Open Jam 08.00 s/d 16.00. Sabtu - Minggu Libur
0857-7368-6069
0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Waspadai Efek Haid Tidak Lancar Bagi Kaum Wanita

Ditulis Oleh Wish Dr Boyke produk wish produk asli dan resmi dr boyke dian nugraha

Efek haid tidak lancar sangat penting diketahui oleh para wanita, sebab hal tersebut akan sangat mengganggu jika terus dibiarkan. Haid tidak teratur juga sering dialami oleh beberapa kaum wanita. kondisinya pun bermacam – macam, ada yang siklusnya menjadi lebih cepat, siklus menjadi lebih lambat, atau bahkan sampai lewat beberapa bulan.

Haid adalah kondisi dimana terjadi proses peluruhan pada dinding rahim, hal ini menyebabkan keluar darah yang kita sebut dengan haid atau menstruasi. Siklus normal haid rata – rata adalah 28 hari dengan lama haid 3-7 hari setiap siklusnya berbeda-beda pada masing-masing orang.

Siklus haid dapat dikatakan tidak lancar bila siklusnya terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Haid juga bisa dikatakan tidak lancar bila lama siklus juga berubah setiap bulannya. Haid yang tidak lancarbiasanya terjadi karena hormon yang tidak seimbang, stress dan beberapa factor lainnya yang dapat mempengaruhi siklus haid menjadi tidak teratur atau tidak lancar.

Beberapa jenis haid yang tidak teratur ini digolongkan menjadi beberapa jenis yaitu :

  • Metrorrhagia, yaitu siklus haid yang tidak teratur namun haid tetap rutin.
  • Oligomenorrhea, yaitu siklus yang terjadi lebih dari 35 hari sehingga dalam setahun haid hanya 6-8 kali saja.
  • Amenorrhea, yaitu haid berhenti selama 3 bulan atau lebih.
  • Menometrorrhagia, yaitu haid yang sangat banyakdan siklusnya berlangsung lama namun tetap rutin setiap bulannya.

Penyebab Haid Tidak Lancar dan Keluar Sedikit

efek haid tidak lancar sedikit setelah menikah dan melahirkan

Penyebab haid tidak lancar umumnya terjadi karena perubahan hormon atau hormon terganggu dan tidak seimbang. Hormon yang tidak seimbang juga biasanya terjadi pada saat awal haid atau pada masa pubertas, biasanya bisa tidak lancar sampai berbulan – bulan sampai akhirnya haid lagi.

Namun, bagi anda yang sudah tidak pubertas lagi perlu melihat beberapa penyebab haid yang tidak lancar dan anda juga dapat mengetahui efek haid tidak lancar tersebut. berikut beberapa penyebab dari haid yang tidak lancar.

Penggunaan alat kontrasepsi seperti IUD atau istilah yang sering digunakan adalah KB spiral atau konsumsi pil KB. IUD ini bisa saja menimbulkan darah haid lebih banyak atau nyeri perut saat haid. Mungkin banyak yang belum mengetahui, hampir semua jenis KB memiliki efek samping mengganggu siklus haid.

Jadi jangan heran ketika melepas KB, akan timbul berbagai masalah dengan siklus haid anda, mulai haid tidak teratur seperti haid tidak kunjung datang, ada juga yang haid sebelum waktunya, darah haid yang keluar sedikit ada pula yang banyak tidak normal, perut sering merasakan sakit kram yang sangat, dan lain-lain.

Pola hidup tidak sehat seperti kurang berolahraga atau berlebihan dalam berolahraga. Olahraga sangat penting dalam membantu melancarkan haid yang tidak teratur, namun hanya lakukan olahraga yang ringan, jangan melakukan olahraga yang berat-berat.

Sindrom ovarium polikistik atau gejala yang disebabkan oleh adanya kista pada indung telur. Dan penyebab lainnya bisa dikarenakan oleh gangguan pada kelenjar tiroid. Lalu apa efek haid tidak lancar yang bisa dialami oleh para wanita.

Efek Samping Siklus Haid Yang Tidak Lancar

Bahaya Efek Samping Siklus Haid Yang Tidak Lancar

Efek haid tidak lancar bisa berdampak pada fisik dan mental dari orang yang mengalami gangguan tersebut. beberapa efek pada fisik dan psikologis yang bisa terjadi dari haid yang tidak lancar adalah payudara yang jadi tidak kencang lagi, atrofi (penyusutan jaringan otot), plak senilis (jaringan abnormal yang ada pada otak), vulva kering, libido menurun atau gairah seksual hilang.

Efek samping lainnya adalah dapat mempengaruhi kesuburan wanita, akibatnya jika seorang wanita sedang melakukan program hamil, hal tersebut bisa mengganggu promil anda dan akan sulit untuk mendapatkan kehamilan. Jadi untuk wanita yang sedang merencanakan kehamilan, disarankan untuk segera mengatasi haid tidak teratur tersebut.

Selain itu hal yang mungkin tidak anda sadari yaitu apabila haid tidak lancar, tentunya darah yang keluar tidak deras, akibatnya ada sebagian darah yang harusnya keluar, namun tidak keluar. Darah-darah tersebut menempel di dinding rahim, yang lama-lama jika tidak keluar akan menggumpal dan mengeras dalam rahim.

Akibatnya gumpalan tersebut menjadi daging, dan terbentuklah berbagai macam penyakit seperti yang kita ketahui sering disebut kanker serviks. Jadi jangan anggap remeh masalah kecil seperti haid tidak lancar, sesuatu keburukan yang kecil apabila terus dibiarkan akan menjadi masalah yang besar nantinya (semakin buruk).

Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar

Efek Samping Haid Tidak Teratur Timbul Kanker Serviks

Bagaimana cara agar haid lancar dan keluar banyak dan apakah haid tidak teratur bisa hamil? Pada dasarnya siapapun bisa hamil, dengan syarat rahim wanita dalam kondisi normal, sulit hamil karena faktor haid tidak teratur hanyalah merupakan faktor kecil.

Haid yang tidak teratur bisa hamil, yang terpenting usahakan agar haid kembali normal sehingga siklus haid berjalan sesuai tanggal yang seharusnya dan masa subur ovulasi pada wanita bekerja dengan baik. Jika hal tersebut dapat dipenuhi, program hamil anda sudah memenuhi syarat.

Cara mengatasi haid tidak lancar dapat dilakukan dengan sederhana misalnya, mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter untuk mengganti alat kontrasepsi bila dirasa membuat siklus haid menjadi terganggu.

Melakukan pengobatan tiroid bila memang ada kelainan pada kelenjar tiroid. Atau anda juga bisa menggunakan obat alami untuk haid tidak lancar yang bisa dikonsumsi dan aman digunakan. Sebaiknya untuk tidak menunggu efek haid tidak lancar muncul, bila anda sudah mengalami siklus yang terganggu untuk segera berkonsultasi ke dokter.

Jangan pernah anggap sepele masalah haid yang tidak lancar, karena jika terlalu sering diabaikan efek haid tidak lancar bisa menimbulkan berbagai penyakit, seperti kanker rahim, kista, miom serta dapat mengganggu kesuburan, sehingga mengakibatkan akan sulit hamil.

Baca Juga :

pelanggan testimoni produkwish dr boyke

Tag:

efek samping haid tidak lancar

Langganan Artikel Via Email Tips Dr Boyke

Daftarkan Email Anda Untuk Mendapatkan Tips Kesehatan Terbaru dan Terupdate Secara Gratis Dari Wish Dr Boyke

  • Cara bermake up yang cantik tergantung dari teknik yang dilakukan. Sebab make up bisa mengubah karakter wajah seseorang. Namun, sebagian besar wanita lebih menyukai make up natural ala bintang Korea. Ini dikarenakan... more
  • Bau ketiak merupakan salah satu masalah yang cukup mengganggu. Selain kita sendiri yang merasa tidak nyaman, bau ketiak juga sangat mungkin mengganggu orang lain yang berada di sekitar kita. Sudah seharusnya kita mencari... more
  • Dari beberapa jurnal kesehatan bahwa autis merupakan salah satu gangguan kesehatan yang bisa menunjukkan gejala fisik, mental atau keduanya.Dari sumber yang sama juga mengatakan bahwa secara umum yang menjadi penyebab anak... more
  • Bagi remaja SMP dan SMA juga selayaknya untuk diperkenalkan dengan dunia hijab. Mengenakan hijab tidak harus menunggu dewasa akan tetapi mengenakan hijab sudah sepatutnya digalakkan sejak dini supaya nilai – nilai hijab... more
  • Keputihan pertanda hamil apakah mungkin bisa hamil sedangkan kondisi sedang keputihan? Keputihan dan kehamilan, apakah kedua hal ini berkaitan? Mayoritas wanita hanya mengetahui bahwa bahwa keputihan merupakan pertanda... more
Best Seller
Rp 200.000
Best Seller
Rp 230.000
Best Seller
Rp 200.000
Limited
Rp 320.000
Best Seller
Rp 160.000
Limited
Rp 170.000

Hubungi Kami

0857-7368-6069
0857-7368-6069
DB60D4EC
0857-7368-6069

Rekening Bank

2450620672 a/n Novi Tuimtihanah
1630001826174 a/n Novi Tuimtihanah
385401012177536 a/n Novi Tuimtihanah

Cara Pemesanan

Cara Pemesanan Produk Wish dr Boyke & Co

Temukan Kami di

Cara Order Produk Wish Dr Boyke & Co