Open Jam 08.00 s/d 16.00. Sabtu - Minggu Libur
0857-7368-6069
0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Niat Mandi Wajib Setelah Haid Lengkap Beserta Tata Caranya

Ditulis Oleh Wish Dr Boyke produk wish produk asli dan resmi dr boyke dian nugraha

Setiap bulannya wanita pasti akan mengalami masa haid. Waktu haid wanita berbeda-beda, antara 3-7 hari. Setelah selesai waktunya haid, bagi wanita yang beragama islam harus melakukan mandi wajib. Mandi wajib ini merupakan hal yang harus dilakukan setelah haid dan hukumnya wajib.

Mandi wajib bertujuan untuk membersihkan semua kotoran pada tubuh agar bisa melakukan ibadah shalat lagi. Karena sebelum melakukan mandi wajib, anda tidak bisa melakukan ibadah. Namun masih banyak wanita yang tidak tahu niat mandi wajib setelah haid. Oleh karena itu, kita akan membahas lengkap mengenai hal tersebut.

Kapan Waktunya Kita Harus Mandi Wajib?

Kapan Waktunya Kita Harus Mandi Wajib setelah haid

Sebelum membahas tentang niat mandi wajib, sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu kapan waktu harus mandi wajib. Sebab banyak wanita yang ragu-ragu untuk mandi wajib, karena takut  belum benar-benar selesai. Padahal dalam islam semua hal mengenai haid juga dibahas dengan detail. Dalam Islam darah yang keluar dari wanita dibedakan menjadi darah istihadhoh, darah haid atau darah nifas.

Sebenarnya sangat mudah menentukan, kapan darah haid berhenti. Kita bisa mengikuti kebiasaan yang kita lakukan. Karena setiap wanita memiliki waktu haid yang berbeda-beda. Misalnya anda biasa haid selama 6 hari, tetapi hari ke 5 darah yang keluar sedikit. Lebih baik untuk menggenapkan 6 hari dan terkadang setelah haid, muncul flek hitam di celana dalam.

Apakah itu termasuk haid atau tidak? Banyak wanita yang berpikir kalau itu haid, padahal flek tersebut sudah tidak bisa dianggap darah haid lagi.

Berdasarkan riwayat yang disampaikan oleh ummu’Athiyah Radhiyallihu’anha “Kami tidak menganggap sesuatu apapun (haid) darah yang berwarna kuning atau keruh sesudah masa suci “. Jadi flek yang muncul setelah mandi wajib, tidak bisa dianggap sebagai darah haid. Anda tetap bisa melakukan shalat dan ibadah lainnya.

Apalagi masa haid anda sudah cukup lama. Jangan menunda-nunda untuk melakukan mandi wajib, karena anda bisa kehilangan pahala melakukan ibadah lainnya.

Cara kedua bisa dengan melihat warna darah. Darah haid yang keluar dari kemaluan wanita berwarna merah kecoklatan. Dan flek yang keluar di masa haid, masih disebut sebagai darah haid. Jika darah yang keluar sudah diluar masa haid maka disebut sebagai istihadhah atau darah penyakit.

Jika itu darah istihadah anda sudah wajib melakukan shalat lagi, karena darah tersebut bukanlah darah haid melainkan darah penyakit. Namun sebelum shalat, harus mandi wajib terlebih dahulu atau dibersihkan, .

Tanda lainnya bisa dilihat dengan adanya cairan putih di sekitar kemaluan dan darah terlihat mengering. Tidak muncul bercak kotoran di kemaluan. Anda juga bisa menggunakan kapas atau kain kering, untuk cek apakah masih ada darah yang keluar atau tidak. Jika sudah berhenti, anda harus segera mandi wajib dan mengucapkan niat mandi wajib setelah haid.

Bacaan Doa atau Niat Mandi Wajib Setelah Haid

Bacaan Doa atau Niat Mandi Wajib Setelah Haid

Niat sebenarnya tidak perlu diucapkan, cukup ucapkan dalam hati. Ini sudah cukup, tetapi terkadang kita merasa kurang mantap bila tidak mengucapkannya. Niat mandi wajib setelah haid, bila dilafalkan berbunyi:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitul ghusla liraf’i khadatsil khaidhi lillaahi ta’aalaa”

Artinya saya berniat mengangkat hadast haidz karena Allah ta’alla.

Haid merupakan hal normal yang harus dilalui oleh semua wanita. Siklus bulanan ini akan dialami oleh semua wanita. Dengan waktu sekitar 3-10 hari, wanita yang sudah masuk masa puberitas akan mulai merasakan siklus ini. Biasanya dimulai sekitar umur 11-14 tahun, dan jika sudah menginjak umur 50 tahun darah haid akan berhenti dengan sendirinya atau sudah mengalami menopause.

Jadi haid merupakan hal normal yang dialami oleh semua wanita. Bila wanita tidak mengalami haid, bisa menandakan suatu penyakit atau sedang masa kehamilan.

Setelah selesai waktu masa haid, wanita harus mandi wajib. Mandi wajib bertujuan untuk membersihkan kotoran dan sebagai tanda bisa melakukan ibadah lagi. Ada banyak larangan yang tidak boleh dilakukan wanita selama haid. Seperti shalat, puasa dan lainnya.

Mandi wajib tidak bisa dilakukan seperti mandi keramas pada umumnya. Ada tata cara yang harus dilakukan. Nabi Muhammad saw sudah mengajarkan tentang tata cara ini, termasuk niat mandi wajib setelah haid. ada beberapa dalil yang menjelaskanya, antara lain :

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwa asma binti syakal ra bertanya kepada Rasulullah saw tentang mandi wajib, kemudian beliau bersabda:

Salah seorang di antara kalian (Wanita) mengambil air dan sidrahnya (daun pohon bidara atau sabun) kemudian dia bersuci dan membaguskan bersucinya, kemudian dia menuangkan air di atas kepalanya lalu menggosok-gosokkanya dengan kuat. Sehingga air sampai pada kulit kepalanya, kemudian dia menyiramkan air ke seluruh badannya, lalu mengambil sepotong kain atau kapas yang diberi minyak wangi katsuri, kemudian dia bersuci dengannya. Maka asma berkata “bagaimana aku bersuci dengannya?” beliau bersabda:” maha suci allah maka aisyah berkata kepada asma” engkau mengikuti (mengusap) bekas darah (dengan kain atau kapas itu ). (HR muslim)

Tata Cara Mandi Wajib Yang benar Menurut Islam

Tata Cara Mandi Wajib Yang benar Menurut Agama Islam

Dari dalil diatas, anda jadi tahu apa saja tata cara mandi wajib. Tata caranya harus dilakukan dengan benar. Berikut ini beberapa tata cara yang harus dilakukan :

  • Berniat untuk mandi wajib dengan mengucapkan niat mandi wajib.
  • Membasuh kedua tangan kanan kiri sebanyak tiga kali
  • Membersihkan bagian organ tubuh, seperti dubur, kemaluan, ketiak dan lainnya. terutama bagian kemaluan wanita yang keluar banyak darah. Usapkan secara perlahan tanpa menyiram seluruh bagian tubuh.
  • Mencuci tangan kembali sebanyak tiga kali, anda bisa membersihkan dengan sabun setelah membersihkan bagian organ yang kotor.
  • Berwudhu seperti akan melakukan shalat pada umumnya.
  • Menyiramkan air ke seluruh tubuh. Pastikan semua anggota tubuh tersiram dengan air, termasuk bagian lipatan-lipatan yang sulit terkena air.
  • Menyela-nyela rambut dengan tangan, karena terkadang bagian kulit kepala tidak terkena air. Untuk bagian ini tidak perlu menggunakan shampo atau sabun terlebih dahulu.
  • Menguyur tubuh dari kepala,kemudian bagian kanan kemudian bagian kiri
  • Mandi lagi dengan menggunakan sabun dan shampo. Untuk membersihkan tubuh lebih bersih. Saat mandi wajib hanya diperbolehkan menggunakan air mutlak, tanpa ditambahkan shampo atau sabun. Air mutlak merupakan air murni yang tidak berbau, berwarna atau memiliki rasa.
  • Menggunakan wewangian

Tata cara mandi wajib setelah haid harus dilakukan dengan benar, sempurna dan berurutan. Masih banyak wanita yang tidak tahu mandi wajib dengan benar. Mereka hanya mandi seperti umumnya, tanpa melakukan urutannya.

Jika selama ini, anda sudah salah cobalah untuk memperbaikinya. Supaya tubuh anda benar-benar suci dari hadast dan bisa melakukan ibadah dengan benar. Bila kondisi kurang air, anda bisa tayamum menggunakan debu. Urutannya harus tetap sama, hanya sampai dibagian wudhu saja. tanpa harus menguyur semua tubuh dengan air.

Tetapi bila kondisi normal, anda harus tetap mandi wajib seperti tata cara yang benar. Demikian informasi tentang niat mandi wajib setelah haid. Semoga bisa memberikan infromasi yang bermanfaat untuk anda.

Baca Juga:

pelanggan testimoni produkwish dr boyke

Tag:

niat mandi wajib beserta tata caranya

Langganan Artikel Via Email Tips Dr Boyke

Daftarkan Email Anda Untuk Mendapatkan Tips Kesehatan Terbaru dan Terupdate Secara Gratis Dari Wish Dr Boyke

  • Perawatan wajah alami untuk kulit berminyak bukan hanya berfungsi untuk mengurangi produksi kelenjar minyak pada kulit akan tetapi juga melindungi kulit dari bahaya luar yang dapat masuk ke pori-pori kulit seperti debu dan... more
  • Apa anda sering merasa bahwa Miss V gatal bahkan mengeluarkan lendir putih dan berbau tidak sedap? Jika iya, berhati-hatilah. Karena itu merupakan tanda bahwa Miss V bermasalah. Miss V sendiri sangat rentan dengan penyakit,... more
  • Kecerahan serta kekenyalan kulit wajah Anda. dari sekian banyak produk yang ada, Brightening Moisturizer dari Wish Skin Clinic dr Boyke merupakan salah satu produk yang terbaik. Produk ini dibuat agar kulit tidak kusam dan... more
  • Cara cepat hamil menurut Islam dan secara medis ini penting untuk anda ketahui, terutama bagi pasangan yang belum mempunyai keturunan atau anak. Pasangan yang mengharapkan momongan tentunya memiliki sejumlah kegiatan yang... more
  • Ada banyak orang yang mencari tips menurunkan berat badan mereka dengan melakukan diet ataupun dengan mengkonsumsi obat pelangsing ataupun obat pengurus badan. Padahal sebenarnya, anda bisa mendapatkan berat badan ideal... more
Best Seller
Rp 200.000
Best Seller
Rp 230.000
Best Seller
Rp 200.000
Limited
Rp 320.000
Best Seller
Rp 160.000
Limited
Rp 170.000

Hubungi Kami

0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
0857-7368-6069

Rekening Bank

2450620672 a/n Novi Tuimtihanah
1630001826174 a/n Novi Tuimtihanah
385401012177536 a/n Novi Tuimtihanah

Cara Pemesanan

Cara Pemesanan Produk Wish dr Boyke & Co

Temukan Kami di

Cara Order Produk Wish Dr Boyke & Co