Open Jam 08.00 s/d 16.00. Sabtu - Minggu Libur
0857-7368-6069
0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Kewajiban Suami Terhadap Istri Yang Tidak Boleh Terlupakan

Ditulis Oleh Wish Dr Boyke produk wish produk asli dan resmi dr boyke dian nugraha

Sebelumnya sudah pernah kami tulis mengenai kewajiban istri terhadap suami dan dalam kesempatan ini kami akan berbagi informasi mengenai kewajiban suami terhadap istri menurut Al-Quran dan Hadist. Hal ini sangat penting diketahui oleh para suami maupun para calon suami, agar bisa mewujudkan keluarga yang harmonis.

Setelah mengucapkan ijab qabul di akad pernikahan, seorang pria resmi menjadi suami dan harus bertanggungjawab penuh dengan istrinya. Dia harus memenuhi semua kewajiban yang harus diberikan ke istri. Semua orang pasti ingin memiliki keluarga yang sakinah, mawadah dan warahmah.

Oleh karena itu suami istri harus tahu hak dan kewajibannya masing-masing. Saling pengertian dan memenuhi semua kebutuhan, sehingga tercipta hubungan yang harmonis. Seorang suami harus bisa memenuhi kewajiban terhadap istrinya, sayangnya masih banyak suami yang tidak tahu hal itu.

Kewajiban Suami Terhadap Istri Menurut Islam

Kewajiban Suami Terhadap Istri Menurut Islam

Bila anda ingin menjadi suami yang baik, dihargai oleh istri dan dikagumi oleh istri, ketahuilah kewajiban suami terhadap istri menurut Al Quran serta Hadist Nabi Muhammad SAW berikut ini, niscaya jika anda bisa melakukannya, kebahagian di dunia dan akhirat bisa didapatkan.

1. Membayar Mahar Saat Nikah

Kewajiba Suami Ke Istri Membayar Mahar Saat Nikah

Membayar mahar saat akad nikah, bukanlah hal mutlak yang harus dilakukan dalam rukun pernikahan. Tetapi membayar mahar saat menikah wajib dilakukan oleh seorang suami kepada istrinya. Jadi mahar tidak harus langsung dibayarkan saat akad nikah. Bisa dibayarkan setelahnya, tetapi wajib untuk dibayarkan sesuai dengan kesepakatan yang diberikan. Hal ini sesuai dengan hadist HR Tarmidzi, yang tertulis di kitab nikah no hadist 1031.

Dari Amir bin Rabi’ah dari ayahnya ia berkata :

“Ada seorang perempuan dari Bani Fazarah menikah dengan mahar sepasang sandal”

Mengetahui hal itu, Rasulullah bertanya kepada perempuan tersebut,

“Apakah anda rela menyerahkan diri anda dan harta anda dengan mahar (hanya) sepasang sandal”

Perempuan itu lalu mengatakan rela. Ayah amir berkata:

“Maka Rasulullah memperbolehkan perempuan itu menerima mahar sepasang sandal”

2. Memberi Nafkah

Kewajiban Suami Pada Istri Memberi Nafkah

Inilah kewajiban yang harus dilakukan suami ke istrinya. Suami harus bertanggungjawab untuk menafkahi istrinya, termasuk memberi nafkah bagi anaknya nanti, bukan istri yang harus bekerja mencari nafkah. Tanggung jawab nafkah itu termasuk pakaian, makan, tempat tinggal dan masih banyak lainya. Kewajiban ini dijelaskan melalui hadist HR Ahmad Abu Daud dan Ibnu Majah.

“Dari Hakim bin Mu’awiyah dari ayahnya dari Nabi SAW Berkata Muawiya, seorang laki-laki bertanya kepada Nabi Muhammad SAW tentang hak seorang istri dari suaminya.

Nabi Muhammad SAW menjawab,

“Engkau harus memberinya makan jika engkau mendapat makan, memberinya pakaian jika engkau mendapat pakaian, jangan memukul wajahnya dan jangan meninggalkan mereka kecuali ia berada di rumah”

3. Menggauli Istrinya Dengan Baik

Kewajiban Suami Menggauli Istrinya Dengan Baik

Kewajiban suami kepada istri selanjutnya adalah menggauli istrinya dengan baik. Menggauli memiliki arti yang luas, misalnya memberikan pengertian, perhatian, kasih sayang, tidak kasar terhadap istri dan masih banyak lainnya. suami harus menggauli istrinya dengan baik, tidak hanya memberikan nafkah materi.

Dengan melakukan kewajiban ini, kerharmonisan keluarga bisa tercipta dengan baik, menciptakan keluarga yang sakinah, mawadah dan warahmah semakin mudah. Bahkan menggauli istri dengan baik termasuk shadaqah bagi suami. Hal ini dijelaskan pada hadist HR Muslim.

Dari Abi Dzar, ia berkata sekelompok orang dari sahabat Nabi saw bertanya kepada Nabi Muhammad SAW.

“Wahai Rasulullah orang-orang kaya berangkat dengan membawa banyak pahala. Mereka shalat sebagaimana kami shalat, mereka berpuasa sebagaimana kami berpuasa dan mereka bershadaqah dengan kelebihan harta mereka”

Rasulullah SAW menjawab

“Bukankah Allah telah memberi kamu sekalian kesempatan bershadaqah? Ketahuilah sesungguhnya pada setiap ungkapan tasbih adalah shadaqah, pada setiap takbir adalah shadaqah, pada setiap tahmid adalah shadaqah, pada setiap tahlil adalah shadaqah, amar makruf adalah shadaqah, nahi munkar adalah shadaqah”

Sekelompok sahabat itu lalu bertanya,

“Wahai Rasulullah apakah ketika salah seorang dari kami menggauli istrinya juga berpahala?”

Rasulullah saw menjawab,

“Apa pendapat kamu sekalian jika ia menunaikan syahwatnya pada yang diharamkan apakah ia mendapat dosa? Begitulah jika ia menunaikan syahatnya pada yang halal, tentu ia mendapat pahala.”

4. Merahasiakan Aib Istri

Kewajiban suami Merahasiakan Aib Istri

Menutup aib istri juga merupakan kewajiban suami ke istri. Ketika membangun sebuah rumah tangga, pasti akan ada banyak hal yang terjadi. termasuk aib yang dialami oleh istri atau suami. Pasangan suami istri harus bisa merahasiakan aib keluarga dan tidak menggumbarnya ke orang lain. pasti ada banyak sekali kejelakan atau keburukan yang dimiliki istri, suami wajib untuk menutupi hal itu. Hal ini tertulis dalam hadist HR Muslim:

“Dari Abdurrahman bin said, ia berkata “Aku mendengar abu said al-khudri berkata, Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya orang yang paling buruk kedudukannya disisi Allah swt pada hari kiamat adalah suami yang menunaikan hajatnya kepada istrinya dan istri yang menunaikan hajat kepada suaminya, kemudian suami tersebut menceritakan rahasia istrinya”

5. Memberikan Bimbingan Agama

Suami Bimbinglah Istri ke Jalan Yang Baik

Kewajiban suami terhadap istri, tidak hanya menafkahi materi saja tetapi juga harus memberikan bimbingan agama. Suami merupakan iman bagi keluarganya, dia harus bisa memberikan panutan yang baik untuk istri dan anak-anaknya. Tidak hanya memberikan bimbingan tentang kehidupan sehari-hari, tetapi juga tentang kehidupan beragama.

Dengan bimbingannya, diharapkan istri dan anak bisa menjadi pribadi yang baik. oleh karena itu seorang wanita, harus mencari suami yang agamanya baik. sehingga bisa membimbingnya ke jalan yang benar. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah yang berbunyi.

“Takutlah kepada Allah dalam memimpin isteri-isterimu, karena sesungguhnya mereka adalah amanah yang berada disampingmu, barang siapa tidak memerintahkan shalat kepada Istrinya dan tidak mengajarkan agama kepadanya, maka ia telah berkhianat kepada Allah dan RasulNya.

6. Selalu Menjaga dan Melindungi Istrinya Dengan Baik

Suami Selalu Menjaga dan Melindungi Istrinya Dengan Baik

Kewajiban suami pada istri berikutnya yaitu suami yang baik harus bisa menjaga dan melindungi istrinya dengan baik. suami harus menjaga istri dari hal buruk dan merusak kehormatannya. Suami harus memberikan ketenangan untuk istrinya. Kewajiban ini dijelaskan pada hadist HR Bukhori.

Dari Jabir bin Abdillah, ia berkata, bersabda Rasulullah SAW :

“Takut lah kamu sekalian kepada Allah SWT dalam hal kaum perempuan, karena mereka adalah amanat Allah SWT yang kamu sekalian ambil, kamu sekalian mendapatkan kehalalan farji mereka dengan kalimat Allah, kamu sekalian harus menjaga mereka untuk kehormatan kamu sekalian dari seseorang yang kamu sekalian tidak sukai. Jika mereka melakukan hal itu, pukullah mereka dengan pukulan yang tidak melukai. Disamping itu kamu sekalian harus memberi mereka nafkah dan pakaian yang baik”’

7. Bimbinglah Istri ke Jalan Yang Baik

Kewajiban Suami ke Istri Memberikan Bimbingan Agama

Tidak hanya mengajari tentang hal agama, suami juga wajib membimbing istri ke jalan yang baik. supaya istri menjadi pribadi yang baik dan tidak durhaka. Ajarilah istri dengan kasih sayang dan cara yang halus, jangan melalui paksaan atau menyakiti secara fisik maupun psikis.

Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah saw bersabda

“Iman orang-orang mukmin yang paling sempurna adalah yang terbaik akhlaknya dan yang terbaik diantara kamu sekalian adalah yang terbaik memperlakukan istri (HR Tirmidze, Ahmad dan Ibn Majah).

Tentunya masih banyak kewajiban suami terhadap istrinya. Tetapi tujuh kewajiban diatas yang wajib dilakukan. Suami harus memperlakukan istrinya dengan baik, memberikan nafkah lahir dan batin serta menjaga keharmonisan keluarga dengan baik. saling mendukung satu sama lain, sehingga tercipta keluarga yang sakinah, mawadah dan warahmah, Amin Ya Rabbal Alamin.

Baca Juga:

pelanggan testimoni produkwish dr boyke

Tag:

hr abu daud dan ibnu majah tentang hak istri,kewajiban suami dalam al quran,nasehat nabi muhammad saw kepada istrinya

Langganan Artikel Via Email Tips Dr Boyke

Daftarkan Email Anda Untuk Mendapatkan Tips Kesehatan Terbaru dan Terupdate Secara Gratis Dari Wish Dr Boyke

  • Lipoma merupakan benjolan lemak yang berada di antara lapisan otot dan kulit. Lipoma sendiri tidak berbahaya sehingga tidak memerlukan perawatan. Namun jika lipoma tumbuh besar dan menimbulkan rasa sakit, operasi... more
  • Seorang wanita yang sedang menjalani masa kehamilannya, akan memiliki perubahan fisik dan hormon didalam tubuhnya. Perutnya yang tadinya langsing berubah menjadi besar, serta payudara juga ikut membesar dan kencang. Adapun... more
  • Menjaga kelembaban kulit merupakan hal yang sangat penting yang harus anda lakukan agar anda selalu memiliki kulit yang sehat dan cantik. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan yaitu seperti memakai pelembab untuk kulit atau... more
  • Ingin miss V tetap kencang seperti masih perawan? Yuk simak cara merawat organ intim wanita agar tetap kencang disini. Setiap wanita tentu ingin selalu memiliki organ kewanitaan yang sehat dan kencang karena dengan begitu... more
  • Prolq Medan saat ini menjadi pencarian terbesar hal tersebut menunjukan banyak sekali pria di medan yang mencari kapsul herbal prolq dr boyke. Di medan kami sendiri memiliki pelanggan prolq yang banyak, hampir setiap hari... more
Best Seller
Rp 200.000
Best Seller
Rp 230.000
Best Seller
Rp 200.000
Limited
Rp 320.000
Best Seller
Rp 160.000
Limited
Rp 170.000

Hubungi Kami

0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
0857-7368-6069

Rekening Bank

2450620672 a/n Novi Tuimtihanah
1630001826174 a/n Novi Tuimtihanah
385401012177536 a/n Novi Tuimtihanah

Cara Pemesanan

Cara Pemesanan Produk Wish dr Boyke & Co

Temukan Kami di

Cara Order Produk Wish Dr Boyke & Co