Open Jam 08.00 s/d 16.00. Sabtu - Minggu Libur
0857-7368-6069
0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Khasiat dan Aturan Minum Obat Allopurinol

Ditulis Oleh Wish Dr Boyke produk wish produk asli dan resmi dr boyke dian nugraha

Fungsi atau manfaat obat Allopurinol adalah untuk menurunkan kadar asam urat. Produk ini memiliki nama dagang Zyloprim dan Aloprim serta terletak pada golongan Xantine Oxidase Inhibitor. Allopurinol ini umumnya berbentuk tablet dan kapsul dengan dosis 100 mg dan 300 mg.

Kadar asam urat yang tinggi tidak hanya menyebabkan penyakit asam urat, namun juga menyebabkan penyakit batu ginjal. Selain itu, peningkatan asam urat juga dapat terjadi pada pasien yang menerima kemoterapi. Asam urat yang tinggi, baik pada pria maupun wanita usia muda, tua maupun lansia paling sering disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Tidak hanya masalah asam dan ginjal saja, namun ada beberapa masalah kesehatan lain yang dapat diatasi oleh produk Allopurinol ini yaitu masalah sumsum tulang dan penyakit hati.

Penggunaan Produk

Fungsi Obat Allopurinol

Allopurinol ini umumnya diminum sekali sehari atau sesuai dengan anjuran dokter dan sebaiknya baca terlebih dahulu aturan pakai yang tertera pada kemasan. Jika dosis yang diminum lebih dari 300 mg per hari, maka bagilah tablet ke dalam dosis kecil untuk diminum.

Pastikan juga untuk memberi jarak yang cukup antara satu produk dengan produk lain. Usahakan untuk mengonsumsi produk ini pada waktu yang sama setiap hari supaya efeknya terasa. Apabila Anda lupa untuk melewatkan satu dosis maka konsumsilah segera mungkin namun jangan menggandakan dosis.

Supaya Fungsi Obat Allopurinol efeknya lebih terasa pada tubuh, ada baiknya untuk menerapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat, perbanyak sayur dan buah, olahraga, menghindari gula, alkohol dan menjaga berat badan. Umumnya, pengkonsumsian dengan produk ini dilakukan dalam jangka panjang sekitar dua atau tiga bulan. Bahkan bisa memakan waktu berbulan-bulan untuk mengproduki rasa nyeri pada sendi akibat asam urat.

Produk ini paling baik untuk disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat lembab. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan serta jauhkan dari jangkauan dari anak-anak dan hewan peliharaan. Jangan lupa untuk membuang produk ini jika sudah kadaluarsa.

Hindari untuk mengonsumsi produk ini dengan jenis produk lain karena bisa meningkatkan efek samping. Interaksi produk dapat mengubah Fungsi Obat Allopurinol atau meningkatkan resiko negatif untuk tubuh. Tidak semua produk berpotensi untuk meningkatkan resiko ini namun ada baiknya untuk mencegah dampak negatif yang akan terjadi.

Hindari mengonsumsinya bersama dengan azathioprine, captopril, cyclophosphamide, enalapril, enalaprilat, fluorouracil, mercaptopurine, pegloticase, tegafur, aluminum hydroxide, cyclosporine, phenprocoumon, vidarabine, dan warfarin. Akan tetapi, konsumsi produk yang bersamaan dapat dilakukan dengan pengawasan dari dokter. Jangan memulai atau memberhentikan konsumsi suatu produk tanpa pengawasan dari dokter.

Sebelum menggunakan produk penurun asam urat ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

  1. Beritahu dokter jika Anda memiliki alergi terhadap produk ini atau produk-produkan lain.
  2. Beritahu dokter jika sedang menggunakan produklain misalkan vitamin, suplemen, produk herbal, amoksisilin (Amoxil, Trimox), ampisilin (Polycillin, Principen) antikoagulan (pengencer darah), produk kemoterapi kanker, produk penekan sistem kekebalan tubuh serta produk lain untuk asam urat seperti probenesid (Benemid), sulfinpyrazone (Anturane) dan tolbutamid (Orinase).
  3. Beritahu dokter jika sedang hamil, berencana hamil atau menyusui .
  4. Hindari berkendara selama mengonsumsi produk ini karena dapat menyebabkan kantuk.

Dosis atau Aturan Minum

Umunnya dokter akan memberikan dosis antara 100-900 mg per hari. Namun dosis yang diberikan bisa berbeda-beda tergantung kondisi pasien. Untuk terapi kanker, diberikan dosis 600-800 mg per hari selama beberapa hari sebelum menjalani kemoterapi. Sedangkan untuk batu ginjal, diberikan dosis 200-300 mg per hari.

Fungsi Obat Allopurinol pada orang dewasa untuk mengatasi penyakit asam urat ringan diberikan dosis 100-300 mg perhari sedangkan untuk asam urat sedang sampai berat diberikan dosis 100-600 per hari. Untuk kondisi asam urat yang berlebih dapat diberikan dosis atau infus sesuai anjuran dokter.

Untuk penyakit ginjal, pada pasien yang sedang melakukan kemoterapi dapat dimulai dengan dosis 100 mg per hari kemudian dosis ditingkatkan setiap 2 sampai 5 minggu. Dosis lebih dari 300 mg per hari diperbolehkan selama dalam pengawasan dokter.

Pada anak-anak usia kurang dari 10 tahun dapat diberikan 200-600 mg per hariyang dapat dibagi dalam dosis kecil-kecil. Pada anak-anak usia lebih dari 10 tahun dapat diberikan 200-600 mg yang juga dapat dibagi dalam dosis kecil-kecil. Produk ini baiknya diminum dengan segelas air putih sekitar 240 ml untuk setiap dosisnya. Minumlah setidaknya 8 gelas air per hari bahkan lebih untuk menghindari dehidrasi akibat pengonsumsian produk.

Efek Samping

Selain Fungsi Obat Allopurinol yang sudah diketahui, terdapat efek samping sama seperti jenis produk yang lain. Resiko yang didapat dibedakan menjadi efek samping ringan dan berat. Efek samping ringan terjadi seperti muntah, diare, ngantuk, sakit kepala, nyeri otot dan perubahan indera perasa. Sedangkan efek samping berat dapat diketahui sebagai berikut :

  1. Demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, kulit mengelupas dan ruam.
  2. Gejala awal ruam.
  3. Pendaharan atau rasa sakit ketika buang air kecil.
  4. Mual, gatal-gatal, tidak nafsu makan, berat badan turun, urin gelap, tinja seperti tanah liat, nyeri perut bagian atas dan sakit kuning.
  5. Kapasitas urin lebih sedikit dari biasanya.
  6. Nyeri sendi, gejala flu.
  7. Kesemutan, mati rasa, nyeri, kelemahan otot.
  8. Mudah memar, pendarahan yang tidak biasa seperti pada hidung, mulut atau bagian lain.
  9. Keluar bintik ungu atau merah di bawah kulit.

Pada ibu hamil dan menyusui menurut FDA (BPOM Amerika Serikat) mengkategorikan produk ini ke dalam kategori C dengan penjelasan digunakan dengan hati-hati (mungkin beresiko). Penelitian pada hewan munjukkan resiko dan belum ada penelitian langsung pada manusia.

Akan tetapi, studi pada wanita menyusui menunjukkan bahwa produk ini memberikan resiko yang minim pada bayi. Produk hanya dapat diberikan jika manfaat yang didapat lebih besar dari resiko yang didapat oleh janin.

Ada pula peringatan pada produk ini diantaranya :

  1. Hentikan produk jika mendapati tanda ruam akibat reaksi alergi.
  2. Hati-hatilah saat memberikan produk-produk lain yang dapat menyebabkan mielosupresi yaitu kondisi dimana sel-sel darah menurun akibat penekanan pada sumsum tulang belakang.
  3. Bukan untuk kondisi asam urat berlebih tanpa gejala.
  4. Gunakan dengan hari-hari untuk penderita gangguan ginjal.
  5. Resiko hipersensitivitas dapat meningkat pada penderita yang diproduki dengan ACE atau enzyme inhibitor angiotensin-converting.
  6. Resiko hipersensitivitas juga dapat meningkat akibat pengprodukan bersama tiazid.
  7. Pengonsumsian bersamaan dengan amoxilin atau ampisilin dapat meningkatkan resiko ruam kulit.
  8. Kurangi dosis azathioprine dan merkaptopurin untuk 25-33% selama pengkonsumsian.
  9. Penggunaan produk yang dibarengi dengan pemberian antibiotik dapat meningkatkan resiko ruam.
  • Jagalah asupan cairan yang diperlukan untuk menghasilkan urin minimal 2 liter pada orang dewasa
  • Menyebabkan Hepatotoksisitas yang reversibel.

Walaupun Allopurinol ini bisa anda dapatkan secara mudah di apotik, namun untuk mengkonsumsinya sangat disarankan dengan anjuran dokter. Untuk harga Allopurinol tablet umumnya dimulai dari Rp. 4.000,- untuk yang 100mg dan 300mg per strip isi 10 tablet. Tentunya harga tersebut tidak berlaku disemua daerah, akan ada sedikit selisih perbedaan harga di masing-masing apotik.

Baca Juga:

pelanggan testimoni produkwish dr boyke

Langganan Artikel Via Email Tips Dr Boyke

Daftarkan Email Anda Untuk Mendapatkan Tips Kesehatan Terbaru dan Terupdate Secara Gratis Dari Wish Dr Boyke

  • Obat untuk meningkatkan libido pria yang menurun saat ini sangat banyak dipasaran, akan tetapi dari segi kualitas dan keamanan banyak yang belum teruji secara klinis oleh karena itu anda harus pandai memilah dan memilih... more
  • Salah satu daya tarik yang terpancar dari bagian muka seorang wanita adalah bibir. Bibir menjadi hal yang sangat diperhatikan bagi setiap kaum wanita sehingga wanita merasa perlu untuk mempercantik bibrnya dengan lipstik... more
  • Cara cantik natural semua wanita dewasa akan selalu berusaha agar penampilan wajah serta perawatan yang sangat besarpun akan sanggup mereka lakukan. Akan tetapi cantik yang sangat alami itu adalah point yang perlu selalu... more
  • Kecantikan alami yang banyak ditunjukkan oleh orang-orang tua pada zaman dulu menjadi salah satu dambaan yang didambakan oleh banyak wanita dan melalui artikel ini, kami akan membagikan beberapa tips kecantikan wajah... more
  • Memiliki wajah yang mulus merupakan keinginan setiap orang agar menunjang dalam penampilan wajahnya. Tetapi jika seseorang memiliki wajah yang bruntusan tentunya menjadikan orang tersebut kurang percaya diri dan mengganggu... more
New
Pro Acne Herbal Wish Dr Boyke

7%

Rp 140.000 150.000
New
Femmislim Dr Boyke Wish Herbal

20%

Rp 200.000 250.000
Best Seller
PROLQ Dr Boyke Produk Wish Kapsul Herbal Pria Dewasa

9%

Rp 200.000 220.000
Best Seller
Femi Herbs Dokter Boyke Wish Herbal Care

2%

Rp 230.000 235.000
Best Seller
Rp 200.000
Limited
Menoherbs Wish Dr Boyke Atasi Menopause

4%

Rp 320.000 335.000

Hubungi Kami

0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
0857-7368-6069

Rekening Bank

2450620672 a/n Novi Tuimtihanah
1630001826174 a/n Novi Tuimtihanah
385401012177536 a/n Novi Tuimtihanah

Cara Pemesanan

Cara Pemesanan Produk Wish dr Boyke & Co

Temukan Kami di

Cara Order Produk Wish Dr Boyke & Co