Open Jam 08.00 s/d 16.00. Sabtu - Minggu Libur
0857-7368-6069
0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Kapan Haid Pertama Setelah Melahirkan

Ditulis Oleh Wish Dr Boyke produk wish produk asli dan resmi dr boyke dian nugraha

Melahirkan memang menjadi momen yang selalu diinginkan oleh setiap wanita normal. Banyak juga yang berpendapat jika wanita yang hamil kemudian melahirkan merupakan tanda kesempurnaan seorang wanita. Hal tersebut tentunya sangat cocok karena dapat dilihat betapa beratnya pengorbanan seorang wanita ketika hamil bahkan melahirkan.

Berbicara mengenai melahirkan, ternyata banyak wanita yang masih bingung dengan haid pertama setelah melahirkan terutama pasangan muda. Nah jika hal ini juga masih menjadi masalah yang anda hadapi maka sebaiknya segera temukan jawabannya pada uraian artikel kita kali ini.

Penyebab Siklus Haid Berubah Setelah Melahirkan

Kapan Haid Pertama Setelah Melahirkan dan Berapa Lama

Bagi wanita yang melahirkan tentunya akan khawatir apabila tidak segera mendapatkan menstruasinya. Meskipun bukan hal yang menakutkan tetapi haid pertama setelah melahirkan pastinya memberikan ketenangan tersendiri, terutama bagi wanita yang baru pertama kali melahirkan. Apalagi jika sudah melewati masa nifas atau setelah 40 hari melahirkan.

Tidak teraturnya haid setelah persalinan disebabkan adanya perubahan bentuk tubuh wanita setelah mengalami persalinan. Selain itu menyusui juga ikut andil dalam lambatnya waktu haid anda setelah melahirkan, meskipun hal ini tidak terjadi pada setiap wanita. Ketika wanita menyusui maka akan mendapat pengaruh dari kelenjar hipofisis yang akan mengeluarkan hormon prolaktin, dari hormon inilah ovulasi tertekan sehingga menstruasi cenderung tidak lancar.

Haid pertama setelah melahirkan akan semakin lama jangka watunya jika si ibu menyusui secara terus menerus untuk anaknya. Hal ini akan sangat menekan hormon estrogen dan progesteron, sehingga bisa dikatakan jika ibu secara aktif menyusui tanpa sedikitpun bantuan susu formula maka kesempatan untuk haid memerlukan waktu yang lebih lama dibanding yang dibantu susu formula.

Ketidakseimbangan hormon yang ada dalam tubuh setelah melahirkan akan sangat berpengaruh untuk keluar tidaknya haid. Namun kembali lagi bahwa keadaan tubuh wanita satu dan lainnya tentunya berbeda sehingga hal tersebut tidak bisa menjadi tolok ukur yang pasti, karena ada juga yang hampir 4 tahun baru mengalami haid setelah persalinannya yang pertama.

Kapan Haid Pertama Setelah Melahirkan

Kapan Menstruasi Setelah Melahirkan Terjadi Siklus Haid Pasca Melahirkan

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya di atas, tentunya anda tidak perlu lagi khawatir jika belum mengalami menstruasi setelah persalinan. Untuk rentang waktu haid bagi wanita yang telah melahirkan pastinya akan berbeda antara satu dan lainnya. Selain itu darah haid pertama selepas persalinan juga beda-beda ada yang sedikit adapula yang banyak sekali.

Namun secara garis besar haid pertama yang akan dialami setelah melahirkan berkisar antara 4-10 bulan, tetapi bukan waktu yang pasti karena bisa juga mencapai 15 hingga 18 bulan. Haid akan semakin lama terjadi jika ibu menyusui secara eksklusif hingga 6 bulan sehingga hal ini bisa menjadi KB alami untuk pasangan yang masih menunda untuk memiliki anak selanjutnya.

Lalu bagaimana dengan kasus tidak haid setelah melahirkan apakah bisa hamil? Untuk kasus ini biasanya terjadi karena faktor ketidaknormalan pada hormon dan perlu pemeriksaan lanjut oleh dokter. Namun umumnya bisa diatasi dengan pola hidup sehat dan mengkonsumsi obat untuk melancarkan haid.

Melihat uraian di atas pastinya anda sudah tidak perlu lagi khawatir jika memang belum mengalami menstruasi setelah melahirkan. Menstruasi normal setelah bersalin akan bisa dialami kembali jika hormon dalam tubuh telah berjalan seimbang dan produksi hormon prolaktin dalam tubuh tidak tinggi.

Secara garis besar jika ASI eksklusif masih diberikan tentunya kesempatan untuk haid lebih lama, namun ketika pemberian susu dibarengi dengan susu formula atau hanya susu formula saja maka wanita tersebut bisa setelah nifas langsung mengalami menstruasi yang pertama.

Demikianlah uraian lebih lanjut mengenai haid pertama setelah melahirkan yang terjadi pada wanita. Semoga uraian di atas bermanfaat untuk anda yang mungkin masih khawatir karena belum mengalami haid setelah mengalami persalinan dan nifas. Namun jika anda belum yakin maka bisa memeriksakannya sehingga mengetahui penyebab dan cara penanganannya.

Baca Juga :

pelanggan testimoni produkwish dr boyke

Tag:

berapa hari umumnya bersih bagi wanita,habis melahirkan kapan akan datang haid,selesai melahirkan berapa bulan baru haid lagi,setelah melahirkan kapan haid pertama

Langganan Artikel Via Email Tips Dr Boyke

Daftarkan Email Anda Untuk Mendapatkan Tips Kesehatan Terbaru dan Terupdate Secara Gratis Dari Wish Dr Boyke

  • Perlu Anda ketahui bahwasannya masalah yang paling sering terjadi dan juga paling sering mengganggu di wajah wanita adalah jerawat. Ya, masalah yang seperti ini memang tidak pernah ada habisnya, sehingga tidak jarang membuat... more
  • Dalam berumah tangga, suami dan istri perlu melakukan kewajiban masing – masing sesuai syariat. Namun bagaimana cara suami menghargai istri ? Suami adalah panutan dalam sebuah keluarga yang biasa disebut imam dalam... more
  • Kantung mata hitam memang sangat mempengaruhi penampilan. Kantung mata hitam juga bisa merupakan tanda dari adanya penyakit pada tubuh. anggota tubuh memang saling berhubungan antara satu dan yang lainnya, sehingga jika ada... more
  • Salah satu masalah wajah yang sering mengganggu bagi wanita adalah jerawat dan mungkin hal ini juga sangat mengganggu bagi laki laki yang mengalaminya. Bagaimana tidak, bahwa kenyataannya jerawat di wajah memang dapat... more
  • Keputihan pada wanita yang belum menikah atau saat usia masih remaja biasanya sangat jarang terjadi, kecuali memang ada dengan beberapa penyakit reproduksi yang tanpa disadari oleh wanita muda tersebut. Jika anda mengalami... more
New
Pro Acne Herbal Wish Dr Boyke

7%

Rp 140.000 150.000
New
Femmislim Dr Boyke Wish Herbal

20%

Rp 200.000 250.000
Best Seller
PROLQ Dr Boyke Produk Wish Kapsul Herbal Pria Dewasa

9%

Rp 200.000 220.000
Best Seller
Femi Herbs Dokter Boyke Wish Herbal Care

2%

Rp 230.000 235.000
Best Seller
Rp 200.000
Limited
Menoherbs Wish Dr Boyke Atasi Menopause

4%

Rp 320.000 335.000

Hubungi Kami

0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
0857-7368-6069

Rekening Bank

2450620672 a/n Novi Tuimtihanah
1630001826174 a/n Novi Tuimtihanah
385401012177536 a/n Novi Tuimtihanah

Cara Pemesanan

Cara Pemesanan Produk Wish dr Boyke & Co

Temukan Kami di

Cara Order Produk Wish Dr Boyke & Co