Open Jam 08.00 s/d 16.00. Sabtu - Minggu Libur
0857-7368-6069
0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Penyebab Dan Cara Mengatasi Gatal Pada Selangkangan

produk wish produk asli dan resmi dr boyke dian nugraha

Penyebab utama penyakit kulit ini adalah kuman dan jamur yang berkembang biang keringat pada kulit. Selangkangan atau sela paha merupakan daerah atau area yang sangat berpotensi untuk pertumbuhan jamur dan juga kuman. Hal ini karena daerah tersebut sangat lembab dan terdapat banyak lipatan-lipatan. Memang sangat mengganggu sekali apabila kita menderita penyakit kulit apa lagi gatal gatal.

Penyebab Gatal pada Selangkangan

Kurangnya perawatan untuk badan dan kebersihan badan yang kurang terjaga juga dapat menyebabkan terjadinya gatal gatal pada kulit. Kondisi tubuh yang lemah juga dapat menjadi faktor penyebab terjadinya penyakit ini.

Area selangkangan yang gatal biasanya akan tampak kemerahan dan tampak mengelupas. Selain itu, gatal pada selangkangan pada bagian pinggir juga akan tampak lecet. Bagi anda yang masih belum mengerti mengenai apa penyebab dan cara mengatasi gatal pada selangkangan. Kami akan menjelaskannnya kepada anda pada artikel ini.

Penyebab dan Cara mengatasi gatal pada selangkangan

Penyebab Gatal pada Selangkangan

Berikut beberapa penyebab utama gatal pada selangkangan.

  • Infeksi Jamur

Umumnya rasa gatal pada selangkangan terjadi karena adanya infeksi akibat jamur yang berada di bagian luar kulit. Infeksi jenis ini juga dikenal dengan sebutan tinea cruris ini juga bisa mengenai bagian terluar dari rambut dan juga kuku.

Selangkangan sendiri merupakan area tubuh yang memiliki potensi lebih besar jamur bisa berkembang biak dnegan sangat cepat karena kondisinya yang hangat dan lembab. Selain selangkangan, sebenarnya jamur juga sangat mudah berkembang biak pada paha bagian dalam dan juga bokong. Infeksi yang terjadi pada jamur akibat selangkangan terkadang juga disertai dengan rasa nyeri. Terutama bagi penderita diabetes dan juga obesitas yang memiliki risiko yang cukup tinggi terkena rasa gatal pada selangkangan yang diakibatkan oleh jamur.

  • Pakaian dalam Terlalu Ketat

Selain disebabkan karena infeksi jamur, penyebab gatal pada selangkangan juga dapat disebabkan oleh iritasi karena pakaian dalam yang terlalu ketat. Infeksi bakteri yang terjadi pada vagina wanita dan infeksi kulup pada pria karena pakaian dalam yang kurang bersih dan adanya kudis serta infeksi bakteri misalnya seperti molluscum contagiosum.

  • Penyakit Kulit Lainnya

Nah, bagi mereka yang aktif berhubungan intim gatal pada selangkangan dapat disebabkan karena adanya penyakit menular seksual misalnya seperti sifilis, infeksi kutu, kutil, dan herpes genital.

Langkah Pencegahan Penyakit Gatal Pada Selangkangan

Langkah Pencegahan Penyakit Gatal Pada Selangkangan

Secara umum ada beberapa tips untuk mencegah terjadinya gatal gatal pada sela paha. Dibawah ini adalah beberapa cara untuk mencegah penyakit kulit ini.

  • Hindari penggunaan celana jeans yang ketat

Menggunakan celana yang ketat akan membuat area sela paha mudah berkeringat karena  tidak adanya sirkulasi udara membuat area tersebuat menjadi tempat yang cocok untuk pertumbuhan kuman dan jamur.

  • Celana yang Mudah Menyerap Keringat

Cara mencegah gatal pada selangkangan dapat anda atasi dengan menggunakan celana dalam dengan bahan yang mudah menyerap keringat. dengan menggunakan celana dalam yang menyerap keringat akan menbantu anda menjaga daerah sela paha anda tetap kering walaupun anda berkeringat,

  • Mandi secara Rutin

Mandi 2x sehari dengan menggunakan sabut anti kuman usahakan anda mandi pagi dan sore hari dengan teratur.

  • Ganti Pakaian yang Bersih

Selalu mengganti pakaian anda dengan pakaian yang bersih. Hindari penggunaan pakaian yang sama secara terus menerus. Hal ini terjadi biasanya kerana anda sangat menyukai pakaian tersebut atau bisa saja dengan beberapa alasan lain.

  • Mencaga Pola Makan Dengan Teratur Dan Menjaga Kesehatan Tubuh

Hindari makanan makanan yang dapat menimbulkan rasa gatal, apalagi bila anda adalah seorang yang menderita alergi pada makanan tertentu.

Dengan melakukan semua tips diatas mudah mudahan dapat mencegah munculnya kuman dan jamur penyebab gatal gatal pada diri anda. sedangkan bagi anda yang sudah terlanjur terkena gatal-gatal pada selangkangan. Selanjutnya akan kami jelaskan mengenai cara mengatasi gatal pada selangkangan secara alami,

Cara Mengatasi Gatal Pada Selangkangan secara Alami

Cara Mengatasi Gatal Pada Selangkangan secara Alami

Berikut beberapa cara mengatasi gatal pada selangkangan secara alami yang bisa anda coba lakukan sendiri dirumah.

  • Asam Kandis dan Gelugur

Anda bisa mencoba gunakan asam kandis dan gelugur, bahan alami yang satu ini sangat tepat digunakan untuk menghilangkan rasa gatal dan membunuh kuman/jamur pada area yang terasa gatal, dengan menggunakannya secara teratur maka cara ini akan membantu anda menghilangkan penyakit gatal pada kulit.

  • Daun Sirih

Daun sirih juga dapat digunakan sebagai bahan alami mengatasi gatal pada selangkangan selain menggunakan asam gelugur dan asam kandis dengan cara menggosokannya pada area yang terasa gatal. Hal ini karena daun sirih mengandung anti bakteri yang ampuh mengatasi gatal pada selangkangan. Cara menggunakannya juga sangat mudah, anda hanya perlu menghancurkan daun sirih kemudian mengoleskannya pada kulit yang gatal. Setelah beberapa saat, anda bisa membilasnya dengan menggunakan air rebusan daun sirih yang masih hangat.

  • Daun Kecubung dan Minyak Kelapa

Daun kecubung dan minyak kelapa juga dapat anda gunakan sebagai salah satu obat herbal mengatasi rasa gatal pada selangkangan. Cara menggunakannya juga cukup mudah yakni dengan cara mencampurkan tumbukan halus daun kecubung dan minyak kelapa secukupnya. Setelah itu anda bisa mencampurkan bahan tersebut yang dihangatkan. Setelah itu, oleskan pada selangkangan yang gatal. Pastikan anda melakukan cara ini 2 hingga 3 kali sehari.

  • Cuka Sari Apel

Cuka sari apel juga dapat anda gunakan sebagai salah satu cara mengatasi rasa gatal pada selangkangan. Cuka sari apel sangat ampuh untuk mengeringkan alami dan sebagai anti jamur. Sehingga jamur yang menjadi penyebab gatal pada selangkangan bisa disingkirkan dan gatal perlahan mulai sembuh.

Cara menggunakan cuka sari apel untuk mengobati gatal pada selangkangan juga sangat mudah, yakni dengan cara menghangatkan campuran setengah cangkir cuka sati apel dengan dua gelas air. setelah itu, celupkan kain katun ke dalam campuran tersebut dan letakkan pada area yang gatal kurang lebih sekitar 5 hingga 10 menit. Setelah itu, angkat kain dan keringkan kulit. Anda bisa menggunakannya secara rutin 2-3 kali sehari.

  • Garam dan Es Batu

Garam dapat meredakan rasa gatal pada selangkangan yang gatal. Cara mengobati gatal pada selangkangan juga sangat mudah anda hanya perlu melarutkan garam dalam air kemudian bilas area selangkangan yang gatal.

Selain garam, es batu juga dapat anda gunakan sebagai salah satu cara mengobati gatal pada selangkangan. Caranya juga sangat mudah, anda hanya perlu mengompreskan bagian yang gatal dengan es batu agar peradangan dan rasa gatal perlahan semakin berkurang.

  • Bedak dan Krim Anti Jamur

Selain cara mengobati gatal pada selangkangan secara alami, cara yang lainnya anda juga bisa menggunakan bedak dan krim anti jamur. Bedak anti jamur bisa membunuh jamur-jamur yang menyebabkan selangkangan yang gatal. Sebelum anda menggunakan bedak anti jamur akan lebih baik jika anda membersihkan area yang gatal dengan air dan sabun terlebih dahulu.

Sekian saja untuk cara mengatasi gatal pada sela paha kali ini. Selalu hidup dengan sehat dan bersih akan menghindarkan anda dari penyakit. Semoga artikel mengenai gejala-gejala dan pencegahan penyakit serta cara mengatasi gatal pada selangkangan ini dapat bermanfaat untuk anda. Terimakasih.

pelanggan testimoni produkwish dr boyke

Langganan Artikel Via Email Tips Dr Boyke

Daftarkan Email Anda Untuk Mendapatkan Tips Kesehatan Terbaru Setiap Hari Secara Gratis, Dari ProdukWish.com

Terima kasih sudah membaca artikel berjudul Penyebab Dan Cara Mengatasi Gatal Pada Selangkangan dan Anda bisa menemukan artikel Mengenai Penyebab Dan Cara Mengatasi Gatal Pada Selangkangan ini dengan url https://produkwish.com/blog/penyebab-dan-cara-mengatasi-gatal-pada-selangkangan. Jangan lupa share ke teman-teman ya.
Best Seller
Rp 200.000
Best Seller
Rp 230.000
Best Seller
Rp 200.000
Limited
Rp 320.000
Best Seller
Rp 160.000
Limited
Rp 170.000

Hubungi Kami

0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
0857-7368-6069

Rekening Bank

2450620672 a/n Novi Tuimtihanah
1630001826174 a/n Novi Tuimtihanah
385401012177536 a/n Novi Tuimtihanah

Cara Pemesanan

Cara Pemesanan Produk Wish dr Boyke & Co

Temukan Kami di

Cara Order Produk Wish Dr Boyke & Co