Open Jam 08.00 s/d 16.00. Sabtu - Minggu Libur
0857-7368-6069
0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid Agar Cepat Hamil

Ditulis Oleh Wish Dr Boyke produk wish produk asli dan resmi dr boyke dian nugraha

Mencari informasi mengenai kapan masa subur wanita setelah haid agar cepat hamil memang penting untuk diketahui terutama bagi Anda yang kini tengah mendambakan momongan. Salah satu cara untuk menghitung masa haid atau menstruasi adalah dengan memiliki catatan periode haid.

Hal ini untuk melihat siklus menstruasi Anda dan mengetahui kapan masa subur dan masa tidak subur. Ketika Anda mengetahui kapan masa subur wanita, maka peluang untuk cepat hamil lebih besar.

Mengenai Siklus Haid atau Menstruasi Pada Masa Kesuburan

Siklus Haid atau Menstruasi Pada Masa Kesuburan

Apa itu siklus haid?

Siklus haid adalah rentang hari pertama sejak wanita mengalami menstruasi sampai hari yang pertama menstruasi di waktu berikutnya. Wanita memiliki siklus haid yang berbeda-beda, namun siklus haid normal terjadi antara 21-35 hari. Meski kebanyakan wanita mempunyai rata-rata siklus haid sekitar 28 hari.

Hari kesatu pada siklus haid merupakan hari pertama terjadinya menstruasi. Diantara siklus haid ini terdapat masa subur wanita dan jika sel telur bertemu dengan sel sperma ketika masa subur seperti ini maka kesempatan cepat hamil semakin besar. Itulah sebabnya penting mengetahui cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil.

Kalau ternyata pembuahan tersebut tidak terjadi maka sel telur pun akan luruh dan keluar dari miss V (vagina) wanita dalam bentuk darah. Inilah yang dinamakan menstruasi atau dikenal juga dengan sebutan datang bulan. Wanita pada umumnya akan mengalami menstruasi satu bulan sekali karena melepaskan sel telur. Meski ada juga beberapa kasus tertentu yang membuat wanita mempunyai siklus haid lebih panjang dari normal.

Kapan Sebenarnya Masa Subur Wanita Terjadi?

Kapan Sebenarnya Masa Subur Wanita Terjadi

Masa subur wanita berapa hari setelah haid? Masa haid dimulai saat hari pertama dinding rahim wanita meluruh dan keluar dari miss V bersama darah. Pada saat haid maka sel telur ini akan berkembang di dalam perut yaitu bagian ovarium. Ovulasi terjadi ketika sel telur sudah matang lalu dilepaskan oleh ovarium tersebut. Biasanya ovulasi ini terjadi kurang lebih sekitar 12-14 hari sebelum hari yang pertama haid berikutnya.

Sebagai catatan, hari ovulasi terjadi bergantung pada masing-masing siklus haid wanita. Sebagai contoh, kalau ternyata siklus haid Anda hanya sekitar 21 hari, maka masa subur bisa ada hanya dalam waktu beberapa hari saja setelah Anda selesai haid. Intinya waktu ovulasi tiap wanita berbeda-beda dan makanya penting untuk Anda mengetahui kapan masa subur wanita setelah haid agar cepat hamil yaitu dari ovulasi ini.

Lalu kapankah masa subur wanita setelah haid supaya Anda bisa hamil cepat?

Masa subur wanita terjadi di sekitar periode ovulasi, kira-kira 5 hari sebelum terjadinya proses ovulasi. Pada umumnya masa kesuburan wanita berkisar 12-16 hari sebelum haid berikutnya datang. Jika dilihat dari rata-rata masa subur tersebut maka kebanyakan wanita mengalami masa kesuburan antara hari ke 10-17 setelah hari pertama haid yang terakhir. Tapi hal ini berlaku pada wanita yang memiliki siklus menstruasi normal yaitu sebanyak 28 hari.

Bagaimana kalau siklus haid Anda berbeda?

Jangan khawatir!

Karena Anda tetap bisa menghitung kapan masa subur Anda melalui kalkulator masa subur wanita yang akan kita bahas di bawah nanti. Sayangnya banyak hal yang bisa membingungkan dan membuat salah perhitungan. Hal ini karena siklus haid wanita bisa berubah-ubah dan tidak selalu konsisten. Siklus haid dapat berubah dari waktu ke waktu namun biasanya berlangsung sekitar 2-7 hari.

Dengan kondisi tubuh seperti ini, maka masa ovulasi pun sewaktu-waktu dapat berubah-ubah, misalnya jadi lebih cepat atau lebih lambat dibandingkan dengan sebelumnya.

Selain itu, perlu diingat bahwa meski menghitung masa subur wanita setelah haid agar cepat hamil lewat proses ovulasi memang penting. Tapi faktor lain agar seseorang cepat hamil juga perlu diperhatikan, yaitu bisakah sel sperma menjangkau sel telur pada masa subur ini.

Sel telur yang sudah matang ini haruslah dibuahi hanya dalam waktu 12-24 jam. Itulah sebabnya penting pula bagi suami untuk memiliki kualitas sperma yang baik.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid Agar Cepat Hamil

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid Agar Cepat Hamil Secara Alami

Ada beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan untuk menghitung masa subur wanita setelah haid agar cepat hamil. Yang pasti adalah Anda sebaiknya menandai kalender untuk melihat setiap tanggal kapan Anda menstruasi tiap waktunya. Selain itu lakukan beberapa langkah berikut ini:

  1. Mengetahui panjang siklus haid

Supaya bisa menghitung masa subur, tandailah tanggal Anda mengalami siklus menstruasi tiap bulannya. Jangan lupa hitung juga berapa lama hal tersebut berlangsung. Panjang siklus haid terjadi dari hari ke-1 atau hari pertama Anda mengalami haid sampai hari terakhir yaitu hari sebelum masa menstruasi berikutnya datang.

Karena siklus haid bisa sedikit berubah-ubah tiap bulannya, Anda sebaiknya menghitung selama beberapa bulan untuk tahu rata-rata siklus haid Anda. Misalnya saja coba hitunglah siklus haid Anda selama 8 bulan atau lebih.

  1. Memperkirakan masa subur

Cara memperkirakan masa subur wanita setelah haid agar cepat hamil dilakukan dengan mencari siklus terpendek dan siklus terpanjang menstruasi Anda tiap bulannya. Kemudian lakukan 2 langkah perhitungan ini:

  • Setelah mengetahui kapan siklus pendek terjadi, kurangi angka tersebut dengan 18. Sebagai contoh, kalau siklus terpendek menstruasi Anda adalah 27 hari – 18 hari = 9. Maka angka ini merupakan hari pertama masa subur Anda. Dengan kata lain hari pertama masa subur Anda adalah hari ke-9 setelah hari pertama datang bulan.
  • Setelah mengetahui kapan siklus panjang terjadi, kurangi angka tersebut dengan 11. Sebagai contoh, kalau siklus terpanjang menstruasi Anda adalah 30 hari – 11 hari = 19. Maka angka ini merupakan hari terakhir masa subur Anda. Dengan kata lain hari terakhir masa subur Anda adalah hari ke-18 setelah hari pertama datang bulan.

Setelah Anda bisa menghitung dan mengira-ngira masa subur wanita setelah haid agar cepat hamil, sebaiknya Anda berhubungan intim dengan suami antara tanggal-tanggal tersebut.

Dalam contoh ini yaitu antara hari ke-9 sampai hari ke-19. Hari-hari ini adalah kesempatan terbaik Anda bisa cepat hamil dan tiap-tiap individu bisa berbeda tergantung kalkulator masa kesuburan Anda.

Ciri Masa Subur Wanita Lewat Tanda-tanda Fisik

Ciri Masa Subur Wanita Lewat Tanda-tanda Fisik

Ciri-ciri masa subur wanita setelah haid agar cepat hamil dapat diketahui melalui tanda-tanda fisik. Ini bisa jadi alternatif kalau Anda masih merasa kesulitan menghitung dengan angka di atas. Berikut ini tanda-tanda di dalam tubuh sedang terjadi ovulasi:

  1. Suhu basal tubuh meningkat: Suhu basal adalah suhu tubuh ketika bangun di pagi hari. Jika suhu tubuh Anda naik di atas angka normal 35,5-36.6 derajat Celsius maka kemungkinan tubuh sedang ovulasi.
  2. Lendir di mulut rahim: Lendir yang keluar dari mulut rahim bisa jadi pertanda masa kesuburan karena adanya perubahan kadar hormon estrogen. Saat masa subur biasanya lendir akan berwarna bening, elastis, licin seperti putih telur mentah.
  3. Lebih bergairah dan terasa nyeri: Sebagian wanita mungkin akan merasakan perasaan lebih bergairah ketika sedang berada pada masa subur mereka. Selain itu, beberapa wanita juga sering merasakan nyeri di bagian perut atau punggung selama masa subur.
  4. Lendir yang biasanya keluar dari dalam rahim bisa dijadikan parameter masa subur wanita.
    Caranya, raba area Miss V menggunakan ujung telunjuk jari dan ibu jari (yakinkan kondisi jari anda bersih agar tidak terjadi infeksi). Kemudian ambil lendir yang ada dalam vagina.
    Pada masa subur, lendir yang keluar dari Miss V berbentuk cair bening seperti putih telur. Lalu cek keelastisannya dengan cara menjauhkan telunjuk jari dari ibu jari.
    Apabila lendir tidak putus, artinya anda sedang dalam masa subur. Lebih jelasnya silahkan lihat gambar diatas.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lihat saat ingin mengetahui kapan masa subur wanita setelah haid agar cepat hamil terjadi. Selain dengan mengetahui masa subur agar cepat hamil, disarankan juga menjaga pola hidup sehat, agar tujuan yang dinginkan yaitu kehamilan, bisa terwujud dengan cepat.

Baca Juga:

pelanggan testimoni produkwish dr boyke

Langganan Artikel Via Email Tips Dr Boyke

Daftarkan Email Anda Untuk Mendapatkan Tips Kesehatan Terbaru dan Terupdate Secara Gratis Dari Wish Dr Boyke

  • Apa anda merasa sulit bergairah untuk melayani pasangan? Jika ya, mungkin anda membutuhkan makanan penambah libido pria dan wanita. Dalam dunia kedokteran, dikenal istilah Afrodisiak yakni bahan yang dapat meningkatkan... more
  • Manfaat buah naga untuk ibu hamil memang sudah terbukti keampuhannya. Pada awalnya buah naga merupakan tumbuhan yang diduga berasal dari Amerika. Tetapi ternyata buah naga ini sudah dikenal oleh masyarakat Asia sejak zaman... more
  • Mengapa Butuh Essence Untuk Perawatan Wajah Terbaik? 10 Tahun yang lalu ketika Anda masih berusia 20an tahun mungkin perawatan wajah Anda sangat simple dan praktis. Namun bagaimana 10 tahun kemudian? Masihkah Anda melakukan... more
  • Ereksi yang tahan lama merupakan impian setiap pria. Karena hal tersebut juga merupakan lambang keperkasaan seorang pria. Namun sayangnya tidak semua pria bisa mendapatkan ereksi yang tahan lama seperti yang mereka harapkan.... more
  • Keberadaan bekas luka sayatan memang terasa mengganggu. Sejatinya bekas luka ini akan memudar seiring waktu. Secara perlahan, sel rusak akan mati dan digantikan dengan sel kulit baru. Namun ada banyak orang yang tidak sabar... more
Best Seller
Rp 200.000
Best Seller
Rp 230.000
Best Seller
Rp 200.000
Limited
Rp 320.000
Best Seller
Rp 160.000
Limited
Rp 170.000

Hubungi Kami

0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
0857-7368-6069

Rekening Bank

2450620672 a/n Novi Tuimtihanah
1630001826174 a/n Novi Tuimtihanah
385401012177536 a/n Novi Tuimtihanah

Cara Pemesanan

Cara Pemesanan Produk Wish dr Boyke & Co

Temukan Kami di

Cara Order Produk Wish Dr Boyke & Co