagina adalah dengan cara membaringkan tubuh anda menghadap ke sisi kiri.

  1. Mengatur Pernapasan dan Ketahui Kapan Harus Mengejan

Sebelum anda mengejan agar bayi terdorong keluar, disarankan untuk mengatur pernapasan sebaik mungkin dan jangan terbaru-baru. Kuasai diri anda agar tetap tenang, selalu ikuti naluri anda untuk mengejan dan selalu perhatikan instruksi yang biasanya diberikan oleh dokter atau bidan yang membantu proses persalinan. Tetaplah tenang, jangan terlalu panik, karena ada waktu kapan harus menarik nafas dan juga kapan untuk mengejan.

Sebab mengejan tidak pada waktunya justru akan menimbulkan resiko terjadi kerobekan pada kemaluan anda. Dan jangan juga mengejan dengan kekuatan yang penuh sambil menahan nafas. Karena hal ini bisa mengurangi pasokan oksigen pada bayi dan juga pada diri anda sendiri.

Saat kepala bayi mulai terasa menyentuh bagian vagina anda, umumnya anda akan merasakan sensasi seperti tertekan dan terasa menyengat. Tetap tenang, dan jangan terburu-buru untuk mengejan agar bayi cepat keluar. Namun tunggu hingga perineum terasa sudah mulai benar-benar meregang dengan cukup, sehingga dapat menyesuaikan dengan ukuran tubuh dan kepala bayi. Jangan memaksakan keluar apabila perenium belum meregang secara penuh, karena jika dipaksakan kemungkinan besar vagina anda akan robek.

  1. Mengkompres Dengan Air Hangat

Hal ini harus anda minta ke dokter atau asisten dokter yang membantu persalinan anda, jadi sebelum proses persalinan bicarakan saja pada dokter anda untuk melakukan kompres. Kapan melakukan kompres dengan air hangat ini?

Saat anda merasakan bayi sudah turun di daerah panggul dan terasa akan keluar, segeralah kompres menggunkan air hangat karena hal ini bisa membantu mengurangi resiko vagina anda jadi robek. Kehangatan dari kompres ini juga bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah ke area perineum dan dapat membantu mengendurkan otot Miss V anda. Selain itu tindakan kompres dengan air hangat ini bisa mengurangi rasa sakit yang akan anda alami.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan saat proses melahirkan agar vagina tidak robek. Sebenarnya informasi ini sangat baik juga diketahui oleh para pria atau suami anda. Agar suami mengetahui betapa beratnya seorang istri saat melahirkan, jadi tidak seenaknya saja saat membuatnya.

Juga agar tahu kemungkinan yang terjadi pada anda pasca melahirkan, yaitu terjadi perubahan pada Miss V anda yang tidak akan sama seperti sebelum melahirkan. Hal ini sangat penting, karena pria kerapkali merasakan perbedaan sensasi vagina sebelum dan setelah melahirkan. Biasanya setelah melahirkan Miss V tidak terasa serapat sebelum melahirkan.

Karena itu sarankanlah suami anda untuk membaca ini, agar nanti setelah melahirkan dapat membantu mencarikan solusi terbaik agar Miss V anda kembali kencang dan rapat lagi. Sehingga kenikmatan hubungan seksual nantinya akan tetap terjalin dengan baik dan sama-sama bisa saling menikmati.

Baca Juga:

pelanggan testimoni produkwish dr boyke

Langganan Artikel Via Email Tips Dr Boyke

Daftarkan Email Anda Untuk Mendapatkan Tips Kesehatan Terbaru dan Terupdate Secara Gratis Dari Wish Dr Boyke

  • Haid sebulan 2x pertanda apa? Apakah itu pertanda hamil dan berbahayakah menstruasi sebulan 2 kali? Pertanyaan seperti pasti akan datang ketika seorang wanita mendapatkan haid yang tidak seperti biasanya yaitu haid 1 bulan... more
  • Tips cara mengecilkan perut buncit yang akan kami bahas ini bisa dilakukan oleh pria maupun wanita yang sedang mengalami kelebihan berat badan atau kegendutan (obesitas). Sebenarnya banyak sekali cara mengecilkan perut... more
  • Kulit berminyak berjerawat merupakan jenis kulit yang sensitif. Mengapa sensitif karena jenis kulit ini membutuhkan perawatan kulit berminyak berjerawat yang sangat ketat. Anda harus mengetahui langkah-langkah merawat kulit... more
  • Merapatkan Miss V tanpa obat memang menjadi idaman para wanita, karena Miss V yang longgar tentu akan membuat seorang wanita tidak nyaman saat berhubungan intim. Lalu bagaimana cara merapatkan vagina tanpa obat, melainkan... more
  • Cantik dan tertata rapih, itulah rambut yang didambakan setiap orang, terlebih pada kaum wanita. Bagi wanita sendiri rambut itu merupakan asset penting yang adalah mahkota berharganya. Rambut yang indah itu menandakan bahwa... more
Best Seller
Rp 200.000
Best Seller
Rp 230.000
Best Seller
Rp 200.000
Limited
Rp 320.000
Best Seller
Rp 160.000
Limited
Rp 170.000

Hubungi Kami

0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
0857-7368-6069

Rekening Bank

2450620672 a/n Novi Tuimtihanah
1630001826174 a/n Novi Tuimtihanah
385401012177536 a/n Novi Tuimtihanah

Cara Pemesanan

Cara Pemesanan Produk Wish dr Boyke & Co

Temukan Kami di

Cara Order Produk Wish Dr Boyke & Co