Open Jam 08.00 s/d 16.00. Sabtu - Minggu Libur
0857-7368-6069
0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Colchicine Obat Apa

Ditulis Oleh Wish Dr Boyke produk wish produk asli dan resmi dr boyke dian nugraha

Colchicine adalah obat untuk mengurangi pembengkakan dan penumpukan kristal asam urat yang mengakibatkan nyeri pada bagian sendi. Selain itu, colchicine memiliki keguanaan untuk mencegah rasa nyeri pada perut, dada, dan bagian sendi yang disebabkan oleh penyakit tertentu yang diwariskan atau Mediterania familial.

Penyakit asam urat sering terjadi pada orang dewasa hingga lanjut usia. Penyakit asam urat ini sering menyerang bagian anggota tubuh, umumnya seperti dibagian jempol kaki, lutut, dan pergelangan kaki. Penyakit asam urat disebabkan oleh kadar asam urat didalam darah terlalu tinggi sehingga membentuk kristal keras pada bagian persendian yang mengakibatkan nyeri pada sendi.

Colchicine bertugas mengurangi jumlah sel darah putih yang bergerak menuju ke area peradangan sehingga membantu mengurangi peradangan sendi, pembengkakan, dan rasa nyeri pada bagian sendi.

Colchicine sebenarnya bukan sebagai obat penghilang rasa sakit atau digunakan untuk meringankan penyebab nyeri yang disebabkan oleh jenis penyakit lainnya. Jadi disarankan sebaiknya, konsultasikan pada Dokter jika mengalami gangguan penyakit asam urat atau gangguan nyeri sendi.

Cara Penggunaan Colchicine

Dosis obat Colchicine

Ada baiknya sebelum mengkonsumsi obat colchicine, tanyakan pada Dokter atau apoteker terdekat. Ikutilah anjuran dari Dokter dan baca panduan yang tertera pada kemasan. Usahakan juga bertanya lebih detail ke pelayan apotik, mengenai obat tersebut. Untuk harga colchine recolfar 0,5mg perstrip isi 10 tablet di wilayah jakarta umumnya dijual sekitar mulai dari Rp. 60.000,- (tiap-tiap apotik akan berbeda harga).

Colchicine adalah jenis obat yang dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan, sangat dianjurkan mengkonsumi obat Colchicine sesuai petunjuk dari Dokter. Dosis yang dianjurkan sangat beragam sesuai yang di arahkan oleh Dokter. Perhatian, meminum obat Colchicine melebihi dosis yang dianjurkan oleh Dokter dapat meningkatkan risiko efek samping pada tubuh.

Dosis Penggunaan Obat Colchicine

Efek samping obat Colchicine

Obat Colchicine digunakan untuk mengobati penyakit asam urat. Ikuti petunjuk pemakaian Colchicine dari Dokter, obat Colchicine bekerja saat mengkonsumsinya sejak awal gejala asam urat menyerang.

Saat gejala asam urat menyerang, segera konsumsi obat Colchicine untuk membantu meredakan rasa nyeri. Jika menunggu lama pengobatan, maka semakin tidak efektif. Jika serangan asam urat masih terasa, perlu mengkonsumsi Colchicine kedua dengan dosis yang lebih rendah dari dosis yang sebelumya. Ada baiknya, mengkonsumsi dosis kedua obat Colchicine minimal setelah satu jam dari dosis awal.

Perhatikan, jangan mencoba menambah dosis Colchicine atau terlalu sering mengkonsumsi obat Colchicine. Disamping berfungsi untuk meredakan rasa nyeri pada sendi, obat ini pun memiliki efek samping yang serius. Sangat dianjurkan untuk mengikuti anjuran dan instruksi dari Dokter.

Mengkonsumsi Colchicine yang terlalu sering dan dalam jangka waktu yang lama sebaiknya diikuti oleh pemeriksan kesehatan secara berkala. Dengan begitu, Dokter dapat memantau kondisi kesehatan tubuh anda.

Untuk memaksimalkan pengobatan penyakit asam urat, harus didukung juga dengan cara pola makan yang sehat. Hindari jenis makanan yang dapat meningkatkan asam urat, seperti hati ayam dan sarden.

Dianjurkan obat Colchicine disimpan pada suhu ruangan dan jauhkan dari paparan sinar matahari, serta jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Efek Samping Mengkonsumsi Obat Colchicine

Manfaat obat Colchicine

Colchicine tentunya memiliki efek samping bagi para pengkonsumsinya. Di anjurkan segera meminta bantuan tim medis jika mengalami tanda-tanda reaksi seperti gatal-gatal, mengalami susah bernafas, pembengkakan wajah, pembengkakan bibir, pembengkakan lidah, atau pembengkakan tenggorokan.

Segera bawa ke Dokter jika mengalami gejala efek samping yang serius, seperti nyeri otot atau lemas, kesemutan pada bagian jari tangan atau bagian jari kaki, pada bagian bibir, lidah dan telapak tangan berubah pucat, mengalami muntah atau diare, pendarahan, demam menggigil, merasa nyeri, buang air kecil disertai darah, bahkan urin yang dikeluarkan lebih dari sedikit atau tidak sama sekali keluar.

Adapun efek samping yang tidak terlalu serius seperti, mual ringan, sakit perut, dan diare ringan. Sangat dianjurkan menghubungi Dokter jika memiliki kecemasan tertentu mengenai efek samping mengkonsumsi obat Colchicine.

Peringatan Obat Colchicine

fungsi obat Colchicine

Belum ada studi yang menjelaskan hubungan antara usia terhadap efek samping mengkosumsi Colchicine pada anak usia dini. Namun, obat Colchicine tidak dianjurkan untuk anak usia rentang 16 tahun atau anak yang mengidap familia mediterranean fever.

Belum ada juga studi yang menjelaskan risiko mengkonsumsi obat Colchicine terhadap pasien lanjut usia. Pasien lanjut usia memiliki risiko tinggi terhadap masalah ginjal dan bagian hati. Pasien lanjut usia akan lebih sensitif terhadap obat Colchicine, sebab dapat mengakibatkan  nyeri, lemah otot, dan mati rasa pada bagian jari tangan dan bagian jari kaki. Sangat diperlukan tingkat kewaspadaan yang tinggi untuk pasien yang mengkonsumi obat Colchicine.

Catatan penting lainnya, jangan asal gunakan saja obat Colchicine, terlebih pada ibu hamil atau sedang menyusui. Belum ada hasil penelitian yang menjelaskan risiko mengkonsumsi obat Colchicine pada ibu hamil atau sedang menyusui. Sebaiknya selalu konsultasikan pada Dokter sebagai pertimbangan apakah manfaat dan efek samping jika mengkonsumsi obat Colchicine pada Ibu hamil atau sedang menyusui.

Sebagai informasi, menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika atau BPOM, obat Colchicine termasuk dalam kategori C bagi kehamilan. Sebagai referensi, berikut daftar kategori risiko kehamilan menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika :

  • Kategori A, memiliki arti tidak berisiko.
  • Kategori B, memiliki arti tidak berisiko pada beberapa penelitian.
  • Kategori C, memiliki arti mungkin berisiko.
  • Kategori D, memiliki arti ada bukti positif dari berisiko.
  • Kategori X, memiliki arti kontradiksi.
  • Kategori N, memiliki arti tidak diketahui.

Hindari konsumsi minuman alkohol saat sedang mengkonsumsi obat colchicine, sebab dapat menurunkan efektivitas obat Colchicine.

Interaksi Obat Colchine

Harga obat Colchicine

Colchicine merupakan jenis obat yang dapat berinteraksi dengan jenis obat lainnya. Ada beberapa jenis obat yang tidak dianjurkan dikonsumsi bersamaan dengan obat lain, namun ada beberapa jenis obat yang bisa dikonsumsi secara bersamaan.

Sebaiknya konsultasikan dengan Dokter jika sedang mengkonsumsi obat lain, obat yang dijual bebas diluar sana ataupun obat resep dari Dokter.

Selain berinteraksi dengan jenis obat lain, terdapat beberapa obat yang dikonsumsi dengan makanan tertentu, sebab bisa saja interaksi obat dengan makanan terjadi. Mintalah saran dari Dokter tentang penggunaan obat Colchicine dan jenis makanan apa saja yang perlu dihindari saat megkonsumsi obat Colchicine.

Lebih lanjut, penggunaan obat Colchicine tentu harus diperhatikan.Apabila memiliki gangguan kesehatan lain seperti gangguan usus, maag, kelainan darah, gangguan otot dan saraf, penyakit ginjal, serta memiliki gangguan pada hati sebaiknya tidak dianjurkan mengkonsumsi obat Colchicine. Jangan ragu untuk meminta saran dari Dokter demi kesembuhan gangguan kesehatan tubuh anda.

Overdosis

Perlu diingatkan, Colchicine merupakan jenis obat yang dapat menyebabkan overdosis. Tanda-tanda overdosis diantaranya, sakit perut, mual dan muntah, diare, pendaharan yang tidak biasanya, gejala sakit tenggorokan, demam yang menggigil, tanda-tanda infeksi, mengalami kepucatan pada bagian bibir, lidah, dan telapak tangan, kesulitan bernafas, dan paling bahaya adalah kerja jantung melambat atau berhenti. Jika mendapat gejala yang seperti yang di uraikan tersebut, hubungi segera layanan kesehatan terdekat dari rumah anda.

Lalu, bagaimana cara menanggulanginya?

Catatan, apabila melewatkan satu dosis, segera minum air putih. Apabila sudah dekat dengan waktu dosis berikutnya sebaiknya lupakan dosis yang telah terlewatkan itu. Kembali ke jadwal dosis seperti awal semula.

 Baca Juga:

pelanggan testimoni produkwish dr boyke

Tag:

manfaat obat Colchicine

Langganan Artikel Via Email Tips Dr Boyke

Daftarkan Email Anda Untuk Mendapatkan Tips Kesehatan Terbaru dan Terupdate Secara Gratis Dari Wish Dr Boyke

New
Pro Acne Herbal Wish Dr Boyke

7%

Rp 140.000 150.000
New
Femmislim Dr Boyke Wish Herbal

20%

Rp 200.000 250.000
Best Seller
PROLQ Dr Boyke Produk Wish Kapsul Herbal Pria Dewasa

9%

Rp 200.000 220.000
Best Seller
Femi Herbs Dokter Boyke Wish Herbal Care

2%

Rp 230.000 235.000
Best Seller
Rp 200.000
Limited
Menoherbs Wish Dr Boyke Atasi Menopause

4%

Rp 320.000 335.000

Hubungi Kami

0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
0857-7368-6069

Rekening Bank

2450620672 a/n Novi Tuimtihanah
1630001826174 a/n Novi Tuimtihanah
385401012177536 a/n Novi Tuimtihanah

Cara Pemesanan

Cara Pemesanan Produk Wish dr Boyke & Co

Temukan Kami di

Cara Order Produk Wish Dr Boyke & Co