Open Jam 08.00 s/d 16.00. Sabtu - Minggu Libur
0857-7368-6069
0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Siklus Haid Maju Mundur Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ditulis Oleh Wish Dr Boyke produk wish produk asli dan resmi dr boyke dian nugraha

Haid atau datang bulan adalah siklus rutin bulanan yang dialami hampir semua wanita. Siklus bulanan ini menandakan seseorang sudah memasuki fase dewasa, di mana akan terjadi banyak perubahan pada dirinya. Tetapi, siklus haid juga bukan tanpa masalah. Salah satu yang sering dijumpai adalah tanggal siklus yang maju mundur. Lalu, siklus haid maju mundur normalkah terjadi? Tentu tergantung pada kondisi yang dialami masing-masing individu, selanjutnya akan kita bahas di sini.

Siklus haid yang normal biasanya berlangsung selama 21 hari sampai dengan 35 hari dengan masa pengeluaran cairan darah selama yang juga bervariasi, antara 2 sampai dengan 8 hari. Haid yang normal juga terjadi dengan siklus dan jumlah yang sama setiap bulannya.

Kendati terdapat perubahan, perbedaannya tidak terlalu mencolok hanya hitungan satu atau dua hari. Yang juga perlu diketahui, seandainya seseorang ternyata mengalami haid dengan siklus 28 hari, maka tidak mengherankan apabila tanggal awal haid terus maju setiap bulannya. Hal yang sama juga akan Anda jumpai jika Anda memiliki siklus haid 30 hari.

Untuk memudahkan penghitungan siklus, satu siklus dihitung sejak hari pertama sampai dengan periode berikutnya. Pertanyaannya, siklus haid maju mundur normalkah, apa yang menyebabkan kondisi tersebut dan bagaimana mengatasinya, begitu ya?

Baik, bahasan kita akan mengerucut pada pokok pertanyaan di atas.

Normalkah Siklus Haid Maju Mundur?

siklus haid maju mundur normalkah

Jawabannya relatif, tergantung seberapa cepat majunya dan seberapa lama siklus yang Anda alami. Tadi sudah dikatakan bahwa, satu siklus dihitung sejak hari pertama sampai dengan periode berikutnya. Apabila Anda mengalami kemajuan masa haid, maka hitung kembali berapa lama haid berhenti.

Apabila masa haid Anda di hitungan 21 dan 30 bahkan 35, maka tergolong normal atau aman, walaupun maju atau mundur. Kemudian keluarnya darah masih di rentang normal, antara 2 sampai 8 hari.

Lalu situasi yang tidak aman bagaimana?

Siklus haid maju mundur yang tidak normal memiliki kondisi yang berlawanan dengan kondisi dalam penjelasan sebelum ini. Antara lain

  1. Siklus menstruasi atau haid sangat pendek atau kurang dari 21 hari.
  2. Sebaliknya, siklus haid lebih lama dari 35 hari. Dua kondisi ini patut diwaspadai jika menimpa Anda.
  3. Volume darah yang keluar lebih banyak dari biasanya atau cenderung berlebihan.
  4. Darah keluar lebih lama dari biasanya, lebih dari 8 hari.
  5. Rasa nyeri dan tidak nyaman yang berlebihan
  6. Terjadi pendarahan padahal tidak di masa siklus menstruasi.
  7. Tidak menstruasi sama sekali

Apabila ke-tujuh gejala di atas Anda jumpai, maka saran terbaik adalah segera memeriksakan diri ke dokter langganan untuk secepatnya memperoleh diagnosa yang lebih akurat. Jangan menunda-nunda lebih lama.

Penyebab Siklus Haid Maju Mundur

Penyebab Siklus Haid Maju Mundur

Setelah kecurigaan timbul, selanjutnya yang perlu diketahui adalah penyebab siklus haid maju mundur secara tidak normal. Tujuannya tentu agar Anda dapat mengambil langkah pencegahan di kemudian hari.

Penyebab terjadinya perubahan siklus haid terdiri dari beberapa macam.

  1. Terjadinya gangguan hormon. Gangguan ini biasanya terjadi di awal masa haid pertama dan menjelang masa menopause. Kondisi ini menurut ahli masih tergolong normal, karena tubuh mengalami ketidak-seimbangan hormon akibat dari perubahan tubuh.
  2. Sindrom Polikistik Ovarium (PCOS), ini adalah gangguan pada indung telur yang sebenarnya cukup jarang terjadi.
  3. Stress
  4. Depresi
  5. Sakit kronik
  6. Gangguan makan, seperti anorexia nervosa dan bulimia
  7. Olahraga berlebihan, biasanya menyerang para atlit
  8. Penurunan berat badan yang terlalu cepat atau berlebihan
  9. Hormon estrogen yang berlebihan, misalnya di penderita tumor.
  10. Gangguan pada dinding rahim atau serviks yang mengganggu aliran darah menstruasi.
  11. Penggunaan alat kontrasepsi yang mempengaruhi hormon
  12. Konsumsi obat yang mempengaruhi pembekuan darah

Siklus haid yang maju mundurdipengaruhi oleh banyak hal, tetapi Anda sebaiknya tidak melakukan diagnosa seorang diri. Akan sangat baik jika Anda meminta bantuan dari dokter ahli untuk menegakkan diagnosa untuk masalah yang Anda alami.

Cara Mengatasi Siklus Haid Maju Mundur

Cara Mengatasi Siklus Haid Maju Mundur

Bagian terakhir untuk menjawab pertanyaan siklus haid maju mundur normalkah, akan berfokus pada bagaimana cara mengatasi masalah perubahan siklus haid ini.

Untuk membahas bagian ini, kita akan kembali merefeleksikan diri pada faktor penyebabnya. Artinya, jika faktor penyebab sudah diketahui maka bagian itulah yang akan jadi fokus Anda untuk diperbaiki. Saya akan jabarkan beberapa, Andalah yang menentukan mana langkah paling tepat untuk masing-masing.

Istirahat yang Cukup

Banyak penyakit dari yang ringan hingga yang mematikan dipicu atau diperparah oleh satu hal ini; kurang istirahat. Padahal, untuk istirahat Anda tidak harus membayar sepeser uangpun. Anda hanya cukup membuat komitmen pada diri Anda, bahwa pekerjaan tak akan ada habisnya. Jika saatnya memang tiba, harus segera merehatkan tubuh Anda. Jadi, kuncinya terletak pada kedisiplinan diri.

Untuk membantu mempermudah pembuatan komitmen, Anda bisa memasang aplikasi mobile yang akan mengingatkan Anda untuk beristirahat, misalnya Break Reminder.

Atau, Anda bisa membuat alarm manual di smartphone. Tetapi tentu Anda juga harus komit untuk benar-benar berhenti bekerja dan sejenak mendinginkan kepala. Istirahat tidak selalu harus tidur berjam-jam, 30 menit saja namun dengan kualitas tidur yang sangat baik, hasilnya juga akan menyehatkan tubuh.

Tidur Minimal 6 Jam Sehari

Dokter merekomendasikan waktu tidur seseorang minimal 8 jam. Tetapi untuk pekerja yang aktif dan memiliki beban kerja yang banyak, waktu ini sepertinya mustahil bisa diwujudkan. Jadi, rekomendasi paling ideal adalah tidur minimal 6 jam dalam sehari.

Tidur yang baik tentu di malam hari, meskipun terlelap sebentar di siang hari juga sangat baik untuk mengembalikan konsentrasi yang memudar. Tidur di malam hari memberikan banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah mengembalikan metabolisme tubuh ke pengaturan yang semestinya. Jadi, jika Anda menanyakan siklus haid maju mundur normalkah terjadi pada diri Anda, dokter mungkin balik bertanya, kualitas tidurnya bagaimana? Jika ternyata Anda mempunyai kualitas tidur yang baik, maka mungkin saja ada faktor lain yang perlu dicurigai.

Makanan Makanan yangBergizi

Bergizi tidak harus makan yang banyak, melainkan makan hanya makanan yang tepat dan bersih nutrisinya. Maksud dari bersih, tidak mengandung gula yang berlebihan, lemak jahat, kolesterol dan sampah-sampah lain dari jenis makanan cepat saji dan semacamnya.

Makanan yang bergizi adalah makanan yang seimbang, misalnya cukupi makanan besar Anda dengan buah-buahan, sayuran hijau dan tentu saja susu jika memungkinkan. Hindari jeroan, makanan bersantan, gorengan, dan makanan cepat saji. Jika memang tak sanggup menahan selera, cukup beri toleransi tubuh Anda untuk memakan sekali dalam sebulan.

Hindari Stres dan Kelelahan

Tahukah Anda bahwa penyakit gerd, magh, migrain, dan vertigo paling dominan disebabkan oleh stres yang berlebihan. Kelelahan ikut menjadi faktor pendorong, karena ketika lelah orang cenderung tertekan, cenderung stres.

Jadi, cobalah untuk menerima apapun masalah yang Anda hadapi. Berserah diri sembari tetap berusaha melakukan yang terbaik. Dengan begitu, kepala akan terasa lebih dingin dan hati terasa adem.

Itu dia bahasan lengkap untuk menjawab kegalauan banyak ibu-ibu perihal siklus haid maju mundur normalkah terjadi atau ada hal lain yang membahayakan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

pelanggan testimoni produkwish dr boyke

Tag:

haid maju mundur,haid yang selalu maju mundur masih normalkah,hitungan menstruasi maju atau mundur,penyebab haid maju mundur,siklus haid maju mundur

Langganan Artikel Via Email Tips Dr Boyke

Daftarkan Email Anda Untuk Mendapatkan Tips Kesehatan Terbaru dan Terupdate Secara Gratis Dari Wish Dr Boyke

  • Setiap negara tentu memiliki perbedaan diantaranya. Beda benua juga pastinya akan beda akulturasi budaya bahkan juga bisa jadi beda metode perawatan wajahnya. Bahkan rangkaian produk perawatan wajah dari branding kecantikan... more
  • Dalam berumah tangga, suami dan istri perlu melakukan kewajiban masing – masing sesuai syariat. Namun bagaimana cara suami menghargai istri ? Suami adalah panutan dalam sebuah keluarga yang biasa disebut imam dalam... more
  • Kista merupakan penyakit yang biasanya menyerang wanita. Kista memang sangat identik dengan masalah yang dialami oleh wanita. Banyak kasus kista yang terjadi pada wanita. Bagi wanita,mengetahui mengenai penyakit kista bisa... more
  • Efek haid tidak lancar sangat penting diketahui oleh para wanita, sebab hal tersebut akan sangat mengganggu jika terus dibiarkan. Haid tidak teratur juga sering dialami oleh beberapa kaum wanita. kondisinya pun bermacam -... more
  • Apakah anda ingin tahu rekomendasi rangkaian daftar produk innisfree plus harganya untuk menghilangkan jerawat beserta bekasnya yang aman? Yuk simak ulasan dibawah ini yang sudah banyak mendapat review dari para... more
New
Pro Acne Herbal Wish Dr Boyke

7%

Rp 140.000 150.000
New
Femmislim Dr Boyke Wish Herbal

20%

Rp 200.000 250.000
Best Seller
PROLQ Dr Boyke Produk Wish Kapsul Herbal Pria Dewasa

9%

Rp 200.000 220.000
Best Seller
Femi Herbs Dokter Boyke Wish Herbal Care

2%

Rp 230.000 235.000
Best Seller
Rp 200.000
Limited
Menoherbs Wish Dr Boyke Atasi Menopause

4%

Rp 320.000 335.000

Hubungi Kami

0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
0857-7368-6069

Rekening Bank

2450620672 a/n Novi Tuimtihanah
1630001826174 a/n Novi Tuimtihanah
385401012177536 a/n Novi Tuimtihanah

Cara Pemesanan

Cara Pemesanan Produk Wish dr Boyke & Co

Temukan Kami di

Cara Order Produk Wish Dr Boyke & Co