Open Jam 08.00 s/d 16.00. Sabtu - Minggu Libur
0857-7368-6069
0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Kegunaan Obat Salep Kortikosteroid dan Efek Sampingnya

Ditulis Oleh Wish Dr Boyke produk wish produk asli dan resmi dr boyke dian nugraha

Apa sih kortikosteroid itu? Kortikosteroid adalah sekumpulan hormon yang di produksi oleh tubuh manusia melalui kelenjar adrenal yang letaknya diatas ginjal. Hormon kortikosteroid ini sendiri fungsinya adalah mengatur metabolisme karbohidrat, lemak dan protein, regulasi cairan tubuh, sistem pertahanan tubuh, dan pembentukan tulang.

Sedangkan Obat Kortikosteroid sendiri dapat disebut juga sebagai Kortikosteroid sintetis yang cara kerja dan manfaatnya sama dengan kortikosterod Alami Yang diproduksi oleh tubuh.

Jenis jenis Kortikosteroid Sintetis

contoh obat salep kortikosteroid

Beberapa Contoh Kortikosteroid sintetis yang perlu anda ketahui adalah berikut ini:

  • Betametason

Kortikosteroid yang tidak retensi terhadap air, biasanya digunakan sebagai rim salep, lotion, atau gel yang biasanya digunakan untuk mengobati gata-gatal. Bentuk sediaan oralnya biasanya (sirup, tablet, tablet effervescent). Dosisnya untuk dewasa yang dianjurkan biasanya berkisar 0,25-7,2 mg perhari, sebagai dosis tunggal atau dapat juga dibagi menjadi beberapa dosis.

Sedangkan untuk anak-anak sendiri dosisnya didasari pada berat badan atau ukuran yang tentunya sesuai dengan petunjuk dokter. Sedangkan untuk sediaan Injeksinya sendiri dosis untuk dewasa adalah bekisar 20 hingga 30 mg sehari, dan pada anak-anak dosis didasarkan pada berat badan atau ukuran, dan harus sesuai dengan ketetapan dokter.

  • Dexamethason

Kortikosteroid yang digunakan untuk obat anti radang dan menekan sistem kekebalan tubuh atau imunosupresan, bentuk sediaan oralnya biasanya berbentuk (larutan, tablet) dosis penggunaannya untuk remaja sendiri berkisar 0,5 sampai 10 mg sebagaimana ditentukan oleh dokter.

Untuk anak-anak dosisnya didasarkan pada berat atau ukuran badan dan ditetapkan oleh dokter.Sedangkan untuk dosis injeksinya Dewasa adalah 20,2 hingga 40 mg yang disuntikan kedalam otot vena. Sedangkan untuk anak-anak ditentukan oleh dokter sesuai yang dibutuhkan sesuai berat dan ukuran badan.

  • Prednison

Kortikosteroid sintetis ini berfungsi untuk menekan sistem kekebalan tubuh atau imunosupresan, bentuk oralnya seperti larutan, sirup dan tablet.dosis penggunaannya untuk orng dewasa sendiri yakni berkisar 5 hinggu imunosupresana atau 200 mg, di setiapsatu atau dua hari, tergantung sebagai dosis tunggal atau dibagi menjadi beberapa dosis.seangkan untuk anak-anak ditentukan oleh berat bandan dan sesuai ketetapan dokter.

  • Prednisolone

Kortikosteroid sintetis ini untuk pengobatan berbagai macam kondisi peradangan dan juga gangguan sistem kekebalan tubuh yang luas, bentuk sediaan oralnya meliputi larutan, sirup dan tablet. Sedangkan dosis untuk dewasa dan remajanya berkisar 5 hingga 200 mgdiambil sesering yang diperlukan. Sedangkan untuk anak-anak Dosisnya didasarkan pada beratbadan dan ukuran dan tentunya harus sesuai dendang ketetapan dari dokter.

Sedangkan untuk dosis Injeksinya sendiri adalah Dewasa dan remaja antara 2 hingga 200 mg disuntikan ke dalam bersama lesi, otot vena ataupun sesering yang diperlukan sesuai dengan yang ditentukan oleh dokter. Untuk anak-anak dosis didasarkan pada berat badan dan ukuran dan harus sesuai yang ditentukan oleh dokter.

  • Triamcinolone

Kortikosteroid yang biasa digunakan untuk mengobati eksim, psioriasis, arthritis, alergi, maag, lupus, oftalmia simpatik, arteritis temporalis, uveitis, dan peradangan mata selama vitrectomy serta pencegahan serangan asma. Bentuk sediaan oralnya sendiri adalah sirup dan tablet. Dosisnya untuk dewasa dan remaja adalah 0,5 hingga 60 mg per hari, untuk dosis tunggal atau dibagi menjadi beberapa dosis. Dan untuk anak-anak dosisnya didasarkan pada berat badan dan juga ukuran  dan harus sesuai dengan ketentuan dokter.

Dan untuk injeksinya dewasa adalah 0.5 sampai 100 mg disuntikkan ked alam lesi, sendi atau otot, atau dibawah kulit sesering yang dibutuhkkan, sebagaiman yang ditentukan oleh dokter. Sedangakan untuk anak-anak injeksinya ditentukan oleh berat badan atau ukuran dan harus ditentukan oleh dokter.

Kegunaan obat kortikosteroid sendiri pada umumnya digunakan untuk mengurangi pembengkakan, kemerahan, gatal, dan juga reaksi alergi. Namun disamping itu obat kortikosteroid juga seringkali digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit berbeda seperti asma, lupus, Rheumatoid Arthritis, Bronkitis, Kolitia ulseratif, penyakit Chrohn dan Reaksi alergi masalah kulit, mata dan hidung.

Kortikosteroid  juga dapat digunakan untuk kondisi lainyang ditentukan dokter. Cara kerja obat Kortikosteroid sendiri adalah dengan cara masuk ke dalam dinding sistem sel imun untuk mematikan zat yang bisa melepaskan senyawa-senyawa yang memicu terjadinya peradangan.

Obat kortikosteroid memang bisa dikatakan sebagai obat dewa, mengapa disebut demikian, dikarenakan khasiatnya yang mampu meredakan banyak sekali gejala sakit, hal itu karena obat kortikosteroid memiliki efek antiradang yang kuat.

Walaupun merupakan obat yang sanggat kuat, akan tetapi meski kegunaan obat Kortikosteroid dalam membantu mengobati masalah kesehatan sangat ampuh, obat ini juga bisa mengakibatkan efek samping  yang sangat serius jika dikonsumsi lebih banyak dari yang dibutuhkan oleh tubuh. Dan pada beberapa kasus berat Penggunaan Obat kortikosteroid dengan dosis tinggi sendiri dapat menyebabkan terjadinya Sindrom chusing yang Efeknya ditandai dengan terjadinya sebagai berikut:

  • Obesitas
  • Hipertensi
  • Akan mudah merasa lelah
  • Stirae abdomen, atau garis berwarna ungu di perut.
  • Terjadinya Pembengkakan
  • Penumpukan lemak di wajah (moon face) dan juga di belikat (buffalo hump)
  • Hirsutisme, yang mana terjadi pertumbuhan rambut di tempat yang tidak umum bagi wanita.
  • Gangguan menstruasi pada waniita.
  • Pelemahan fungsi otot
  • Meningkatnya kadar gula darah
  • Dan juga perubahan mood dan perilaku.

Dalam Dalam aturannya sendiri dikatakan jelaas jika obat kortikosteroid ini hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. Adapun beberapa yang dokter sarankan kepada pasien yang memang harus menggunakan obat ini dengan jangka panjang yakni:

  • melakukan diet rendah garam atau diet yang kaya akan potasium.
  • Dalam mengonsumsi kalori harus lebih diperhatikan untuk mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan,
  • dan yang ketiga adalah tambahkan protein untuk melakukan diet.
  • Aktivitas dan olahraga harus cukup supaya terhindar dari antropi otot dan osteopenia.

Efek Samping Kortikosteroid

kegunaan obat kortikosteroid

Sehebat apapun kegunaan obat kortikosteroid dalam mengobati penyakit, tetap saja ada efek samping yang berbahaya bagi tubuh kita jika digunakan dengan kadar melebih yang dianjurkan. Lalu, bagaimana sesungguhnya Kegunaan Obat Kortikosteroid yang sesuai, supaya terhindar dari efek samping yang berbahaya?.

  • Yang pertama. Tentunya harus sesuai dengan resep yang memang diberikan oleh dokter, dan dalam penggunaannya pun juga harus dalam pengawasan dokter, jangan pernahsekali-sekali mengkonsusmsi obat kortikosteroid lebih banyak atau lebih lama dari jumlah yang telah ditetapkan dokter
  • Adapun juga Kegunaan Obat Kortikosteroid dalam jangka panjang, tidak boleh dihentikan secara mendadakoleh pasien sebelum jangka waktu yang telah ditetapkan oleh dokter selesai, karena dokter biasanya melakukan “tappering off” saat akan menghentikan pengobatan, yaitu menurunkan dosis obatperlahan-lahan baru kemudian dihentikan, sebab penghentian mendadak kortikosteroid dapat mengakibatkan Sindrom Addison (kerusakan pada kelenjar adrenal)
  • Jangan meminum obat Kortikosteroid saat keadaan lambung kosong, hal itu berguna untuk mengurangi efek samping terhadap sistem pencernaan.
  • Gunakan spacer pada kortikosteroid inhalasi, hal tersebut bertujuan untuk mengurangi risiko terjadinya infeksi jamur di dalam ronggamulut.
  • Lakukanlah penyuntikan kortikosteroid di tempat berbeda, pastikan jika maksimal penyuntikan kortikosteroid di tempat yang sama yaitu tiga kali.
  • Dalam penggunaannya untuk kulit, gunakan kortikosteroid dengan potensi lemah pada daerah kulit yang tipis dan dibagian lipatan.
  • Berhati-hati pada penggunaan kortikosteroid di sekitar mata, karena dapat menyebabkan glaukoma atau katarak.

Baca Juga:

pelanggan testimoni produkwish dr boyke

Tag:

efek samping kortikosteroid gel,kortikosteroid adalah

Langganan Artikel Via Email Tips Dr Boyke

Daftarkan Email Anda Untuk Mendapatkan Tips Kesehatan Terbaru dan Terupdate Secara Gratis Dari Wish Dr Boyke

  • Bedak wardah rekomendasi terbaik untuk kulit berminyak yang wajib dicoba ini layak anda ketahui, terutama bagi anda yang jatuh cinta atau penasaran dengan produk wardah. Kulit berminyak dan berjerawat sepertinya menjadi... more
  • Tidak sedikit di antara kita kaum wanita yang mengalami hal seperti siklus haid selalu maju setelah menikah, siklus haidnya mundur, siklus menstruasinya lebih cepat dan berubah ubah setelah menikah. Padahal sebelum menikah... more
  • Kulit yang terbebas dari masalah kulit seperti kulit gatal dan berair atau eksim merupakan tanda kulit yang sehat. Untuk mendapatkan kulit yang sehat, maka anda harus menjaga kulit tubuh supaya terhindar dari penyakit... more
  • Dalam beberapa diskusi kesehatan yang kami ikuti secara rutin di beberapa klinik untuk tujuan observasi kesehatan, kami menemukan bahwasanya masih banyak sekali orang yang belum memahami betul bahaya dari kista rahim. Kami... more
  • Momen pacaran selalu membutuhkan sisi romantisme, baik itu sikap lembut ataupun sedikit “pemanis” saat sedang berdua. Pastinya romantisme dapat menambah kekuatan cinta pasangan. Cara berpacaran yang romantis sendiri... more
New
Pro Acne Herbal Wish Dr Boyke

7%

Rp 140.000 150.000
New
Femmislim Dr Boyke Wish Herbal

20%

Rp 200.000 250.000
Best Seller
PROLQ Dr Boyke Produk Wish Kapsul Herbal Pria Dewasa

9%

Rp 200.000 220.000
Best Seller
Femi Herbs Dokter Boyke Wish Herbal Care

2%

Rp 230.000 235.000
Best Seller
Rp 200.000
Limited
Menoherbs Wish Dr Boyke Atasi Menopause

4%

Rp 320.000 335.000

Hubungi Kami

0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
0857-7368-6069

Rekening Bank

2450620672 a/n Novi Tuimtihanah
1630001826174 a/n Novi Tuimtihanah
385401012177536 a/n Novi Tuimtihanah

Cara Pemesanan

Cara Pemesanan Produk Wish dr Boyke & Co

Temukan Kami di

Cara Order Produk Wish Dr Boyke & Co