Open Jam 08.00 s/d 16.00. Sabtu - Minggu Libur
0857-7368-6069
0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Normalkah Bila Haid Keluar Darah Hitam

Ditulis Oleh Wish Dr Boyke produk wish produk asli dan resmi dr boyke dian nugraha

Kenapa saat haid keluar darah hitam apakah ini normal atau berbahaya, atau mungkinkah ini tanda hamil? Darah haid yang keluar saat masa haid pada wanita, tentu memiliki warna yang berbeda-beda. Dengan anda mengetahui warna haid, maka anda juga bisa mewaspadai dan mengantisipasi bila terjadi hal yang tidak wajar nantinya.

Namun ada pula dikatakan bahwa wanita hanya memiliki 1 pola warna darah haid dan tidak akan mengalami perubahan. Berikut kita simak apa maksud dari warna haid dan apa indikasinya bila warna haid gelap atau malah lebih terang. Apakah aman atau terdapat suatu penyakit yang ditandai oleh warna haid tersebut.

Mengenal Warna Haid Pada Wanita

Mengenal Warna Haid Pada Wanita Coklat Merah Hitam Abu Abu

Warna darah haid bermacam-macam mulai dari warna terang, kecoklatan dan bahkan sampai hitam. Berikut warna haid apa saja yang bisa terjadi :

  1. Darah haid berwarna merah terang, merupakan darah normal yang keluar dari dalam tubuh dan cenderung ringan dan teratur.
  2. Darah menstruasi berwarna merah gelap, merupakan warna darah yang lebih lama disimpan di dalam rahim dan baru keluar, misalnya pada saat anda bangun tidur. Atau warna yang keluar setelah masa 2 hari haid.
  3. Darah haid berwarna kecoklatan, merupakan darah yang sudah cukup lama tersimpan di dalam rahim dan bisa terjadi pada masa haid akan berakhir dan aliran darah sudah tidak terlalu deras lagi. Wanita yang mengalami siklus haid tidak teratur juga bisa memiliki darah haid seperti ini.
  4. Darah mens berwarna Orange, merupakan warna yang muncul karena adanya campuran darah dengan cairan serviks. Hal ini juga bisa mengindikasikan adanya infeksi.

Penyebab Saat Haid Keluar Darah Hitam

Penyebab Haid Keluar Darah Hitam Pekat Dan Menggumpal

Bila warna darah haid hitam atau abu-abu, ini juga bisa mengindikasikan adanya infeksi dan sebaiknya periksakan lebih lanjut ke dokter untuk penanganan yang lebih tepat. Untuk haid keluar darah hitam sebenarnya bisa dikatakan normal selama tidak ada masalah atau gangguan lainnya.

Warna gelap saat haid bisa dikarenakan darah yang lebih tua yang dikeluarkan dari tubuh. selain warna darah, konsistensi lama haid juga perlu diperhatikan dan anda bisa melihat tanda tersebut apakah bermasalah atau tidak.

Banyak wanita yang mengalami haid dengan darah yang menggumpal dari waktu ke waktu. Gumpalan bisa berwarna terang atau gelap dan terjadi pada hari pendarahan yang deras. Aliran darah yang menggumpal ini bisa terlihat lebih padat dan tebal dari biasanya.

Hal lainnya yang menyebabkan haid berwarna gelap atau haid keluar darah hitam adalah adanya perubahan hormone dalam tubuh. Tubuh anda tergantung oleh keseimbangan hormone progesterone dan esterogen. Hormone inilah yang akan mengatur produksi dan juga peluruhan dinding rahim.

Bila keseimbangan terganggu, maka bisa mempengaruhi baik siklus haid maupun darah yang dikeluarkan saat haid. Ketebalan dinding rahim saat luruh juga dapat mempengaruhi warna darah haid dan jumlah pendarahan yang terjadi.

Perubahan hormon bisa dikarenakan beberapa hal seperti menopause, perubahan berat badan secara drastis, efek samping obat dan uterus yang membesar. Jika rahim mengalami pelebaran haid akan membutuhkan waktu untuk mengumpulkan dan menggumpal sehingga mengakibatkan warna darah haid keluar darah hitam.

Jadi bila anda mengalami haid dengan warna darah yang keluar berwarna gelap atau hitam dengan tidak ada gangguan lainnya ini masih berada di masa normal selama masih memenuhi haid yang terjadi pada jangka waktu 21-35 hari dengan durasi 3-7 hari.

Namun, bila disertai keluhan lain dan mengganggu seperti perut terus-terusan terasa sakit seperti kram, payudara terasa ngilu berlebihan, dan darah yang keluar tidak berhenti-henti, sebaiknya anda segera periksa ke dokter dengan keluhan haid keluar darah hitam dan disertai sakit.

Baca Juga :

pelanggan testimoni produkwish dr boyke

Tag:

keluar darah warna hitam dari vagina,darah haid hitam,warna darah mens normal,setelah berhubungan keluar keputihan coklat,perbedaan gumpalan darah haid dan keguguran,perbedaan darah orang hamil dan orang haid,Perbedaan darah haid dan darah keperawanan,penyebab darah haid hitam menggumpal,warna period terakhir yang normal,kalau menstruasi ada gumpalan seperti bulat kecil itu normal,haid keluar banyak gumpalan hitam,darah hitam keabuan seperti apa,darah haid keluar seperti kecap,darah haid hitam di hari pertama dan menggumpal,darah haid berwarna hitam dan menggumpal

Langganan Artikel Via Email Tips Dr Boyke

Daftarkan Email Anda Untuk Mendapatkan Tips Kesehatan Terbaru dan Terupdate Secara Gratis Dari Wish Dr Boyke

Best Seller
Rp 200.000
Best Seller
Rp 230.000
Best Seller
Rp 200.000
Limited
Rp 320.000
Best Seller
Rp 160.000
Limited
Rp 170.000

Hubungi Kami

0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
0857-7368-6069

Rekening Bank

2450620672 a/n Novi Tuimtihanah
1630001826174 a/n Novi Tuimtihanah
385401012177536 a/n Novi Tuimtihanah

Cara Pemesanan

Cara Pemesanan Produk Wish dr Boyke & Co

Temukan Kami di

Cara Order Produk Wish Dr Boyke & Co