Open Jam 08.00 s/d 16.00. Sabtu - Minggu Libur
0857-7368-6069
0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Faktor Penyebab Berat Badan Turun Saat Hamil

Ditulis Oleh Wish Dr Boyke produk wish produk asli dan resmi dr boyke dian nugraha

Berat badan turun saat hamil bahayakah dan sampai kapan hal tersebut terjadi? Pada masa kehamilan seharusnya tubuh akan mengalami kenaikan berat badan. Hal ini dikarenakan adanya pertumbuhan janin didalam perut. Tetapi terkadang ada beberapa kasus pada ibu hamil yang mengalami penurunan berat badan.

Banyak ibu hamil yang mengalami berat badan turun saat hamil, terutama pada trimester pertama. Pada trimester pertama ibu hamil akan mengalami muntah-muntah (morning sickness). Inilah yang membuat berat badan menurun. Jika berat badan menurun anda harus segera mengatasinya. Jika dibiarkan saja, akan menyebabkan hal lain yang lebih berbahaya. Berikut ini beberapa faktor yang bisa menjadi alasan kenapa berat badan turun pada saat hamil.

Penyebab Berat Badan Menurun Saat Kehamilan

Penyebab Berat Badan Turun Saat Hamil Pada Wanita

Berat badan menurun saat hamil sebenarnya tidak hanya terjadi saat hamil muda maupun tua, terkadang kondisi ini bisa juga terjadi saat usia kehamilan 4 bulan, 6 bulan, 8 bulan dan 9 bulan. Lalu apa penyebab berat badan menurun saat hamil, berikut ini adalah penyebabnya.

Morning Sickness

Salah satu faktor utama yang menyebabkan berat badan menurun pada saat hamil adalah morning sickness. Morning sickness merupakan gejala yang sering terjadi pada ibu hamil muda. Terutama ketika memasuki trimester pertama.

Morning sickness merupakan hal yang normal, kondisi ini terjadi karena adanya perubahan hormon didalam tubuh. Ketika morning sickness terjadi ibu hamil akan mengalami mual-mual, muntah dan bahkan tidak nafsu makan. Inilah yang menyebabkan berat badan turun drastis.

Meskipun saat morning sickness, bunda sering kehilangan nafsu makan. Tetapi anda harus tetap paksakan banyak konsumsi makanan dan sayuran yang bergizi. Hal ini digunakan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi sang janin bayinya. Pada masa trimester pertama, janin membutuhkan nutrisi yang banyak sebagai tumbuh kembangnya.

Gaya Hidup Tidak Sehat

Gaya hidup yang tidak sehat juga bisa mempengaruhi berat badan ibu hamil muda, trimester kedua maupun saat hamil tua. Konsumsi alkohol dan obat-obatan sangat berbahaya bagi ibu hamil. Tak hanya menyebabkan berat badan turun saat hamil. Tetapi juga bisa menyebabkan komplikasi lain yang lebih berbahaya.

Seperti kelahiran prematur, terjadi keguguran, bayi lahir cacat dan masih banyak lainnya. Selain alkohol dan obat-obatan, rokok juga sangat dilarang untuk ibu hamil. Buat anda yang biasa konsumsi hal tersebut, segeralah untuk berhenti. Supaya perkembangan janin anda tetap terjaga sehat. Karena jika berat badan semakin menurun, akan menyebabkan gangguan pada janin anda.

berat badan turun saat hamil trimester pertama berat badan turun saat hamil muda

Depresi atau Stress

Pada saat masa kehamilan, banyak wanita yang mengalami depresi. Hal ini dikarenakan perubahan hormon pada saat hamil. Jadi jika tidak bisa mengatasinya bisa menyebabkan berat badan turun saat hamil. Beberapa ciri ibu hamil yang depresi adalah jadi tidak bisa makan dengan baik atau menghindari makanan tertentu.

Mudah marah, jadi pemikir dan sensitiv dengan berbagai hal. Jika anda mengalami depresi tetapi tidak mengetahui alasannya. Segeralah melakukan konsultasi kepada dokter. Supaya segera bisa diatasi dan supaya berat badan anda tidak semakin menurun. Jika semakin menurun akan mempengaruhi perkembangan janin yang ada dalam perut anda.

Kemudian berikan juga pengertian kepada suami anda, bahwa anda sangat butuh suasana yang nyaman agar terhindar dari beban pikiran, stress atau depresi. Sebab banyak pria tidak memahami, kenapa istrinya tiba-tiba sering sensitif saat sedang hamil.

Gangguan Pencernaan

Faktor yang menyebabkan berat badan turun saat hamil selanjutnya adalah gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan sangatlah banyak sekali, perubahan hormon didalam tubuh juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

Sehingga kalori yang masuk tidak dapat dicerna dengan baik, selain itu ada penyakit crohn. Penyakit ini akan menyerang bagian sistem pencernaan dan menjadi sebuah radang. Sehingga usus tidak bisa mencerna makanan dengan baik. Jika hal ini terjadi pada anda, segeralah melakukan pemeriksaan di dokter kandungan atau bidan.

Itulah beberapa faktor yang menyebabkab berat badan turun saat hamil. Jika anda sudah tahu penyebabnya, segeralah melakukan konsultasi ke dokter. Supaya bisa segera diatasi masalah yang anda hadapi.

Harap selalu bunda ingat, berat badan yang semakin menurun akan menyebabkan hal lain yang berbahaya. Seperti keeguguran, bayi lahir cacat, rasa sakit pada saat kehamilan dan masih banyak lainnya. Tentunya anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi. Jadi jangan pernah sepelekan keadaan berat badan menurun saat hamil.

Baca Juga :

pelanggan testimoni produkwish dr boyke

Tag:

BERAT BADAN TRIMESTER PERTAMA IBU HAMIL MENURUN

Langganan Artikel Via Email Tips Dr Boyke

Daftarkan Email Anda Untuk Mendapatkan Tips Kesehatan Terbaru dan Terupdate Secara Gratis Dari Wish Dr Boyke

  • Hubungan intim suami istri tahan lama diharapkan dapat memberikan inspirasi baru untuk pasangan yang siap melakukannya, karena hubungan seksual ini harus dilakukan pada pagi hari. Banyak yang belum tahu kelebihan melakukan... more
  • Ingin memiliki tubuh langsing seperti artis Korea? Yuk simak rahasia langsing artis korea disini. Secara umum, negara Korea memang sangat terkenal akan dunia kpop yang sangat berpengaruh di seluruh dunia, termasuk di tanah... more
  • Ladies, memang bisa ya tampil lebih fresh dengan balutan sebuah hijab? Kenapa tidak! Apalagi sekarang ini sudah ada banyak sekali tutorial hijab yang telah dikreasikan semenarik mungkin untuk bisa menjadikan penampilan... more
  • Ambeien saat hamil apakah berbahaya dan bagaimana cara mengatasi ambeien? Ambeien atau wasir merupakan gejala adanya pelebaran pembuluh darah balik di anus. Biasanya ambeien dapat sembuh dengan sendirinya selama 1-2 minggu.... more
  • Umumnya kebanyakan orang berpikir dan mengira yang terkenal memiliki libido tinggi adalah para pria saja. Namun hal itu ada tidak benarnya, karena memiliki nafsu yang tinggi juga bisa terjadi pada wanita. Para wanita dengan... more
New
Pro Acne Herbal Wish Dr Boyke

7%

Rp 140.000 150.000
New
Femmislim Dr Boyke Wish Herbal

20%

Rp 200.000 250.000
Best Seller
PROLQ Dr Boyke Produk Wish Kapsul Herbal Pria Dewasa

9%

Rp 200.000 220.000
Best Seller
Femi Herbs Dokter Boyke Wish Herbal Care

2%

Rp 230.000 235.000
Best Seller
Rp 200.000
Limited
Menoherbs Wish Dr Boyke Atasi Menopause

4%

Rp 320.000 335.000

Hubungi Kami

0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
0857-7368-6069

Rekening Bank

2450620672 a/n Novi Tuimtihanah
1630001826174 a/n Novi Tuimtihanah
385401012177536 a/n Novi Tuimtihanah

Cara Pemesanan

Cara Pemesanan Produk Wish dr Boyke & Co

Temukan Kami di

Cara Order Produk Wish Dr Boyke & Co