Open Jam 08.00 s/d 16.00. Sabtu - Minggu Libur
0857-7368-6069
0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Hukum Wanita Haid Masuk Masjid Untuk Menghadiri Majelis Ilmu

Ditulis Oleh Wish Dr Boyke produk wish produk asli dan resmi dr boyke dian nugraha

Banyak wanita yang sedang haid merasa bingung mengenai boleh tidaknya masuk ke masjid. Misalnya, masuk ke masjid bukan untuk shalat tetapi untuk mengikuti pengajian atau majelis ilmu. Apalagi kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan setiap minggunya. Bila masuk ke masjid, takut darahnya mengotori lantai. Karena darah haid termasuk najis. Sebenarnya bagaimana menurut pandangan islam mengenai hal tersebut?

Apa hukum wanita haid masuk masjid?

Kita akan membahasnya lebih lengkap dibawah ini.

Hukum Wanita Haid Masuk Masjid Menurut Para Ulama

Hukum Wanita Haid Masuk Masjid Menurut Para Ulama

Masalah boleh tidaknya wanita haid masuk masjid memang selalu menjadi perdebatan. Hampir sama dengan boleh tidaknya memotong kuku atau membaca al quran saat haid, yang sudah pernah dibahas sebelumnya.

Ada beberapa ulama yang memperbolehkan dan ada pula yang melarangnya. Buat mereka yang melarang wanita masuk masjid, berpedoman pada hadist riwayat Bukhari (974) dan Muslim (890), dari Ummu ‘Athiyah beliau berkata:

“Nabi SAW memerintahkan kepada kami untuk keluar rumah pada dua hari raya, termasuk remaja putri dan gadis pingitan, dan beliau memerintahkan wanita yang haid untuk menjauhi tempat shalat.”.

Tetapi pendapat tersebut juga dibantah oleh ulama lainnya. hal ini dikarenakan dalil yang melarang wanita haid ke masjid kedudukannya masih lemah atau dhaif. Sehingga tidak bisa dipercaya sepenuhnya.

Pendapat ini diungkapkan oleh Baihaqi, Imam Bukhari, Imam Nawawi, Ibnu Al Qayyim, Al Muzni, Ibnu Hazm, Muhammad bin Musallamah, Ibnu Al Mundzie dan lainnya. Pendapat inilah yang membuat perdebatan di masyarakat. Karena ada yang menentangnya dan memperbolehkan.

Dalam kitab Al-Majmu yang ditulis oleh Imam Nawawi, mengatakan bahwa dalil mazhab yang paling baik, karena hukum asalnya tidak ada pengharaman dan pendapat yang mengharamkan tidak memiliki dalil yang tegas dan sahih mengenai larangan tersebut. Semua dalil yang digunakan adalah dalil lemah.

Hadist Yang Memperbolehkan Wanita Haid Masuk Masjid

Jadi Apakah Wanita Haid Boleh Masuk Masjid

Menurut Hadits shahih muslim, menyebutkan bahwa Rasulullah saw berkata pada Aisyah

“Berikan padaku sajadah kecil di masjid, “lalu Aisyah berkata“ saya sedang haid,” kemudian Rasulullah saw bersabda “Sesungguhnya haidmu itu bukan karena sebabmu”.

Dari penjelasan tersebut bisa disimpulkan bahwa tidak ada larangan wanita untuk memasuki masjid saat haid. Asalkan tidak mengotori masjid dengan darah haidnya. Tentunya ini bisa menjelaskan mengenai hukum wanita haid masuk masjid.

Penjelasan tersebut semakin dikuatkan dengan banyak kisah Nabi Muhammad saw mengenai wanita haid. Salah satunya tentang adanya seorang wanita berkulit hitam yang berada di masjid. Tidak ada keterangan yang menjelaskan bahwa Nabi memerintahkan wanita tersebut meninggalkan masjid bila masa haidnya tiba. Rasulullah SAW tetap mengijinkan wanita tersebut berada di dalam masjid.

Selain itu saat melakukan ibadah haji, Aisyah sedang haid. Rasulullah SAW memerintahkan aisyah untuk melakukan kegiatan apapun, seperti yang dilakukan oleh jamaah haji kecuali tawaf di kabah. Dari penjelasan tersebut sudah dipastikan bahwa Rasulullah SAW tidak melarang aisyah untuk masuk masjid, hanya melarang aisyah untuk tawaf di kabah. Riwayat ini dijelaskan dalam Shahih Bukhari.

Larangan Masuk Masjid Menurut Al-Quran

Hadist Yang Memperbolehkan Wanita Haid Masuk Masjid

Untuk pendapat yang melarang masuk masjid, juga dijelaskan di ayat lainnya. Misalnya di bagian QS An Nisa ayat 43 Allah SWT berfirman:

وَلَا جُنُبًا إِلَّا عَابِرِي سَبِيلٍ حَتَّى تَغْتَسِلُوا

“Dan (jangan pula menghampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, kecuali sekedar berlalu saja, sampai kamu mandi”.

Dari kedua pendapat tersebut tentunya membuat kita bingung, apakah wanita haid diijinkan untuk masuk ke masjid atau dilarang masuk ke masjid. Jika kita perhatikan lebih jelas, wanita diperbolehkan untuk masuk ke masjid asalkan tidak mengotorinya. Selain itu hanya melakukan kegiatan majelis lainnya.

Perkara ini memang hampir sama dengan larangan membaca al quran dan memotong kuku. Ada alasan dibalik semua perkara dan juga terdapat penjelasan dalil yang lebih shahih atau kuat. Ketika mencari jawaban atas suatu hal, kita tidak bisa mempercayai satu pendapat saja, harus melihat dari sisi lainnya.

Apalagi untuk perkara yang belum jelas dalilnya di Al Quran atau hadist. Kita harus melihat pendapat dari banyak ulama. Karena setiap tafsiran memiliki penjelasan yang berbeda-beda. Seperti perkara boleh atau tidak masuk masjid, yang memiliki pendapat yang banyak sekali.

Jadi Apakah Wanita Haid Boleh Masuk Masjid?

Jadi Apakah Wanita Sedang Haid Boleh Masuk Masjid

Ya boleh sekali… Dari penjelasan diatas sebenarnya kita bisa menyimpulkan bahwa wanita haid diperbolehkan untuk masuk masjid. Asalkan tidak mengotori lantai dengan darah dan untuk melakukan kegiatan majelis rutin. Berarti ada alasan yang jelas, seorang wanita haid masuk ke dalam masjid. Bukan untuk berdiam diri atau bermain-main di dalamnya.

Tetapi bila kondisi darah haid sedang deras dan kemungkinan bocor besar, lebih baik untuk menghindari masuk ke masjid. Hal ini dilakukan untuk menghindari tetesnya darah ke lantai masjid. Walaupun sekarang sudah ada pembalut haid, tetapi tetap bisa tembus bila kondisi darahnya banyak.

Buat wanita haid bisa tahu, apakah kondisinya memungkinkan untuk masuk masjid atau tidak. Misalnya kondisi haid sudah hampir selesai dan darah yang keluar tidak begitu banyak. Maka anda bisa masuk ke masjid tanpa takut darah mengotori lantai.

Tetapi bila kondisi tidak memungkinkan, lebih baik untuk tidak masuk ke masjid. Kehati-hatian sangatlah penting, melihat masjid menjadi salah satu tempat suci dan menjadi tempat ibadah semua muslim. Bila darah mengenai lantai bisa menjadi najis dan tempat tersebut tidak bisa digunakan untuk shalat. Harus dibersihkan terlebih dahulu dari najis.

Kesimpulan Hukum Wanita Haid Masuk Masjid Adalah Diperbolehkan

Hukum Wanita Haid Masuk Masjid Adalah Diperbolehkan

Asalkan memenuhi semua syarat yang diberikan. Seperti tidak mengotori masjid dengan darah atau melakukan ibadah yang dilarang bila wanita haid. Apalagi sampai saat ini tidak ada dalil yang menjelaskan perkara ini dengan pasti.

Pendapat yang melarang wanita masuk masjid saat haid, hanya menggunakan dalil yang masih belum jelas kekuatannya atau hadist dhaif. Apalagi ada banyak sekali riwayat yang menceritakan bahwa Rasulullah saw mengijinkan aisyah atau wanita muslim untuk masuk ke masjid dengan alasan tertentu.

Tentunya hal ini memperkuat alasan bahwa wanita diperbolehkan masuk ke masjid atau mushola. Bila anda rutin mengikuti majelis atau pengajian, tidak perlu ijin atau tidak ikut kegiatan tersebut. Tetaplah untuk ikut majelis, anda juga bisa duduk di luar masjid dekat pintu atai di teras masjid.

Bila takut darah akan mengotori lantai atau masih belum yakin dengan larangan tersebut. Dengan mengikuti majelis anda akan mendapatkan ilmu pengetahuan yang banyak sekali. Tentunya hal ini bisa memberikan banyak pahala pada anda.

Walaupun begitu, anda harus tetap berhati-hati. Anda juga bisa menghindarinya, bila tidak yakin dengan kondisi darah yang keluar. Di hari pertama atau kedua, biasanya jumlah darah banyak sekali. Demi kehati-hatian, lebih baik untuk menghindari datang ke masjid atau anda berada di luarnya saja. tetapi bila kondisi darah yang keluar sudah sedikit, anda bisa masuk ke masjid dan mengikuti majelis. Demikian infromasi yang bisa kami berikan tentang hukum wanita haid masuk masjid. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

pelanggan testimoni produkwish dr boyke

Langganan Artikel Via Email Tips Dr Boyke

Daftarkan Email Anda Untuk Mendapatkan Tips Kesehatan Terbaru dan Terupdate Secara Gratis Dari Wish Dr Boyke

  • Libido wanita dapat dirangsang dengan baik oleh para pria jika anda mengetahui jurus-jurusnya. Banyak wanita yang memang sulit untuk mencapai libido dengan sempurna. Hal ini misalnya saat di ajak berhubungan seksual namun... more
  • Haid terlalu cepat bisa terjadi kapan saja, meskipun haid sebelumnya lancar, namun dikarenakan suatu hal bisa memicu juga timbulnya haid datang lebih cepat. Masalah saat haid tentu dialami oleh sebagian wanita meski ada juga... more
  • Bau ketiak merupakan salah satu masalah yang cukup mengganggu. Selain kita sendiri yang merasa tidak nyaman, bau ketiak juga sangat mungkin mengganggu orang lain yang berada di sekitar kita. Sudah seharusnya kita mencari... more
  • Sebagian besar bahkan bisa dibilang setiap wanita dan pria ingin memiliki kulit khususnya kulit wajah yang bersih, mulus dan sehat. Akhirnya ada banyak langkah yang dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih, mulus... more
  • Perawatan wajah alami untuk kulit berminyak bukan hanya berfungsi untuk mengurangi produksi kelenjar minyak pada kulit akan tetapi juga melindungi kulit dari bahaya luar yang dapat masuk ke pori-pori kulit seperti debu dan... more
Best Seller
Rp 200.000
Best Seller
Rp 230.000
Best Seller
Rp 200.000
Limited
Rp 320.000
Best Seller
Rp 160.000
Limited
Rp 170.000

Hubungi Kami

0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
0857-7368-6069

Rekening Bank

2450620672 a/n Novi Tuimtihanah
1630001826174 a/n Novi Tuimtihanah
385401012177536 a/n Novi Tuimtihanah

Cara Pemesanan

Cara Pemesanan Produk Wish dr Boyke & Co

Temukan Kami di

Cara Order Produk Wish Dr Boyke & Co